BAHAYA MENGANCAM GENERASI MILENIAL

Health Hydrococo Lifestyle 26 July 2018

Oleh Admin

BAHAYA MENGANCAM GENERASI MILENIAL

Banyak yang tahu bahwa merokok dan mengonsumsi makanan berlemak dapat merusak kesehatan. Nggak hanya itu, kadang beberapa dari kita juga sering mengabaikan beberapa hal yang kita sadari bahwa hal tersebut dapat mengganggu kesehatan kita.

Namun, selain hal-hal yang disadari, ada juga beberapa kebiasaan lain yang tanpa kita sadari juga dapat merusak kesehatan. Tak hanya tubuh kita tetapi juga kesehatan mental lho.

Nah, Sobat Hydro Ingin tahu apa saja kebiasaan itu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Terlalu banyak menonton TV atau main laptop dan handphone 

Meskipun bisa dibilang sebagai kegiatan bersantai, terlalu sering menonton TV atau main laptop menyimpan begitu banyak pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Kelamaan menonton televisi atau menggunakan gadget telah dikaitkan dengan peningkatan resiko obesitas, diabetes dan emboli paru.

Selain itu, terlalu lama menonton TV dan main gadget tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menurunkan kemampuan kognitif otak. Seperti dilansir dari VeryWell.com bahwa sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di JAMA Psychiatry, mengadakan tes kognitif bahwa orang yang rata-rata menonton TV lebih dari 3 jam per hari selama 25 tahun tampil buruk dalam tes tersebut dibandingkan dengan orang yang nggak banyak menonton TV. Seram ya!

Terlambat makan

Ini yang berbahaya. Jangan pernah berpikir bahwa menunda waktu makan akan menurunkan berat badan kamu. Itu nggak dibenarkan. Menunda waktu makan, malah akan meningkatkan nafsu makan kamu di waktu setelahnya. Bisa jadi porsi kamu akan lebih banyak dari biasanya.

Menunda waktu makan akan melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas. Selain itu, menunda makan akan menyebabkan asam lambung naik. Buruknya, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

Diumur yang sudah tua, apabila asam lambung naik bisa berakibat fatal dan kematian. Karena asam lambung bisa menekan paru-paru kamu dan mengakibatkan sesak nafas dan menghambat oksigen menyebar didalam tubuh kamu.

Sebaiknya, kamu luangkan waktu sejenak untuk makan, supaya kamu tetap fokus dan semangat beraktivitas.

Mengkonsumsi minuman sport drink ataupun energy drink saat olahraga

Banyak diantara kita ketika olah raga membawa bekal minuman sport drink ataupun energy drink. Padahal, ada jenis minuman yang lebih sehat. Pilihlah air kelapa muda. Menurut tribun news, (http://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/01/05/minum-air-kelapa-saat-olahraga-lebih-sehat) Minum Air Kelapa Saat Olahraga Lebih Sehat loh Sobat Hydro.

Seperti yang kita tahu, buah kelapa yang sangat mudah ditemukan di Indonesia sangat terkenal menjadi minuman segar dan menyehatkan. Air kelapa banyak mengandung elektrolit yang sangat diperlukan tubuh. Hasil analisis menunjukkan bahwa air kelapa tua ternyata sangat bergizi terdiri atas air sebanyak 91,23 %, protein 0,29 %, lemak 0,15 %, karbohidrat 7,27 % dan abu 1,06 %.

Air kelapa juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Sedangkan dalam air kelapa muda kandungannya adalah air sebanyak 95,5 %, protein 0,1 %, lemak kurang dari 0,1 %, karbohidrat 4 %, dan abu 0,4 %.

Vitamin B komplek yang terdiri atas asam nikotinat,asam pantotenat, biotin, asam folat, vitamin B1 dan sedikit piridoksin. Air kelapa muda juga mengandung sejumlah mineral antara lain kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, dan sulfur.

“Dengan melihat kandungan air kelapa tersebut maka tidak heran jika air kelapa memang dapat diandalkan sebagai minuman yang menyehatkan terutama untuk rehidrasi cairan tubuh kita,” tulis ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin Pramono, seperti dikutip Tribunnews.com dari Grup Gerakan Sadar Gizi.

Menurut Mortin Satin, Kepala Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurusi Pangan dan Pertanian, air kelapa adalah minuman yang mengandung kalium tinggi dan sebaliknya mengandung natrium lebih rendah bila dibandingkan sport drink dan energy drink.

Terlalu lama membuka media sosial

Penelitian telah banyak menemukan bahwa banyak orang yang “terisolasi” akibat berkutat dengan media sosial. Isolasi sosial tersebut buruk bagi kesehatan mental dan fisik kamu Sobat Hydro. Kamu hanya akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengamati media sosial, tanpa melakukan aktivitas yang membuat badan bergerak. Terlebih lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu lama mengamati media sosial dapat menimbulkan rasa iri pada teman dan menurunkan mood sehingga meningkatkan risiko terjadinya depresi.

Meremehkan bahaya polusi udara

Ketika kamu bepergian keluar, apalagi menggunakan motor terkadang kamu lupa mengenakan masker, hayo jujur. Benar ‘kan?! Padahal udara yang kamu hirup saat itu, mengandung berbagai macam bahan kimia dan zat yang tidak dikenal, terutama di lingkungan kerja tertentu dan kota-kota besar.

Sikap kamu yang nggak peduli ini bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan paru-paru dan jantung kamu. Selain itu, beberapa hal diatas tadi juga yang sering banget nggak kita pedulikan. Mungkin saat ini ada baiknya kalau kamu mulai peduli mumpung masih muda Sobat Hydro.

Manfaat Tidur Siang yang Menakjubkan!

Health Hydrococo 1 July 2015

Manfaat Tidur Siang yang Menakjubkan!

Read More
SUDAH NGGAK JAMAN LAGI UJIAN PAKAI SISTEM KEBUT SEMALEM, INI CARA YANG LEBIH AMPUH!

Activities Lifestyle 22 September 2017

SUDAH NGGAK JAMAN LAGI UJIAN PAKAI SISTEM KEBUT SEMALEM, INI CARA YANG LEBIH AMPUH!

Read More