Oleh Hydrococo

5 Tips Buat Yang Mudik Meninggalkan Rumah Kosong

Nggak kerasa sudah hampir satu bulan lamanya kita melaksanakan ibadah puasa, Sobat Hydro. Sebuah anekdot lawas bercerita bahwa pada awal bulan puasa katanya mesjid penuh, lalu pertengahan puasa mall penuh, dan akhir bulan puasa biasanya jalanan, terminal dan bandara akan penuh.

Ya, dengan semakin dekatnya libur lebaran maka tradisi mudik akan segera hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia. Hampir sebagian besar penduduk muslim yang bekerja dikota-kota besar akan pulang kampung sambil menceritakan apa yang mereka dapat dari usaha diluar kota.

Nah, untuk Sobat Hydro yang juga mudik karena mungkin nini, nenek, eyang kakung, eyang putri, aki, atau tetua keluarga kamu masih ada yang tinggal diluar kota, coba dicek tips-tips berikut yang sangat berguna pas kamu meninggalkan rumah kosong kamu. Karena maling dan sebagainya dijaman yang sudah gila ini makin nekad. Memang lebih waspada sebelum ninggalin rumah ke kampung halaman. Mari disimak.

 

Kunci Semua Pintu dan Jendela

Yang paling utama adalah cek ricek and final cek pintu dan jendela sebelum kamu mudik. Pastikan semua pintu dan jendela yang ada di rumah terkunci rapat-rapat. Jangan lupa gembok pagar depan dan pagar samping. Kalau nggak punya gembok, beli dari sekarang.

Simpan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Kalau kamu atau orang tua kamu punya barang-barang berharga, pastikan semua barang berharga udah disimpen di tempat yang aman. Ada beberapa bank yang punya safety box yang bisa kamu sewa. Atau kamu bisa simpen barang berharga tadi di tempat yang anti mainstream, seperti di dalem toilet, dikubur dalam tanah dihalaman, freezer, microwave, dan atau toren air misalnya.

Titipkan Rumah Selama Mudik

Untuk yang tinggal di perumahan cluster atau perumahan mewah pun nggak bisa untuk nggak waspada. Sangat baik dan bijak jika bisa titipin rumah selama mudik ke satpam atau tetangga. Atau jika kamu punya saudara atau kawan yang mau berbaik hati selalu ngecek rumah kamu saat kamu mudik juga boleh dilakukan, salah satu ide yang bisa kita terapkan.

Titipkan Kendaraan Dan Hewan Peliharaan

Tips berikutnya adalah menitipin kendaraan di tempat yang menyediakan jasa penitipan kendaraan selama mudik. Atau kamu juga bisa menitipkan kendaraan atau hewan peliharaan kamu kepada tetangga kamu. Ada juga tips yang lebih baik, sewakan kendaraan kamu untuk dipakai ngojek  oleh kenalan deket rumah, urusan bagi hasil tinggal kamu hitung-hitungan dengan kenalan kamu tadi.

Pasang CCTV

Tips terakhir, untuk yang mempunyai dana berlebih, beli dan pasang cctv. Ada baiknya untuk keamanan yang maksimal kamu pasang CCTV ini agar orang asing segan untuk nerobos ke rumah kamu. Maling akan lebih memikir dua kali jika ingin masuk kerumah kamu ketika ia melihat cctv. Bonus tips, Bila keluarga kamu atau kamu memiliki kebiasaan menaruh kunci cadangan di bawah karpet atau pot tanaman, pastikan kebiasaan tersebut  dihentikan, jangan lagi menaruh kunci di tempat-tempat tersebut karena akan percuma.

Kira-kira itulah 5 tips aman untuk yang mudik untuk meninggalkan rumah. Bagaimanapun kita harus tetap waspada Sobat Hydro. Jangan lupa berpasrah diri dan berdoa pada Allah SWT. Titipkanlah seluruh harta benda yang merupakan rezeki dan karunia dari-Nya kepada Allah SWT. Mudah-mudahan dengan ikhtiar dan berdoa, kita bisa mudik secara tenang. Aamiin.

JADI AWET MUDA ITU TERNYATA NGGAK SUSAH, TINGGAL IKUTIN AJA TIPS INI

Activities Health Hydrococo Lifestyle 16 July 2017

JADI AWET MUDA ITU TERNYATA NGGAK SUSAH, TINGGAL IKUTIN AJA TIPS INI

Read More
Skateboard, Olahraga yang Berbalut Gaya Hidup

Activities Hydrococo Lifestyle 22 February 2016

Skateboard, Olahraga yang Berbalut Gaya Hidup

Read More