BIAR NGGAK CEPAT LEMAS PAS PUASA, BEGINI CARANYA

Health Lifestyle 21 May 2017

Oleh Hydrococo

BIAR NGGAK CEPAT LEMAS PAS PUASA, BEGINI CARANYA

Bulan Puasa yang nggak lama lagi akan kita jumpa tentu menjadi sebuah bulan yang penuh dengan cerita, harapan, kebahagian, dan sebuah bulan yang dimanfaatkan untuk lebih mendalami bidang keagamaan, khususnya untuk Sobat Hydro yang muslim.

Kita sudah bukan anak kecil lagi, puasa bukan alasan untuk bermalasan atau menghentikan aktivitas sehari-hari. Meskipun kita tahu salah satu asalan kenapa orang merasa malas melakukan aktivitas siang hari saat puasa Ramadhan adalah karena tubuh merasa lemas.

Kalian semua perlu tahu Sobat Hydro, sahur merupakan salah satu penentu apakah kita merasa lemas atau nggak di siang hari saat puasa Ramadhan. Oleh karenanya, agar kamu tetap segar selama puasa, sahur yang benar sangat bermanfaat untuk kita sendiri.

Nah, Berikut ini adalah cara yang benar supaya kamu nggak merasa lemas saat puasa:

Niat
Iya dong, saat berpuasa pastikan kita niat terlebih dahulu kepada Yang Maha Kuasa dengan penuh keyakinan didalam hati serta yakin lah bahwa kita sanggup berpuasa. Ini penting, sesungguhnya semakin kuat niat maka akan semakin kokohnya seseorang dalam menggapai tujuannya tersebut, seperti berpuasa misalnya.

Makan dengan porsi normal

Jangan makan sahur dengan porsi yang lebih banyak dari porsi makan kamu biasanya makan. Karena jika lebih banyak itu justru akan membuat perut kamu kekenyangan dan merasa nggak nyaman. Selain itu, makanan yang masuk ke tubuh dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh kamu justru lebih cepat mengalami dehidrasi.

Makan makanan berkarbohidrat kompleks

Saat sahur, kamu harus perbanyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Oleh tubuh, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan, dengan demikian perut kamu pun akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga bisa mencegah dehidrasi karena fungsinya yang mampu membantu tubuh menyerap air lebih efisien.

Minum cukup air putih

Banyak-banyaklah minum air putih. Daripada teh atau minuman manis lainnya, air putih jauh lebih baik. Meski minuman manis lebih cepat menghasilkan tambahan energi, namun energi yang dihasilkan juga lebih cepat hilang sehingga tubuh kamu akan lebih mudah menjadi lemas.

Minum-minuman manis itu lebih disarankan untuk dikonsumsi ketika buka puasa, karena untuk menggantikan energi yang hilang dalam waktu yang cepat.

Kurangi berbicara yang tidak penting

Bukan berarti nggak boleh berbicara, akan tetapi pahamilah apa arti berpuasa yang sesungguhnya bahwa menahan diri dari segala sesuatu termasuk berbicara yang nggak penting apalagi sampai mengumpat orang lain yang dapat membatalkan ibadah puasa. Selain itu hal ini juga dapat bermanfaat untuk menghemat energi tubuh saat berpuasa.

Jangan tidur berlebihan

Meskipun tidur itu penting terutama di bulan ramadhan untuk menjaga stamina tubuh, namun perlu diketahui bahwa tidur terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi lebih cepat karena sel-sel generasi penyembuhan dalam tubuh terutama kulit terjadi saat kita tidur, hal ini membutuhkan cairan untuk meregenerasi kulit atau sel-sel tubuh.

COBA LAKUKAN HAL BERIKUT SUPAYA KAMU JAGO MAIN FUTSAL

Activities Health Hydrococo Lifestyle 14 July 2017

COBA LAKUKAN HAL BERIKUT SUPAYA KAMU JAGO MAIN FUTSAL

Read More
INILAH SEBAB KENAPA BANYAK ORANG PEGAL SAAT BANGUN TIDUR

Activities Health Hydrococo 28 July 2017

INILAH SEBAB KENAPA BANYAK ORANG PEGAL SAAT BANGUN TIDUR

Read More