5 Manfaat Makan Ikan Salmon

Health 4 November 2014

Oleh Admin

5 Manfaat Makan Ikan Salmon

Saat ini banyak sekali rumah makan di Indonesia yang menyajikan salmon sebagai salah satu menu hidangannya. Ikan yang biasa disajikan dalam menu sushi ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Berikut adalah manfaat kesehatan salmon:

  1. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Salmon memiliki kandungan omega-3 yang tinggi yang berfungsi meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D dan selenium mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah penyakit ADHD.

  1. Baik Bagi Kesehatan Tulang

Kandungan kalsitonin dalam salmon membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang yang dapat membantu mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoarthritis. Selain itu salmon mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

  1. Mencegah Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Konsumsi salmon mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah arteri), dan lain sebagainya. Omega-3 yang terkandung dalam salmon membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibiitas pembuluh darah dan menguatkan otot jantung serta memperbaiki kerusakan jaringan jantung. Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kekakuan dan penyumbatan dinding arteri sehingga dapat mencegah serangan jantung pula.

  1. Membantu Mengatasi Kesulitan Tidur

Ikan Salmon mengandung triptofan yang merupakan natural sedatif sehingga baik untuk dikonsumsi bagi individu yang memiliki kesulitan tidur atau insomnia.

  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Selain untuk kesehatan otak dan jantung, omega-3 yang terdapat di dalam salmon juga bermanfaat untuk mencegah mata lelah, mata kering dan penyakit degenerasi makula terkait mata (suatu kondisi yang terjadi pada individu yang lebih tua dimana terdapat hilangnya penglihatan dibagian tengah mata akibat kerusakan saraf mata).

 

 

(sumber:   Ditulis oleh: dr. Anita Amalia Sari Anggota Redaksi Medis Klikdokter.com)

YANG BERKACAMATA BACA INI, CARA SIMPLE SUPAYA HIDUP KAMU LEBIH MUDAH

Activities Health Lifestyle 8 October 2017

YANG BERKACAMATA BACA INI, CARA SIMPLE SUPAYA HIDUP KAMU LEBIH MUDAH

Read More
IDE MURAH MERIAH UNTUK LIBURAN AKHIR TAHUN

Hydrococo Lifestyle 28 December 2016

IDE MURAH MERIAH UNTUK LIBURAN AKHIR TAHUN

Read More