ALASAN KENAPA KAMU HARUS MAIN FUTSAL SEJAK DINI

Activities Health Lifestyle 10 September 2017

Oleh Admin

ALASAN KENAPA KAMU HARUS MAIN FUTSAL SEJAK DINI

Permainan yang satu ini memang menjadi idola banyak orang. Waktu yang menjadi faktor utama. Kapanpun orang ingin bermain futsal baik di waktu pagi, siang atau malam mereka hanya tinggal mencari lapangan futsal dan bisa langsung bermain tentu dengan menyewa lapangan futsal yang ada.

Olahraga futsal juga nggak kenal cuaca, baik cuaca panas ataupun musim hujan futsal bisa tetap dimainkan karena futsal adalah olahraga Indoor.

Selain orang-orang menggemari olahraga futsal karena hobi atau kesenangan, banyak juga yang bermain futsal karena kita semua mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga futsal. Nggak perlu bicarakan soal kesehatan, karena sehat sudah pasti dengan berolahraga. Ya, bermain futsal memang harus dikenali sejak dini kepada semua orang karena mempunyai banyak manfaat.

So, apa saja kira-kira manfaat bermain futsal yang nggak hanya dilihat dari sisi kesehatan saja. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga futsal menurut Hydro Coco yang dihimpun dari berbagai sumber.

Keahlian Teknik (Skillful)

Sobat Hydro juga tahu, permainan futsal sebetulnya sangat jauh berbeda dengan sepakbola yang dimainkan di lapangan konvensional. Jika sepakbola lebih menekankan fisik dan power, futsal lebih menekankan pada keahlian teknik khususnya teknik dasar seperti passing, dribbling, control ball (sole) dan shooting.

Menurut seorang pelatih futsal Trunajaya, Andrie Virman, Keberhasilan sebuah tim dalam futsal sangat dipengaruhi oleh kemampuan tim dalam teknik penguasaan bola dan mengoper bola dalam passing-passing pendek dan cepat.

Kedua hal ini lah yang menjadi ciri khas dari olahraga futsal yaitu mengandalkan bola-bola bawah dengan passing yang akurat dan cepat ke sasaran. Itulah mengapa tim sepakbola yang memiliki penguasaan bola lebih banyak dengan passing-passing pendek dan cepat, seperti Barcelona dari Spanyol, cenderung akan memenangkan pertandingan dengan dominasi penguasaan bola. Maka dengan bermain futsal, teknik pemain khususnya teknik dasar akan meningkat.

Kerjasama Tim (Team Work) atau Kekompakan

Dalam permainan futsal kerjasama tim merupakan faktor yang sangat krusial untuk memenangkan suatu pertandingan. Jika di sepakbola sebuah tim bisa memenangkan pertandingan dengan one man show, namun nggak demikian dalam pertandingan futsal.

Kerja sama tim bisa terjalin dari proses latihan dimana antar pemain saling mengenal karakter rekannya satu sama lain di tim. Kerja sama tim nggak hanya secara permainan saja tapi secara komunikasi antar pemain dalam lapangan harus terjalin dengan baik dan benar. Tanpa hal tersebut maka organisasi tim yang hendak dibangun akan rapuh dan tentunya kemenangan akan sulit untuk diraih. Disinilah futsal mengajarkan kepada setiap pemain pentingnya kompak dan kerja sama. Kerja sama juga membuat anak lebih mudah bersosialisasi dengan teman-temannya.

Berpikir Cepat (Quick Thinking)

Permainan futsal juga nggak hanya melibatkan kemampuan fisik dan pasing pendek dari kaki ke kaki. Namun kecepatan berpikir dan mengambil keputusan di saat yang tepat juga merupakan faktor yang krusial. Karena olahraga futsal dimainkan dalam tempo yang tinggi dan cepat maka setiap pemain dituntut untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan.

Sedetik saja pemain telat dalam mengambil keputusan maka bisa menjadi boomerang bagi tim. Disinilah futsal mengajarkan kepada setiap pemain untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan. Nggak cuma fisik dan teknik.. tetapi juga otak.

Disiplin (Self-Discipline)

Futsal juga sangat membantu setiap pemain untuk meningkatkan kedisiplinan nggak hanya di dalam lapangan tetapi juga di luar lapangan. Pemain yang baik akan menjaga kedisiplinannya nggak hanya  dalam pertandingan tapi juga di saat latihan dengan tim. Pemain yang baik akan menghargai waktu, menghargai pelatih, dan yang lebih penting menghargai rekan-rekannya yang terlebih dahulu datang tepat waktu latihan.

Hiburan (Entertainment)

Yang terakhir tentu saja futsal adalah olahraga yang menghibur. Banyak orang yang bermain futsal selain karena futsal adalah hobi mereka tapi juga adalah untuk menghibur diri mereka dari stress atau semacamnya. Dengan bermain futsal stress atau kejenuhan dalam beraktifitas sehari-hari bisa berkurang. Selain itu saat ini futsal telah menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin menikmati keindahan permainan futsal.

 

Nah, bagaimana Sobat Hydro? Setuju ‘kan kenapa futsal harus dimainkan sejak kecil. Olahraga ini memang banyak mengandung manfaat yang nggak pernah kita bayangkan sebelumnya. Ayo main futsal!

Menikmati Fast Food Ala Korea

Activities Lifestyle 25 February 2016

Menikmati Fast Food Ala Korea

Read More
7 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Activities Health 11 August 2014

7 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Read More