10 PANTAI EKSOTIS DI INDONESIA YANG BISA BIKIN KAMU TAMBAH EKSIS

Activities Traveling 26 March 2017

Oleh Admin

10 PANTAI EKSOTIS DI INDONESIA YANG BISA BIKIN KAMU TAMBAH EKSIS

Tau nggak sobat Hydro kalau di Indonesia ada pantai berwarna pink? Ada loh ternyata, namanya pantai Pink (keren kan?). Pantai Pink terletak di pulau Komodo, disebut Pantai Pink karena pantai ini memiliki pasir pantai berwarna pink yang konon berasal dari serpihan karang dan biota lain yang terbawa arus ke daratan dan bercampur dengan pasir pantai. Kamu bisa berpetualang di pantai ini sambil snorkeling atau diving. Untuk pengalaman tak terduga, kamu bisa mencoba menjelajah di daratan untuk bertemu dengan penghuni terkenal pulau ini, apalagi kalau bukan Sang Naga, Komodo.

Pantai Pink hanya satu dari sekian pantai eksotis yang ada di Indonesia.Yak, eksotis, Menurut KBBI eksotis adalah sesuatu yang mempunyai daya tarik yang khas karena belum banyak di kenal atau diketahui secara umum. Sesuatu yang menarik karena keunikannya serta jarang dimiliki orang lain dapat kita sebut eksotis.

Selain pantai-pantai terkenal di Indonesia, ada banyak pantai eksotis yang tersebar di seluruh negeri, tak heran banyak wisatawan domestic dan mancanegara merencanakan destinasi wisata mereka ke pantai-pantai eksotis ini karena tak hanya dimanjakan oleh pemandangan pantai yang menawan dan menakjuban karena keaslian ekosistemnya tapi juga jadi pengalaman mereka yang tak akan terlupakan.

Berikut beberapa keindahan pantai eksotis di Indonesia yang wajib kamu kunjungi bersama teman-teman kamu, sobat Hydro..

1. Pantai di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.
Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Sehingga diyakini sebagai pusatnya kekayaan alam bawah laut, yang tidak tertandingi di seluruh dunia. Bahkan bukan cuma itu saja, pemandangan alam perbukitan, panorama pantai dan kekayaan hayatinya juga dapat menyihir siapapun yang berkesempatan kesana. Yang menjadikannya tidak bertentangan dengan julukannya sejak dulu, yaitu “Pulau Syurga” atau Syurga yang hilang“.

2. Pantai Tanjung Bira
Suasana alam terasa sangat mengagumkan di pantai yang masih polos dan perawan ini. Di kawasan pantai yang terletak 200 km dari Makassar, Sulawesi Selatan, ini Anda juga bisa mengamati aktivitas masyarakat setempat sehari-hari. Bagi penduduk Bulukumpa dan sekitarnya, pantai ini masih dijadikan sebagai tempat berdagang sekaligus dermaga penyeberangan. Jejeran perahu nelayan terlihat di sepanjang pantai, jika mereka tidak melaut.

Bira memang belum ditata menjadi tempat tujuan wisata seperti pantai-pantai lain. Fasilitas penginapan atau resto juga terbilang belum terlalu lengkap. Namun, pantainya bersih dan nyaman untuk dinikmati. Di ujung pantai, pemandangan karang yang menjorok ke laut terlihat sangat eksotis.

Tanjung Bira juga dikenal sebagai tempat menyelam. Hanya 10 menit dari Tanjung Bira, ada 2 titik penyelaman yang jadi favorit, yaitu Pulau Liukang Lohe dan Pulau Bentang atau lebih dikenal dengan nama Pulau Kambing. Menjelang tengah malam, para wisatawan bisa berbaur dengan para nelayan yang baru tiba dari melaut, untuk membeli beberapa ikan segar hasil tangkapan mereka. Karena itu, banyak yang berpendapat, jika ingin melihat segala pemandangan tentang laut, maka datanglah ke Tanjung Bira.

3. Pantai Tanjung Benoa – Bali
Kamu tau gak sobat Hydro, kalo Penduduk di sekitar pantai Tanjung Benoa Bali, sebelum berkembangnya pariwisata, sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, untuk lebih detail tentang sejarah Tanjung Benoa, silakan klik link. Semakin berkembangnya pariwisata Bali, membuat sebagian besar mata pencaharian penduduk lokal berubah, baik sebagai pegawai hotel atau membuat usaha wisata bahari atau yang lebih dikenal dengan nama watersport Tanjung Benoa.

Karena pantai Tanjung Benoa Bali, memiliki pasir putih dan laut yang sangat tenang, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk aktivitas olahraga air seperti, Parasailing, Snorkeling, Seawalker Tanjung Benoa dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang paling disukai oleh anak-anak adalah wisata ke pulau penyu Bali. Dari ujung utara sampai selatan pantai ini, tersedia perusahaan yang menyediakan aktivitas olah raga air, dan tentunya tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

4. Pantai Riung – Flores NTT
Taman laut 17 Pulau Riung merupakan salah satu objek wisata andalan di pulau Flores NTT. Keindahan panorama pantai dengan gugusan pulau kecil-kecil dengan karakteristiknya masing-masing membuat riung tidak hanya menjadi tujuan wisata para wisatawan lokal tapi juga manca negara. Bahkan tempat ini pernah dijadikan sebagai salah satu transit para peserta Sail Komodo dengan peserta dari berbagai negara baik Australia maupun negara-negara Eropa.

 

5. Golden Beach
Pulau Peucang, pulau kecil di dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini, sayang dilewatkan. Di pulau ini terdapat pantaisepanjang 600 meter yang dijuluki Golden Beach, dengan pasir putihnya yang halus dan air laut yang biru jernih dan tenang.

Hewan-hewan seperti kijang, biawak, dan monyet yang biasaberkeliaran bebas di pulau ini, menjadi pemandangan unik. Konon, nama Peucang diambil dari nama sejenis siput yang sering dijumpai di pantai ini. Ada juga yang mengatakan bahwa nama itu diambil dari sejenis menjangan yang tinggal di kawasan ini. Dengan menggunakan speedboat atau kapal sewa, kamu bisa beranjak ke arah selatan Pulau Peucang untukmenikmati taman laut yang dipenuhi dengan ikan-ikan kecil  aneka warna, beserta karang-karangnya yang indah.

 

6. Pantai Atuh Nusa Penida
Salah satu pantai Nusa Penida yang paling terkenal diatara semua pantai di Nusa Penida adalah Pantai Atuh. Untuk saat ini Pantai Atuh masih masuk di kategori pantai yang jarang dikunjungi di Bali. Padahal pantai Atuh di pulau Nusa Penida Bali, memiliki karakteristik pantai indah dengan keunikan tersendiri, berbeda dengan pantai-pantai di pulau Bali yang lain.

Di Pantai Atuh terdapat 3 pesisir pantai pasir putih yang terpisah tebing karang tinggi di masing masing sisi pantai. Masing-masing pesisir pantai memiliki pasir berwarna putih bercampur batu karang kecil.

Air laut sangat jernih jika anda suka snorkeling, keindahan terumbu karang yang masih asri akan terlihat dari permukaan air laut. Jika di lokasi pantai lain di Bali, saat pembaca duduk di pasir pantai, akan terlihat perairan laut lepas, tetapi jika pembaca duduk di pasir pantai Atuh Nusa Penida, selain melihat pemandangan laut lepas, gugusan pulau kecil juga akan terlihat.

Penyebab pantai Atuh Nusa Penida jarang dikunjungi wisatawan domestik, karena lokasi pantai sangat tersembunyi, jauh dari lokasi perumahan penduduk lokal, serta perlu tenaga ekstra untuk sampai ke lokasi pantai Atuh Nusa Penida.

 

7. Pulau OKI – Ambon
Maluku ternyata menyimpan pesona wisata bahari yang sangat menakjubkan. Pulau tak berpenghuni seluas 2 hektar ini sepintas seperti nirwana yang tersembunyi.

Keindahan laut di Pulu Oki, sungguh mempesona. Air lautnya yang biru, pemandangannya yang indah dan kondisi alamnya yang masih perawan, membuat siapapun yang berkunung ke pulau ini seakan berada di tengah nirwana.

Untuk traveler yang suka snorkling, tempat ini mungkin sangat cocok untuk anda. Sebab laut di pulau ini menyimpan banyak sekali pemandangan indah yang perlu diselami. Di pulau ini juga ada banyak spot penyelaman.

Menyelam di pantai pulau Oki, traveler akan takjub dengan taman bawah laut yang dihiasi berbagai terumbu karang yang indah. Traveler juga akan menyaksikan banyak ikan dan hewan laut lainnya.

 

8. Taman Nasional Kepulauan Wakatobi – Sulawesi Tenggara
Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibukota Wakatobi adalah Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu: Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan dari nama ke-empat pulau utama tersebut

Keindahan bawah lautnya sangat dikagumi banyak wisatawan, sehingga sering disebut-sebut sebagai salah satu surga bawah laut terindah di dunia. Jadi bukan tanpa alasan jika kawasan pantai di Wakatobi sangat cocok untuk wisata diving, snorkling, berenang dan memancing.

 

9. Pulau Derawan – Kalimantan Timur
Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut yang terekenal dengan wisata selam-nya (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter.

Selain beraneka ragam biota laut seperti cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eel) dan ikan skorpion (scopionfishes), juga terdapat karang yang dikenal dengan “Blue Trigger Wall” karena pada karang yang panjangnya 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

 

10. Pantai Ora – Maluku Tengah
Pantai Ora adalah surga tersembunyi, begitulah bagi sebagian orang yang pernah berkunjung ke sana, hal ini telah menjadikan Pantai Ora sebagai tujuan wisata favorit ke Maluku saat ini, baik bagi turis lokal maupun mancanegara, berlibur di pantai Ora dan menikmati keindahan alam sekitarnya, maupun alam bawah lautnya, akan memberikan suatu sensasi liburan yang tenang dan santai. Pantai Ora sebagai tujuan wisata ke Maluku dapat dikategorikan sebagai eco wisata atau wisata alam. Perjalanan menuju ke Pantai Ora sangatlah jauh dari Bandara Internasional Pattimura, Ambon (sebagai gerbang masuk ke Maluku lewat udara), namun perjalanan kesana dapat menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan dengan program tour ini, dan jika telah sampai ke Pantai Ora, dapat dipastikan semuanya terbayarkan. Menikmati liburan Anda di Pantai Ora baiknya tidak melewati kesempatan untuk menyelam/snorkeling, karena terumbu karang pantai Ora merupakan salah satu hamparan karang terindah yang pernah ada, dipadukan dengan biota lautnya yang beragam membuatnya menjadi suatu pengalaman yang bukan hanya menyegarkan mata, namun tak terlupakan. Pantai Ora berlokasi di Utara Pulau Seram, di wilayah desa Saleman, Maluku, Indonesia.

Nah, gimana Sobat Hydro? Ternyata masih banyak lagi lho pantai eksotis Indonesia yang bisa kamu explore. Eiiitz, tap jangan lupa bawa Hydro Coco kalau datang ke pantai-pantai di atas biar acara travelling kamu semakin seru, sobat Hydro!

Sumber:
http://www.femina.co.id/travel/10-pantai-eksotis-di-indonesia
http://lifestyle.liputan6.com/read/2450882/5-pantai-paling-eksotis-di-indone
http://serambimaluku.com/pulau-oki-nirwana-yang-tersembunyi-di-buru-selatan/
https://www.google.com/search?biw=1366&bih=662&site=webhp&tbm=isch&sa=1&q=Pantai+Riung+-+Flores+NTT&oq=Pantai+Riung+-+Flores+NTT&gs_l=img.3…48331.48331.0.50487.0.0.0.0.0.0.0.0..0.0….0…1c.2.64.img..0.0.0.qUFfToY6QLs#imgrc=25i_t4Ha-XsdjM:

MITOS YANG SALAH SOAL AIR KELAPA DAN IBU HAMIL

Activities Health Hydrococo Lifestyle 23 July 2017

MITOS YANG SALAH SOAL AIR KELAPA DAN IBU HAMIL

Read More
NGGAK PERLU JAUH, 7 LOKASI LOKAL INI BIKIN KAMU SERASA DI LUAR NEGERI

Hydro Coco's Articles Traveling 26 April 2019

NGGAK PERLU JAUH, 7 LOKASI LOKAL INI BIKIN KAMU SERASA DI LUAR NEGERI

Read More