Oleh Admin

5 LOMBA 17-AN YANG SERU DAN NGGAK ABIS DIMAKAN JAMAN

Bulan Agustus telah tiba Sobat Hydro, komplek perumahan kamu pun juga sudah mulai diwarnai oleh keceriaan dan keramaian pernak-pernik kemerdekaan. Gerbang Gang-gang kecil juga sudah mulai terlihat dihiasi oleh bambu runcing yang dicat merah putih dengan beberapa hiasan lainnya.

Ya, Kemerdekaan Indonesia ke 72 sudah di depan mata. Dan kita semua menyambutnya dengan penuh suka cita. Apalagi buat anak-anak komplek, yang terbiasa ngehits dikompleknya masing-masing. Ini adalah ajang buat mereka untuk menunjukan kehebatan dirinya.

Kamu pasti paham dan tahu, kemeriahan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ini selalu dimeriahkan dengan lomba tujuh belasan Agustus. Mulai dari lomba balap karung hingga lomba panjat pinang yang paling bergengsi. Buat kakak-kakak kita yang lahir tahun 80-90an, lomba tujuh belasan merupakan games dengan kemewahan tersendiri. Karena jaman itu, belum ada handphone atau games yang biasa kita mainkan saat ini. Jangankan main Pokemon Go, main Super Mario Bros di Nintendo saja kadang masih rebutan sama teman atau saudaranya.

Lomba tujuh belasan Agustus akan terus berkesan karena lomba ini dilakukan dengan semangat suka cita bersama. Lomba-lomba yang membutuhkan kekompakan membuktikan bahwa dulu kita sangat toleran dan suka bergotong-royong. Inilah yang selalu membuat kangen dengan masa-masa muda dulu, betul ‘kan?

Untuk mengenang masa=masa indah itu, yuk kita bahas beberapa lomba yang nggak lekang dimakan waktu dan sangat mengingatkan betapa indahnya masa-masa kecil dulu, inilah daftarnya:

Lomba Makan Kerupuk

Ini lomba yang legend banget. Biasanya, lomba makan kerupuk ini merupakan lomba paling awal sebagai pembuka tanda dimulainya rangkaian lomba tujuh belasan. Pesertanya biasa siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Lomba ini hanya membutuhkan ketangkasan dalam menangkap kerupuk dengan mulut, juga kecepatan mengunyah dan menelan kerupuk. Pemenangnya adalah yang paling pertama menghabiskan kerupuknya dalam mulut.

Peserta dilarang menggunakan tangan. Jadi, kedua tangan wajib disembunyikan di balik pinggang.

Kerupuk biasanya diikatkan dengan tali yang sudah dibentangkan di tengah lapangan. Hal paling sulit adalah ketika panitia menggoyang-goyangkan tali sehingga kerupuk akan loncat-loncat dan sulit untuk ditangkap dengan mulut.

Lomba makan kerupuk pernah absen saat tanggal 17 Agustus bertepatan dengan bulan puasa sehingga sempat ditiadakan.

Lomba Balap Karung

Yang satu ini selalu kocak dan bikin ketawa kalau kita menonton orang yang lagi balap karung. Lomba yag satu ini membutuhkan ketangkasan dalam berlari di di dalam karung. Jika karung terlalu kecil maka harus meloncat-loncat seperti kangguru.

Tantangannya tentu saja bagaimana caranya mengalahkan pebalap karung tercepat dengan cara apapun juga.

Karung yang digunakan adalah karung goni. Karung goni merupakan pakaian saat zaman sebelum kemerdekaan. Balap karung kerap disimbolkan melawan penindasan.

Lomba Tarik Tambang

Berikutnya Lomba tarik Tambang, lomba ini merupakan lomba yang membutuhkan kekompakan. Lomba kelompok ini biasanya beranggotakan minimal 5 orang.

Biasanya terdapat garis putih ditengah yang menandakan bagian tengah tali. Kemudian kedua tim berlomba adu kekuatan sampai salah satu kelompok tertarik oleh lawan.

Lomba Balap Kelereng

Lomba ini menggunakan mainan paling populer sepanjang masa. Biasanya lomba kelereng ini pesertanya anak-anak kecil, walau nggak ada salahnya orang dewasa juga ikutan. Lomba kelereng mewajibkan peserta membawa kelereng dari garis start hingga garis finish. Caranya tentu saja unik. Peserta wajib membawa kelereng dengan menggunakan sendok. Jika kelereng terjatuh di tengah jalan, peserta wajib mengulang dari garis awal sampai kelereng bisa dibawa ke garis finish tanpa terjatuh.

Lomba Panjat Pinang

Lomba paling the best tujuh belasan ya lomba panjat pinang ini. Lomba panjat pinang biasanya lomba penutup dalam rangkaian menyemarakkan hari kemerdekaan.

Dengan menggunakan batang pohon pinang yang telah dilumuri oleh pelumas, setiap kelompok diberikan waktu tertentu untuk mengambil berbagai hadiah yang sudah diikat diatas puncak pohon pinang.

Hadiah-hadiah yang diperebutkan sangat beragam mulai dari perabotan rumah tangga hingga sepeda motor tergantung sponsor penyelenggara lomba. Lomba panjang pinang ini seru untuk ditonton karena ada saja kejadian konyol yang membuat gelak tawa. Biasanya peserta lomba panjat pinang ini orang-orang dewasa laki-laki.

Kobe Bryant-nya Asia!

Lifestyle 5 June 2015

Kobe Bryant-nya Asia!

Read More
SOBAT HYDRO, INI LOH CARA PUAS BANGET LIBURAN DENGAN BUDGET MINIM

Activities Lifestyle Traveling 29 October 2017

SOBAT HYDRO, INI LOH CARA PUAS BANGET LIBURAN DENGAN BUDGET MINIM

Read More