Oleh Admin

CARA AGAR TETAP EFEKTIF BEKERJA SAAT BERPUASA

Sobat Hydro! Merupakan hal yang wajar bila saat kita berpuasa tubuh merasa lemas dan tidak bersemangat. Namun apakah hal tersebut harus menghambat aktivitas kita sehari-hari Sobat? Sejumlah penelitian menyebutkan aktivitas saat berpuasa berpengaruh baik untuk tubuh. Kok bisa ya Sobat?

 

Menurut buku ‘Terapi Puasa’ dr. Abdul Jawwad Ash-Shawi, literatur kedokteran menjelaskan bahwa gerakan otot pada fase pasca-penyerapan makanan bisa mengoksidasi sekumpulan khusus mata rantai bercabang asam amino, seperti liosin, esoliosin dan palin. Dengan kata lain, produksi glukosa baru akan meningkat saat peningkatan gerakan otot, ini bisa tiga kali lipat dari saat berdiam diri saja. Disamping itu, masih ada beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk tetap beraktifitas selama berpuasa, diantaranya :

 

Kegiatan perusahaan harus tetep berjalan

Apa karena karyawannya sedang berpuasa berarti perusahaan akan menghentikan kegiatannya selama sebulan penuh? Tentu tidak. Dalam lingkup bisnis apapun, tentu operasional perusahaan harus tetap berjalan maksimal demi mencapai target. Sobat Hydro pun tentu tidak ingin nihil penghasilan selama Bulan Ramadhan karena tidak bekerja kan. Apalagi kebutuhan menjelang hari raya akan meningkat. Jadi tetap bekerja maksimal meski sedang berpuasa ya Sobat.

 

Sebagai lahan ibadah di Bulan Ramadhan

Allah Swt. mencintai hamba-Nya yang bekerja keras dengan syarat tetap menjalankan kewajibannya sebagai umat muslim. Dengan kita tetap menjalankan aktivitas selama berpuasa, tentu ini sudah mewakili dari syarat dari cinta-Nya kepada kita bukan? Selain itu dengan kita beraktivitas, kita akan tetap menjaga silaturahmi dengan kerabat dan sebagai kesempatan kita untuk beramal kebaikan.

Tubuh memerlukan keseimbangan

Seperti yang sudah diterangkan dalam paragraf sebelumnya, tubuh memerlukan gerakan otot saat berpuasa agar produksi glukosa baru akan meningkat 3 kali lilpat dibanding dengan berdiam diri. Tentu Sobat Hydro ingin tetap sehat untuk dapat menikmati santapan berbuka dan sahur yang enak kan?.

 

Lalu apa sih kiat-kiat untuk tetap mejaga kestabilan tubuh agar tetap sehat beraktivitas saat sedang berpuasa? Berikut ini merupakan tips untuk dapat merealisasikan hal tersebut ;

Jangan lewatkan sahur

Sahur merupakan hal yang paling sederhana agar kita dapat menjaga kondisi tubuh selama hampir 14 jam berpuasa. Namun Sobat harus memperhatikan juga asupan nutrisi, karbohidrat, serat dan protein dalam menu sahur.

Penuhi kebutuhan cairan

Seperti kita ketahui bersama, sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat berpuasa. Mengutip dari pernyataan WHO, komposisi air kelapa serupa dengan cairan tubuh manusia sehingga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena berpuasa dengan alami & cepat.

Makan secukupnya

Sudah kita bahas dalam artikel sebelumnya untuk dapat menjaga porsi dan asupan yang diperlukan tubuh selama kita berpuasa. Makan berlebihan saat sahur dan khususnya saat berbuka akan memberikan dampak buruk bagi lambung dan saat itu terjadi, tentu Sobat tidak akan maksimal untuk menjalan ibadah puasa.

Bekerja efektif

Pekerjaan tidak akan berkurang saat kita berpuasa, bahkan mungkin kita harus bisa kerja ekstra mengingat akan ada libur panjang atau cuti hari raya. Untuk dapat menjalankan liburan berkumpul dengan keluarga lebih tenang, tentu pekerjaan harus sudah diselesaikan sebelum hari itu tiba. Maka dari itu maksimalkan waktu bekerja sebaik mungkin, hindari membuang waktu. Sobat dapat juga melakukan break selama 10 menit dalam 2 jam sekali agar tetap menjaga konsentrasi saat berpuasa.

Olahraga Ringan

Berpuasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga ya Sobat, mengingat manfaatnya yang sangat penting bagi tubuh, yaitu menjaga tubuh tetap fit, menjaga fungsi  sistem-sistem tubuh bekerja dengan optimal serta mempertahankan laju metabolisme tubuh. Namun jangan berlebihan ya Sobat, karena segala hal yang berlebihan itu tidak akan berdampak baik untuk tubuh, sekalipun itu berolahraga. Sobat dapat melakukan olahraga ringan seperti, jogging, jumping jack dan squat. Agar tidak terlalu berat, lakukanlah olahraga sebelum waktu berbuka agar glikogen yang dibakar dapat segera diganti.

Tidur yang cukup

Ini merupakan hal yang penting Sobat. Memang waktu tidur kita akan sedikit terganggu dengan melakukan sahur. Maka dari itu, usahakan tidur lebih cepat dari biasanya, misal setelah shalat tarawih hindari melakukan kegiatan tidak penting yang akan mengakibatkan Sobat begadang.

 

Sudah sangat jelas ya Sobat penjelasan mengenai pentingnya tetap beraktivitas dan bagaimana untuk tetap menjaga tubuh kita tetap fit saat berpuasa. Jadi jangan lagi beralasan untuk tidak melakukan aktivitas selama menjalankan ibadah puasa ya Sobat. Yuk! Kita tetap maksimalkan kegiatan kita di sisa Bulan Ramadhan ini.

Apakah Air Kelapa Bergizi?

Health Hydrococo 6 June 2015

Apakah Air Kelapa Bergizi?

Read More
PENGEN BIKIN VLOG YANG KEKINIAN? INI DIA JURUS JITUNYA!

Health 25 November 2016

PENGEN BIKIN VLOG YANG KEKINIAN? INI DIA JURUS JITUNYA!

Read More