5 Jenis Sepatu Lari dan Fungsinya Masing-Masing

Lifestyle 1 July 2014

Oleh Admin

5 Jenis Sepatu Lari dan Fungsinya Masing-Masing

Setiap orang memiliki ukuran kaki, bentuk dan cara berlari yang berbeda-beda, sehingga produsen sepatu lari pun menyiasatinya dengan membuat beberapa tipe yang disesuaikan dengan karakter dan atribut masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, fleksibiltas dan ketahanan seseorang berdasarkan keunikan yang dimiliki masing-masing.

Jadi, jangan sampai kamu salah membeli sepatu lari, Sobat! Selain karena harganya yang cenderung mahal, salah memilih sepatu bisa mengakibatkan cedera yang tidak diinginkan. Berikut lima jenis sepatu lari yang bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhan dan medan berlari:

1. Motion Control

source: http://www.wigglestatic.com/images/asics-T1B4N-9390-ss11-zoom.jpg

Jenis ini ditujukan untuk kaki yang jatuh terlalu ke dalam atau overpronate. Sepatu lari dengan fitur Motion Control didesain untuk mengurangi dan mengontrol efek dari gerakan kaki, selain juga berfungsi sebagai peredam. Sepatu bertipe ini merupakan jenis sepatu yang paling kaku, dan biasanya lebih berat, namun memiliki durability yang baik dan stabil.

2. Cushioned

source: http://www.cheapshoesmall.me.uk/media/catalog/product/cache/1/image/9df78eab33525d08d6e5fb8d27136e95/A/i/AirMax2013Mens01.jpg

Cushioned atau bantalan sangat berguna untuk tipe kaki yang jatuh tegak lurus. Artinya kaki tidak terlalu ke dalam maupun keluar. Bantalan pada sepatu lari ini didesain untuk meredam benturan antara kaki ketika menginjak jalanan/tanah.

3. Stability

source: http://www.bike24.com/i/p/1/2/20421_00_d.jpg

Sepatu dengan tipe ini bisa dibilang sebagai perpaduan antara Motion Control dan Cushioned. Tentunya tipe sepatu lari Stability berfungsi untuk menjaga posisi kaki agar tidak bergeser di dalam sepatu.

4. Lightweight


source: http://www.designboom.com/wp-content/uploads/2013/07/nike_free_flyknit_01.jpg

Dari namanya saja kita bisa langsung tahu bahwa sepatu lari yang satu ini memiliki bobot yang ringan. Lightweight memiliki bobot yang paling ringan dibandingkan semua tipe yang disebutkan dalam artikel ini, juga memiliki variasi lebih banyak di dalam cushioning-nya. Tipe ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kecepatan dan mengikuti lomba lari.

5. Trailrunning

source: http://3.bp.blogspot.com/_TXr5uGM_ox8/TOmMhFzQMjI/AAAAAAAAGps/fWVkVplZjtA/s1600/XR+1.0.JPG

Kalau kamu menyukai medan-medan yang berat dan extreme, maka sepatu jenis Trailrunning adalah ‘a-must-wear’. Kelebihan Trailrunning terletak pada material yang digunakan, karena dirancang untuk pemakaian di medan yang brutal, bukan sekedar aspal atau tanah datar. Perlindungan khusus terhadap kaki yang diberikan jenis sepatu ini akan membuatmu tetap nyaman meski berlari di track yang dipenuhi batu, lumpur, maupun akar.

 

source: http://www.runnersworld.co.uk/shoes/choosing-a-shoe-the-very-basics/481.html

Bersin dan Hidung Tersumbat Tiap Bangun Tidur? Coba Ganti Bantal Anda

Health 11 August 2014

Bersin dan Hidung Tersumbat Tiap Bangun Tidur? Coba Ganti Bantal Anda

Read More
Manfaat Sehat Mandi Air Hangat

Health 30 December 2015

Manfaat Sehat Mandi Air Hangat

Read More