CIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA YANG RAMAH LINGKUNGAN! INI CARANYA

Activities 23 February 2020

Oleh Admin

CIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA YANG RAMAH LINGKUNGAN! INI CARANYA

Sebelumnya kita sudah membahas masalah lingkungan hidup yang kita alami saat ini. Kali ini, mari kita bertindak Sobat Hydro! Di era globalisasi, lingkungan hidup yang sehat seringkali menjadi korbannya. Dengan berkembangnya teknologi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebanyakan manusia seakan lupa terhadap pelestarian lingkungan hidup selama ini. Dengan kata lain, kesadaran akan lingkungan hidup menjadi berkurang. Tapi beruntung ada sebagian orang yang sadar akan hal tersebut. Sehingga gerakan-gerakan untuk mengubah gaya hidup yang peduli akan lingkungan semakin banyak. Dengan begitu, mereka merasa semua permasalahan lingkungan hidup ini dapat diperbaiki.

Memang benar Sobat. Tidak ada yang tidak mungkin untuk membuat segalanya menjadi lebih baik. Caranya pun tidak sulit, bisa dimulai dari hal-hal terkecil. Dalam keseharian kita masing-masing misalnya. Mengingat padatnya aktivitas Sobat Hydro dalam bekerja dalam kesehariannya, maka bisa dimulai dari situ. Kita ambil contoh yang lebih objektif adalah tempat kerja atau kantor Sobat. Sobat bisa mulai untuk peduli akan lingkungan dengan menciptakan suasana kantor yang ramah lingkungan. Bagaimana caranya? Mari kita simak ulasannya.

  1. Budayakan Paper-Less
    Dalam hal ini, Sobat perlu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi. Di zaman serba digital seperti sekarang Sobat dapat memanfaatkan fasilitas penyimpanan data dalam jumlah yang besar seperti Cloud, Drive dan We Transfer. Karena itu dapat meminimalisir penggunaan kertas dengan menggunakan seperlunya saja, kecuali untuk kondisi-kondisi penting misalnya seperti surat kontrak pekerjaan atau kerjasama dengan klien yang membutuhkan tanda tangan dan materai. Sementara untuk kertas yang sudah tidak terpakai, jangan langsung dibuang, kertas belakang yang kosong masih bisa digunakan lagi untuk sekedar corat-coret notes pekerjaan. Jadi gak boros kertas jadi bisa lebih hemat juga kan Sobat?
  2. Hemat Listrik
    Listrik adalah konversi energi dari energi lain yang seringkali melibatkan eksploitasi sumber daya alam lainnya. Dengan menghemat listrik, berarti Sobat ikut memberi perhatian pada lingkungan, meskipun tak melakukannya secara langsung. Matikan AC dan penerangan ruangan jika tidak dipergunakan. Cabut steker perangkat elektronik saat Sobat meninggalkan kantor. Beberapa printer yang menggunakan toner masih bisa menguapkan bubuk toner jika masih tersambung aliran listrik. Uap toner ini ikut jadi pencemar udara yang Sobat hirup. Jadi jangan langsung buru-buru pulang ya Sobat.
  3. Gunakan Kain Serat Mikro
    Seringkali reaksi pertama yang dilakukan saat membersihkan debu atau tumpahan apapun di lantai atau meja kerja adalah mengambil tisu lalu membersihkannya dan setelah dipakai akan langsung dibuang. Jika Sobat ingin mengurangi penggunaan tisu, ternyata masih ada alternatif yang lebih murah dan ramah lingkungan yaitu menggunakan kain pembersih microfiber dan segera cuci setelah penggunaannya karena dapat digunakan secara berulang-ulang. Jadi gak perlu lagi beli tisu terus kan Sobat.
  4. Kurangi Sampah Kemasan dan Plastik
    Di waktu istirahat, ada beberapa orang yang malas keluar kemudian memesan makanan yang dibungkus. Belum lagi untuk yang suka ngemil. Bisa dibayangkan kan Sobat berapa banyak sampah pembungkus yang terbuang? Tidak heran pembungkus makanan merupakan penyumbang sampah terbesar di dunia. Untuk mengantisipasinya, mulai lah untuk membawa bekal dari rumah menggunakan kotak bekal. Atau sempatkan untuk makan langsung di lokasi. Selain bersosialisasi dengan teman, sedikit bergerak dari ruangan ke tempat makan akan membuat tubuh Sobat aktif dan bugar. Bonusnya, Sobat bisa sekalian cuci mata, barangkali ada karyawan dari kantor sebelah yang bisa dijadikan calon istri.
  5. Hiasi Kantor Dengan Tanaman
    Sobat bisa lihat gambar wanita dalam visual di artikel ini bukan? Senyum manisnya menggambarkan dia nyaman saat bekerja karena interior dan meja kerjanya dihiasi tanaman. Ini tidak berlebihan lho Sobat. Karena kehadiran tanaman di sekitar meja kerja Sobat bisa membuat mood lebih baik. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak merepotkan. Misalnya, tanaman succulent yang tengah digandrungi saat ini. Hadirnya tanaman juga akan memperindah kantor secara estetika dan oksigen yang dihasilkan tanaman dapat mengurangi emisi karbon. Jadi Sobat bisa merasa tetap segar saat atasan sedang marah-marah sekalipun.
  6. Reward Karyawan
    Untuk Sobat yang sudah memiliki posisi tinggi di kantor, tidak ada salahnya memberikan apresiasi untuk karyawan yang sudah menerapkan ruangan atau meja kerja yang ramah lingkungan. Karena hal itu juga bisa mempercantik kantor Sobat. Untuk Sobat yang masih dalam tahap menuju tingkat tertinggi di kantor, Sobat bisa usulkan kepada atasan atau perusahaan untuk menerapkan semacam kompetisi seperti ini. Bisa jadi dengan ide tersebut Sobat diberi promosi kenaikan jabatan bukan? Atau lingkungan kerja jadi semakin seru karena sesama rekan karyawan akan berlomba-lomba untuk mempercantik meja kerjanya.
LAKUKAN TIPS BERIKUT KALAU INGIN JANTUNG SEHAT

Health 9 December 2019

LAKUKAN TIPS BERIKUT KALAU INGIN JANTUNG SEHAT

Read More
4 Tempat Kuliner Sate Taichan di Jakarta

Activities Lifestyle 14 January 2016

4 Tempat Kuliner Sate Taichan di Jakarta

Read More