ADA PENGARUHNYA NGGAK SIH TIDUR DENGAN LAMPU TERANG ATAU MATI?

Health Lifestyle 13 September 2017

Oleh Admin

ADA PENGARUHNYA NGGAK SIH TIDUR DENGAN LAMPU TERANG ATAU MATI?

 

Dengan banyaknya kegiatan kamu dari pagi hingga sore atau malam, jam tidur adalah salah satu kegiatan yang kamu tunggu-tunggu. Bagaikan sebuah “balas dendam” akan capek yang tubuh kamu rasakan seharian. Rasanya kalau nggak segera memejamkan mata, akan terasa rugi banget karena beberapa jam lagi pagi akan datang dan kamu harus melanjutkan rutinitas kembali.

Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah pengaruhnya lampu saat kamu tertidur Sobat Hydro. Apakah kamu terbiasa menyalakan lampu atau malah mematikannya? Karena ada orang yang memilih untuk tidur dengan lampu terang tapi banyak juga yang meyakini lebih nyaman tidur dengan suasana gelap.

Selain karena alasan kenyamanan, sebenarnya ada nggak sih pengaruhnya terhadap kesehatan? Lantas mana yang lebih baik bagi kesehatan tidur dengan lampu terang atau gelap?

Dilansir Hydro Coco dari Health, kamar tidur harus benar-benar berada dalam kondisi tenang dan nyaman untuk tidur. Meredupkan atau mematikan lampu jadi salah satu cara untuk menciptakan kondisi tersebut. Tubuh kita diprogram untuk tidur dalam keadaan gelap sehingga dengan mematikan lampu dapat membuat ritme tubuh jadi lebih mudah untuk lekas tidur.

Selain itu, adanya cahaya dapat menghambat sekresi hormon melatonin yang secara alami diproduksi selama kita tidur. “Bahkan jika kamu tertidur, cahaya tetap terdeteksi melalui kelopak mata dan otak sehingga tubuh gagal memproduksi melatonin karena bingung membedakan antara siang dan malam,” kata Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University School of Medicine.

Penelitian sebelumnya juga dijelaskan bahwa cahaya pada malam hari diperkirakan menjadi salah satu pemicu obesitas yang tak diketahui banyak orang. Para peneliti dari Leiden University Medical Centre di Belanda menemukan bahwa lampu buatan ternyata dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh yang berdampak pada meningkatnya berat badan. Jadi, lebih baik semua lampu memang harus dimatikan pada saat tidur, termasuk lampu dari gadget kamu.

Disini ada isu penting yang harus kamu garis bawahi Sobat Hydro. Dari penelitian diatas disimpulkan bahwa ternyata, tidur dengan lampu menyala itu berpengaruh terhadap obesitas.

Tetapi anggap saja penelitian diatas tadi hanya sebatas sebuah penelitian yang kebenarannya masih meragukan, kita memang sebaiknya mematikan lampu ketika tidur. Karena memang kenyamanan itu ada ketika ruangan tidur kita minim cahaya. Ruangan yang gelap atau minim cahaya juga membuat mata dan tubuh kita jauh lebih rileks. Selain itu, ada juga loh penelitian yang menyebutkan beberapa manfaat tidur dengan lampu mati. Ada dua diantara sebagai berikut:

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur malam di dalam kamar yang benar-benar gelap akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Ahli biologi yang bernama Joan Robert mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika benar-benar nggak ada cahaya.  Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh, yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Mencegah Kanker

Peneliti lain dari Inggris dan negara lainnya, menemukan hasil penelitian bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, maka bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Bahkan, para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik saja, maka bisa menyebabkan perubahan biologis, dimana itu beresiko terhadap munculnya penyakit kanker.

Untuk itu orang-orang yang bangun di malam hari, maka usahakan hindari menyalakan lampu. Normalnya produksi melatonin terjadi antara jam 9 malam hingga jam 8 pagi.

 

Nah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu Sobat Hydro. Nggak juga untuk kamu, tapi juga untuk orang-orang disekeliling kamu yang harus kamu beri tahu apa yang sudah kamu baca disini.

MEMANG BOLEH YA OLAHRAGA MALAM?

Hydrococo Lifestyle 17 March 2017

MEMANG BOLEH YA OLAHRAGA MALAM?

Read More
OH BEGINI OLAHRAGA MASYARAKAT URBAN

Health Hydro Coco's Articles Lifestyle 22 November 2018

OH BEGINI OLAHRAGA MASYARAKAT URBAN

Read More