APA BETUL BEGADANG ITU BIKIN ORANG LEBIH KREATIF?

Activities Health Lifestyle 24 September 2017

Oleh Admin

APA BETUL BEGADANG ITU BIKIN ORANG LEBIH KREATIF?

Ada saat dimana terkadang kita mengalami yang namanya susah tidur. Dan bahkan untuk beberapa orang mengidap insomnia. Kamu merasa sulit tidur atau malah mengidap insomnia Sobat Hydro? Jangan khawatir, saat seperti itulah kamu bisa menggali ide-ide kreatif untuk sesuatu yang positif.

Kenapa pada waktu susah tidur itu malah disebut sebagai waktu menggali ide kreatif? Sebab, berdasarkan sejumlah penelitian, umumnya orang yang suka begadang biasanya memiliki daya pikir yang lebih kreatif.

Tapi yang jelas, bukan sekadar begadang ya. Untuk melakukan sesuatu di malam hari dibutuhkan stamina yang prima. Ide-ide kreatif lebih lancar dilakukan di malam hari. Saat malam berbagai gangguan seperti suara bising akan hilang. Jadi kamu bisa berkonsentrasi. Kamu benar-benar memiliki waktu yang tenang untuk mengerjakan hal-hal positif.

Penelitian ini dilakukan para peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart, Italia. Hasil penelitian menyimpulkan, mereka yang bekerja pada malam hari biasanya adalah pemikir yang lebih kreatif.

Seperti yang Hydro Coco lansir dari berbagai sumber, ini adalah manfaat begadang yang perlu kamu ketahui:

  1. Lebih cerdas

Orang yang sering bergadang ada kemungkinan lebih cerdas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, anak-anak yang lebih cerdas biasanya jam tidurnya lebih malam. Mereka juga bangun siang, baik di hari sekolah maupun akhir pekan.

Walaupun begadang nggak menjadikan kamu lebih pintar. Namun, jika jam tubuh kamu lebih produktif di malam hari, bisa jadi ini adalah penjelasan di baliknya.

  1. Meningkatkan kekuatan

Memiliki kebiasaan bergadang secara alami bahkan bisa memiliki manfaat bagi performa fisik kamu. Para peneliti dari University of Alberta menemukan, walau kekuatan orang-orang pagi hari itu konsisten sepanjang hari, para orang-orang malam menunjukkan puncak kekuatan mereka di malam hari.

Menurut Olle Lagerquist, Ph.D, salah satu penulis studi, hal ini bisa jadi karena adanya peningkatan motor cortex dan kekuatan tulang belakang di malam hari.

  1. Kemampuan memberikan solusi kreatif

Ada alasan kenapa banyak orang menikmati bekerja di malam hari. Hal ini lebih memancing kreativitas mereka.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, para pekerja malam ini lebih mungkin memberikan ide-ide yang kreatif dibanding mereka yang orang-orang pagi.

  1. Meningkatkan kewaspadaan

Kamu mungkin berpikir, bergadang akan membuat kamu kesulitan fokus. Namun, selama kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup, hal ini justru akan meningkatkan kewaspadaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science menemukan, para pekerja malam secara umum bisa melampaui kemampuan para pekerja pagi dalam seberapa lama mereka bisa terjaga dan mentalnya waspada sebelum merasa lelah secara mental.

  1. Lebih mungkin mengambil risiko

Hal ini bisa jadi sesuatu yang positif sekaligus negatif. Para peneliti dari University of Chicago menemukan, para pekerja malam cenderung adalah mereka yang berani mengambil risiko.

Ketika berhubungan dengan judi, hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Namun, jika berbicara bisnis atau memulai usaha baru, menjadi pekerja malam yang berani mengambil risiko bisa jadi berguna.

  1. Pagi yang lebih tenang

Bangun siang memiliki kenikmatan tersendiri. Walaupun beberapa studi menunjukkan para pekerja malam cenderung memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi secara umum, kortisol mereka lebih rendah di pagi hari dibanding orang-orang yang memang hobi bangun pagi. Artinya, di pagi hari para pekerja malam ini merasa lebih santai dan tenang dibanding orang-orang pagi.

 

Wah ternyata larangan jangan begadang dari pak haji yang doyan main gitar itu sudah kuno ya. Nyatanya dalam beberapa tahun terakhir, beberapa studi akademis diatas menunjukkan bahwa mereka yang biasa tidur larut malam, biasanya lebih cerdas daripada mereka yang bangun pagi-pagi karena tidur lebih awal. Jadi buat kamu yang suka ‘ngalong’ termasuk orang yang beruntung Sobat Hydro.

INILAH LIST NEGARA YANG DURASI PUASANYA PALING LAMA SEDUNIA, NOMOR 5 BAHKAN HAMPIR 24 JAM

Hydrococo Lifestyle 14 May 2017

INILAH LIST NEGARA YANG DURASI PUASANYA PALING LAMA SEDUNIA, NOMOR 5 BAHKAN HAMPIR 24 JAM

Read More
Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Sakit Punggung

Health 27 October 2014

Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Sakit Punggung

Read More