Oleh Hydrococo

BULAN PUASA MALAH BIKIN BERAT BADAN KAMU NAIK, INI PENYEBABNYA

Bulan puasa disebut sebagai bulan yang baik untuk beramal dan melakukan ibadah. Orang tua kita menyebutnya bulan yang penuh hikmah. Karena banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik dari Bulan Ramadhan ini.

Selain yang disebut diatas, rasanya bulan yang pas dijadikan sarana untuk diet yaitu bulan puasa yang sedang kita jalani ini. Berpuasa sebulan penuh dan makan hanya malam dan subuh bisa menjadi “alat” yang pas untuk diet dan membentuk tubuh yang kita inginkan.

Namun sebagian orang nggak mendapat bonus berat badan susut selama berpuasa.  Sebaliknya, selama menahan haus dan lapar, bobot tubuh mereka malah melonjak lalu turun sedikit, kemudian naik lagi, seperti yoyo. Kenapa tubuh malah nggak keruan atau berat badan justru naik ketika berpuasa? Dikutip Hydro Coco dari Khaleejtimes, inilah beberapa penyebab kenapa berat badan kamu malah naik ketika bulan puasa.

1 Makan berlebihan saat berbuka

Setelah tiga belasan jam berpuasa, biasanya seseorang nggak dapat menahan godaan untuk melahap segala makanan yang ada di hadapan setelah waktu buka tiba. Imbasnya berat badan justru bertambah.

Siapa yang nggak tergoda untuk mencicipi es buah atau sop buah saat buka. Ditambah pula minuman yang manis-manis penuh gula. Belum lagi bila kamu langsung makan makanan berat ketika buka puasa.

Untuk menghindari itu, ketika maghrib tiba, batalkan puasa dengan porsi secukupnya.

2 Makan terburu-buru

setelah kamu berbuka puasa lalu dilanjutkan salat Maghrib, kemudian waktu Isya datang. Nah, Tempo yang sempit ini membuat kita makan terburu-buru sehingga orang cendrung nggak mengunyah dengan sempurna.

Lalu apa hubungannya makan dengan terburu-buru dengan kegemukan? Nah kamu harus tahu sobat Hydro, mengunyah makanan dengan lambat dapat membantu mengontrol berat badan. Makan dengan pelan akan memberi waktu bagi hormon tertentu untuk mengirim sinyal kenyang ke otak. Jika kamu makan dengan cepat dan terburu-buru, maka otot perut akan dipaksa untuk meregang lebih besar. Kebiasaan buruk ini dapat memicu kegemukan.

3 Bukalah puasa dengan air kelapa

Makanan yang mengandung karbohidrat serta kadar gula dan garam tinggi kerap menjadi pilihan pertama kita saat berbuka puasa, betul kan?!

Sekedar saran saja, untuk kamu semua yang ingin menjaga berat badan, ketika membatalkan puasa lebih baik minumlah air kelapa untuk melepaskan dahaga kamu, karena air kelapa mengandung jumlah serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi air kelapa secara teratur akan membantu mengeliminasi asam lambung.

Karena air kelapa rendah lemak, kamu bisa meminumnya dalam jumlah banyak. Air kelapa akan mengurangi nafsu makan kamu karena setelah meminumnya kamu akan merasa kenyang, jadi secara nggak langsung membantu penurunan berat badan.

4 Mager atau Malas bergerak

Ini sih yang paling terasa oleh kita semua. Ya, Puasa menjadi alasan orang untuk malas bergerak. Padahal, aktivitas fisik akan membantu membakar kalori. Makanya disebutkan bahwa ada baiknya olahraga tetap dilakukan, dan sebaiknya satu atau dua jam sebelum buka puasa.

5 Makan terus-menerus

Yang terahir adalah karena makan terus menerus saat berbuka atau setelah Tarawih. Yang mana akan membuat tubuh kelelahan karena kekenyangan. Jadi, makan ketika buka puasa lalu dilanjut lagi makan setelah tarawih, lalu makan lagi sebelum tidur saat malam hari dan makan saat sahur itu yang membuat berat badan kita menjadi cepat naik. Sebaiknya batasi makannya hanya saat buka dan sahur saja.

Nah, itulah kira-kira penyebab kenapa berat badan kamu justru naik saat bulan puasa. Hati-hati ya Sobat Hydro kalau kamu nggak mau kelihatan gemuk saat Idul Fitri, hehehe.

Sederet Hobi yang Mendatangkan Uang

Activities Hydrococo Lifestyle 14 March 2016

Sederet Hobi yang Mendatangkan Uang

Read More