CARA BIKIN FOTO YANG KEREN DARI KAMERA PONSEL

Hydrococo Lifestyle 9 March 2017

Oleh Hydrococo

CARA BIKIN FOTO YANG KEREN DARI KAMERA PONSEL

Hari gini kayanya sudah banyak banget foto – foto yang keren bertebaran di Instagram. Suka ada pertanyaan dalam diri kita sendiri, bagaimana caranya ngedapetin foto yang keren seperti itu? Kalau pakai DSLR sih nggak usah diomongin, semua juga tahu betapa bagusnya hasil foto kamera DSLR. Nah kalau untuk anak kuliahan atau anak sekolah yang uang jajan malem mingguan aja pas – pasan gimana? Masa iya harus berantem dulu sama mama papa buat beli kamera DSLR? Belum lagi untuk anak muda kekinian yang doyan banget traveling ke tempat – tempat yang mempunyai spot keren buat foto. Ada nggak sih cara ngakalinnya biar hasil foto dari ponsel sama keren atau minimal miriplah sama hasil dari kamera DSLR. Yaa, jelas ada. Tiap masalah itu selalu ada solusinya kalau mau mikir lebih. Nah, coba deh ikutin cara – cara berikut untuk bikin foto yang keren dari kamera ponsel.

 

Pertama – tama, hapalin semua  pengaturan pada ponsel kamu dan semua fitur – fiturnya. Kamera pada banyak ponsel saat ini umumnya telah memiliki resolusi diatas 5-Megapiksel, jadi kalau kamu punya ponsel begini kamu sudah bisa mendapatkan gambar yang cukup baik. Jikalau kamu pengen gambar berkualitas tinggi, Aturlah kamera ponsel kamu agar bekerja pada aturan terbaiknya seperti resolusi tertinggi, White balance yang oke dan ya banyak lagi. Pokoknya setiap ponsel memiliki kemampuan yang berbeda-beda jadi plis kenalilah dengan baik kalau mau dapet hasil terbaik.

Yang kedua, coba hindari pakai Flash light dan gunakan cahaya alami matahari. Cahaya Flash yang bersumber dari arah yang menempel pada bodi ponsel akan membuat gambar alam liar terlihat flat atau datar, jadi sebaiknya atur ponselmu agar tidak menggunakan cahaya flash. Matahari adalah objek utama yang indah untuk difoto pada alam liar, carilah sudut pengambilan gambar untuk mengambil objek matahari sekaligus memberi pencahayaan yang luar biasa pada hasil fotomu.

Ketiga, hindari zooming. Zooming dengan kamera SLR dan lensa tele akan membuat efek yang blur yang sangat menarik, tetapi tidak dengan kamera ponsel. Zooming akan membuat gambarmu menjadi terlihat pecah dan banyak noise. Jadi haram hukumnya memakai zoom bila ingin memotret dengan kualitas profesional melalui ponsel.

Yang keempat, Shoot first. Effect later. Ambil dulu fotonya, diefek belakangan. Beberapa aplikasi banyak dibuat untuk langsung memperlihatkan efeknya saat kamu mengambil gambar dengan ponsel, hal bukanlah tidak boleh, tetapi akan lebih bagus bila kamu memberi efek pada gambar yang masih mentah, karena dengan gambar yang masih mentah kamu akan lebih bebas dan lebih banyak efek yang dapat kamu pilih yang paling cocok dengan hasil jepretanmu.

Dan yang terakhir.. Kadang kita terlupa hal sederhana ini, yaitu adalah mengapa gambar dari foto kamera kita tidak sebagus saat baru beli? Jwabannya sederhana, kaca penutup lensanya kotor, lihat dan bersihkanlah. Maka kamu siap menjepret lebih banyak gambar yang jernih. Mudah kan?!

Menikmati Fast Food Ala Korea

Activities Lifestyle 25 February 2016

Menikmati Fast Food Ala Korea

Read More
Yuk, Cobain Diet Air Kelapa!

Health Hydrococo Lifestyle 18 February 2016

Yuk, Cobain Diet Air Kelapa!

Read More