Berbagai Tradisi Lebaran Unik Di Indonesia

Hydro Coco's Articles 7 July 2015

Oleh Admin

Berbagai Tradisi Lebaran Unik Di Indonesia

Myhydrococo – Lebaran adalah waktu yang selalu dinanti dan disambut meriah di Indonesia. Namun, meskipun masih satu Negara, ternyata perayaan ini pun bisa berbeda-beda di setiap daerah. Seperti beberapa tradisi perayaan unik di berbagai daerah di Indonesia berikut ini.

Ronjok Sayak – Bengkulu

Tradisi Ronjok Sayak biasanya akan dilakukan warga Bengkulu pada malam takbiran. Warga akan berkumpul selepas salat isya lalu membakar susunan batok kelapa yang telah ditusuk seperti sate hingga menjulang tinggi.

Ronjok Sayak atau Bakar Gunung Api ini lahir dari kepercayaan warga Bengkulu bahwa api adalah media penghubung manusia dengan leluhur. Konon tradisi ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu oleh Suku Serawai.

Meugang – Nanggroe Aceh Darussalam

Masyarakat di Negeri Serambi Mekah biasa merayakan Lebaran dengan mengadakan sebuah tradisi yang identik dengan makan bersama yaitu, Meugang. Meugang adalah sebuah tradisi berupa membeli daging sapi atau kambing kemudian memasak dan menyantapnya bersama-sama keluarga atau bersama kaum dhuafa.

Tradisi ini juga dapat juga diawali dengan menyembelih sapi atau kambing yang dagingnya kemudian dikonsumsi bersama. Masyarakat Aceh biasanya akan berkumpul di masjid untuk memasak dan makan bersama. Tak hanya di kota-kota besar, masyarakat di kota kecil dan perkampungan juga turut melakukan tradisi yang sarat dengan nilai berbagi ini. Uniknya, tak hanya berlaku saat Idul Fitri, Meugang juga diadakan di bulan Ramadhan serta perayaan Idul Adha.

Festival Meriam Karbit – Pontianak

Masyarakat Pontianak biasa menggelar Festival Meriam Karbit, yaitu sebuah festival yang menyediakan ratusan meriam berbahan dasar bambu untuk disusun di sepanjang sungai Kapuas, kemudian diledakan secara bersama-sama. Tradisi ini lahir sebagai wujud mengenang pendiri Kota Pontianak yaitu Sultan Syarif Abdurahman Alkadri, dulu Sultan Syarif biasa menggunakan meriam untuk mengusir kuntilanak.

Unik sekali, bukan? Dan pasti masih banyak lagi tradisi unik lain untuk menyambut Hari Kemenangan di berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana dengan daerah asalmu?

Jangan lupa semarakkan Lebaranmu dengan kesegaran Hydro Coco.

Hydro Coco, Taste Good, Feel Good!

3 LANGKAH KEKINIAN MENYAMBUT BULAN PUASA DI KANTOR

Lifestyle 30 April 2019

3 LANGKAH KEKINIAN MENYAMBUT BULAN PUASA DI KANTOR

Read More
5 ROOFTOP KEREN DI JAKARTA

Activities Lifestyle 8 April 2016

5 ROOFTOP KEREN DI JAKARTA

Read More