Benarkah Olahraga Yang Benar Harus Sampai Berkeringat?

Activities 26 May 2015

Oleh Admin

Benarkah Olahraga Yang Benar Harus Sampai Berkeringat?

Seringkali patokan atau acuan masyarakat ketika berolahraga adalah jumlah keringat yang dihasilkan. Tidak jarang setelah selesai berolahraga ada komentar seperti “Kok tidak berkeringat? Olahraga beneran?” atau justru “Wah pasti olahraganya serius ya, sampai berkeringat banyak”. Lalu apakah benar kalau kita berolahraga harus selalu berkeringat?

Pandangan masyarakat tersebut sebenarnya kurang tepat. Patokan berat ringannya suatu aktivitas atau suatu olahraga bukanlah dari jumlah keringat yang dikeluarkan, akan tetapi dari intensitas aktivitas tersebut. Intensitas aktivitas ini dapat dinilai melalui beberapa cara, yaitu dengan mengukur denyut nadi atau denyut jantung, dengan menggunakan skala persepsi atau tes bicara/talk test.

Mengetahui intensitas olahraga yang tepat bagi Sobat Hydro sangatlah penting, karena hal ini dapat membuat Sobat Hydro terhindar dari olahraga yang terlampau berat dan juga menjaga supaya Sobat Hydro tidak melakukan olahraga yang terlalu ringan sehingga tidak ada manfaat kesehatan yang diperoleh.

Untuk masyarakat umum yang tidak memiliki gangguan kesehatan atau penyakit khusus, rentang intensitas olahraga yang direkomendasikan adalah 50-85% dari denyut jantung maksimal Sobat Hydro. Rentang ini menandakan bahwa aktivitas atau olahraga yang Sobat Hydro lakukan berada di intensitas sedang.

Lalu bagaimana mengukur Sobat Hydro sudah berolahraga yang benar atau belum?
Berikut penjelasannya:


Cara Mengukur Intensitas Olahraga

Olahraga pada intensitas sedang telah terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan dan risiko kesehatan yang relatif kecil bagi orang-orang pada umumnya. Untuk menghitung rentang denyut jantung tersebut, berikut langkah-langkah diperlukan:

Hitung denyut nadi maksimal Sobat Hydro dengan rumus 220-usia. Misalkan apabila Sobat Hydro berusia 30 tahun, maka denyut nadi maksimal Sobat Hydro adalah 220-30=190 kali per menit.

Angka yang Sobat Hydro dapat di langkah no.1, kalikan dengan 50% dan 85%. Mengikuti contoh di atas, apabila usia Anda 30 tahun maka batas bawah denyut nadi Anda adalah 190×50%=95 kali per menit. Sedangkan batas atasnya adalah 190×85%=162 kali per menit. Jadi, rentang target denyut nadi Sobat Hydro saat berolahraga adalah 95-162 kali per menit.

Sedangkan apabila menggunakan tes bicara, pastikan Sobat Hydro masih dapat mempertahankan pembicaraan atau mengatakan kalimat tanpa terengah-terengah saat berolahraga, akan tetapi sudah tidak dapat bernyanyi. Hal ini menandakan bahwa intensitas olahraga yang Sobat Hydro lakukan berada di intensitas sedang.

Selain itu, skala persepsi Borg dapat juga membantu Sobat Hydro menentukan intensitas olahraga yang Sobat Hydro lakukan. Pada skala Borg, nilailah tingkat kesukaran atau kesulitan yang Sobat Hydro alami ketika melakukan olahraga dalam skala 1-10. Pada skala Borg, olahraga Anda dikatakan intensitas sedang apabila Sobat Hydro menilai usaha berada di antara angka 3-4 dari skala 1-10.

 

Bagaimana cara menghitung denyut nadi? Berikut penjelasannya:
Cara Menghitung Denyut Nadi:

Denyut jantung Apabila Sobat Hydro menggunakan metode hitung denyut nadi, maka ada beberapa cara untuk mengecek denyut nadi Sobat Hydro.

Pertama, dengan menggunakan monitor denyut jantung. Saat ini, monitor denyut jantung atau monitor denyut nadi sudah banyak beredar di pasaran dan dapat di beli di toko alat kesehatan atau alat fitness.

Kedua, dengan menghitung sendiri denyut nadi. Langkah yang diperlukan untuk menghitung denyut nadi Sobat Hydro sendiri adalah:

Letakkan jari-jari Sobat Hydro di pergelangan tangan Sobat Hydro yang lainnya, contohnya letakkan jari tangan kanan Sobat Hydro di pergelangan tangan kiri Sobat Hydro. Posisikan jari-jari tersebut di sisi dalam pergelangan tangan Sobat Hydro, tepat di bawah pangkal jempol.

Gunakan ketiga ujung jari dan tekan dengan ringan ketiga jari tersebut (jari telunjuk hingga jari manis) untuk meraba dan mencari denyut nadi pada permukaan kulit pergelangan tangan Sobat Hydro. Setelah menemukan denyut nadi, hitunglah denyut tersebut selama 15 detik (gunakan jam tangan atau jam yang menggunakan jarum detik) lalu kalikan 4. Angka yang Sobat Hydro dapat adalah denyut nadi Anda selama 1 menit.

Awalnya mungkin akan terasa sulit, tetapi jangan berhenti berlatih. Lama-kelamaan Sobat Hydro akan lebih mudah menemukan denyut nadi Sobat Hydro dan makin mudah juga memonitor intensitas olahraga. Selamat mencoba dan selamat berolahraga!

 

 

(sumber: Ditulis oleh: dr. Sophia B. Hage Anggota Redaksi Medis Klikdokter.com)

JOMBLO? SANTAI ADA MANFAAT KETIKA JOMBLO

Activities Lifestyle 18 December 2017

JOMBLO? SANTAI ADA MANFAAT KETIKA JOMBLO

Read More
10 Hal Yang ‘Anak Jaman Sekarang’ Banget

Hydrococo Lifestyle 28 November 2016

10 Hal Yang ‘Anak Jaman Sekarang’ Banget

Read More