BEDA TRADISI LEBARAN DULU DAN SEKARANG

Lifestyle 4 June 2019

Oleh Admin

BEDA TRADISI LEBARAN DULU DAN SEKARANG

Sobat Hydro! Bagaimana kegiatan lebarannya? Pastinya lancar ya Sobat. Berkumpul keluarga, saling mengunjungi saudara dan kerabat serta menikmati tempat-tempat wisata dan kuliner bersama di masa liburan ini. Moment yang pasti tidak ingin Sobat lewatkan bukan? Kegiatan tersebut akan lebih mudah dilakukan di jaman sekarang. Dengan adanya media sosial, Sobat beserta keluarga tidak lagi kesulitan untuk mencari berbagai informasi, misalnya tempat wisata baru di sekitar daerah Sobat tinggal, restoran keluarga yang direkomendasikan untuk disinggahi atau lalu lintas terkini sehingga Sobat dan keluarga dapat mengestimasikan waktu dalam perjalanan dan destinasi selanjutnya. Pasti Sobat semua setuju ya dengan kecepatan informasi dari media sosial? Ya, bisa dibilang memang media sosial saat ini menjadi wadah untuk mencari berbagai informasi ter-update namun juga bisa sangat cepat berubah. Hal ini juga berpengaruh terhadap banyaknya tradisi lebaran dulu dan sekarang yang berubah loh Sobat.

Siapa diantara Sobat Hydro yang lahir di era 90-an? Tentu banyak ya Sobat. Bila demikian, otomatis Sobat Hydro akan merasakan perbedaan tradisi antara berlebaran dulu dan sekarang. Sobat pasti ingat, di Bulan Ramadhan dulu, ada buku tarawih untuk anak sekolah, gunanya untuk mencatat nama imam, isi tarawih dan diakhiri dengan meminta tandatangannya. Hal ini bertujuan agar siswa dan siswi semangat untuk tarawih karena diharuskan mengisi buku tersebut untuk penilaian. Kemudian menjelang lebaran, bisa dikatakan hampir semua ibu-ibu di rumah sudah sibuk membuat kue lebaran, hal ini berbeda dengan di era sekarang ya Sobat? Sudah banyak platform jual beli online yang memudahkan Sobat untuk membeli kue lebaran. Ada juga yang sibuk membuat kartu ucapan Idul Fitri untuk kerabat yang kemudian dikirim melalui pos. Di malam takbiran, anak-anak kecil di setiap wilayah melakukan pawai obor mengelilingi kampung untuk menyambut lebaran tiba. Pawai ini diiringi tabuhan bedug diatas mobil pick up yang biasanya dilakukan oleh anak muda dan juga berkeliling kampung. Masih banyak lagi tradisi lebaran tempo dulu yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Kalau di daerah Sobat, tradisi mana yang biasa dilakukan? Atau mungkin Sobat ingin menambahkannya?

Beberapa tradisi lebaran tempo dulu yang disebutkan tadi tentu berbeda dengan tradisi sekarang. Kira-kira apa saja sih Sobat tradisi lebaran sekarang? Yang paling mudah dan umum adalah membuat teks ucapan lebaran atau mungkin men-copy paste teks kemudian dikirim blast melalui jejaring media sosial, karena bila satu per satu kontak akan memakan waktu lama ya Sobat?. Kemudian menjelang lebaran, beberapa Sobat Hydro pasti sudah mulai membuat parsel unik untuk dikirimkan ke keluarga, rekan kerja atau kerabat. Seperti Sobat ketahui, membuat parsel saat ini sudah bukan merupakan hal yang sulit. Hal ini dikarenakan sudah mudahnya mencari dan membeli bahan parsel seperti plastik, keranjang dan isi parselnya. Untuk desain-desain uniknya, Sobat dapat lihat melalui tutorial youtube. Saat lebaran tiba, sudah pasti Sobat mengetahui apa yang kira-kira dilakukan bersama keluarga besar? Ya! Sesi foto. Sesi foto sudah menjadi bagian dari tradisi lebaran yang tidak akan dilewatkan. Namun sudah biasa rasanya bila sesi foto dilakukan di rumah orangtua. Pasti tidak sedikit dari Sobat yang melakukannya secara mendadak di studio foto. Selain untuk mengabadikan kebersamaan berkumpul dengan keluarga, sesi foto juga dilakukan untuk ajang kita berbagi moment kebahagian di jejaring media sosial. Tentu Sobat ingin mem-posting foto yang sempurna kan di sosial media Sobat?

Itulah beberapa perbandingan lebaran masa dulu dan sekarang. Terasa jauh berbeda ya Sobat? Tentu Sobat dapat menyimpulkan bersama. Lebaran masa dulu akan lebih banyak waktu berbincang dengan keluarga dan tetangga karena tradisi yang dilakukan, namun terbatas. Lebaran masa sekarang, mungkin benar waktu dan kegiatan Sobat terbagi dengan gadget, namun Sobat dapat menjangkau segalanya lebih luas dengan hadirnya media sosial. Kalau Sobat Hydro merasa lebih menyenangkan yang mana antara lebaran dulu dan sekarang?

Tapi tahukah Sobat, ada yang dapat Sobat tetap temukan di generasi lebaran dulu dan sekarang, kira-kira apa ya Sobat? Hydro Coco! Ya, karena Hydro Coco sudah menjadi minuman isotonic air kelapa asli yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya sejak tahun 2008 dan air kelapa merupakan salah satu minuman isotonic terbaik di dunia. Berdasar dari itu, pastinya Sobat akan tetap mempertahankan tradisi meminum Hydro Coco di waktu lebaran dan setiap harinya bersama keluarga kan?.

6 Tips Mengisi Waktu Saat Penerbangan Ditunda

Activities 16 September 2014

6 Tips Mengisi Waktu Saat Penerbangan Ditunda

Read More
Raih Mimpi Menjadi Pemain Futsal Profesional di HCNFT 2019!

Activities 28 June 2019

Raih Mimpi Menjadi Pemain Futsal Profesional di HCNFT 2019!

Read More