5 Nutrisi Penting Penambah Energi Saat Berpuasa

Activities Health 2 July 2014

Oleh Admin

5 Nutrisi Penting Penambah Energi Saat Berpuasa

Bulan Ramadhan telah tiba, inilah saatnya umat muslim untuk menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Ketika berpuasa pastikan tubuhmu selalu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat sebagai sumber cadangan energi saat menahan lapar dan haus selama 12 jam per hari. Makanya sangat penting untuk memperhatikan apa saja yang bermanfaat untuk dikonsumsi selama berpuasa. Konsumsilah bahan makanan yang berguna bagi tubuhmu yang mengandung 4 nutrisi penting di bawah ini:

  1. Serat
  • Mengkonsumsi makanan berserat bisa membuatmu kenyang lebih lama lho! Jenis makanan seperti ini akan dicerna lebih lama oleh tubuhmu. Sumber energi ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian (roti gandum, pasta), beras merah, oatmeal, buah dan sayuran. Coba deh sekali-kali ganti menu sahurmu dengan oatmeal, kandungan karbohidrat kompleksnya yang tinggi akan membantu menyimpan energi berjam-jam.
  1. Protein

 

Untuk menunda rasa lapar dan memberikanmu energi tambahan, jangan lupa menambahkan asupan protein dalam menu sahurmu. Bahan makanan seperti telur, ikan, daging sapi tanpa lemak, daging ayam dan kacang-kacangan akan membantu tubuhmu memproduksi sel darah merah dan membangun stamina.

 

  1. Lemak Sehat

Kandungannya membuat kamu kenyang lebih lama daripada makan gorengan. Makanya asupan sumber energi dari alpukat, kacang kenari, kacang kedelai, zaitun dan minyak kelapa penting sebagai penghasil energi, pelindung tubuh dan tentunya sumber cadangan makanan.

 

  1. Buah dan Sayur

Selain kaya akan vitamin dan serat, mengkonsumsi buah dan sayur dengan kadar air tinggi sangatlah berguna untuk menjaga hidrasi tubuhmu selama berpuasa. Pilihlah semangka, jeruk, mentimun, selada, tomat ataupun kelapa untuk menambah cairan tubuhmu supaya bisa menahan haus lebih lama saat berpuasa.

  1. Elektrolit

 

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi hidrasi tubuh dengan rutin mengkonsumsi air kelapa pada saat sahur dan berbuka puasa. Selain berfungsi sebagai pelepas dahaga, kandungan elektrolit alami dalam air kelapa sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa.

Pastikan menu sahurmu sudah mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh agar kuat menahan lapar dan haus seharian. Makanya dengan memperhatikan asupan gizi yang tepat dari bahan-bahan makanan di atas, kamu bisa menyimpan energi ekstra untuk memaksimalkan ibadahmu selama bulan Ramadhan. Selamat berpuasa, Sobat Hydro!

Source:

http://www.buzzfeed.com/emofly/foods-to-eat-at-suhoor-that-release-energy-throughout-the

 

 

HAL-HAL BAIK INI JARANG DILAKUKAN OLEH REMAJA

Activities Hydrococo Lifestyle 9 August 2017

HAL-HAL BAIK INI JARANG DILAKUKAN OLEH REMAJA

Read More
Tanda kamu berlebihan olahraga

Health Lifestyle 29 December 2015

Tanda kamu berlebihan olahraga

Read More