DAERAH DI INDONESIA YANG MELARANG MERAYAKAN HARI VALENTINE. KENAPA YA?

Lifestyle Traveling 6 February 2020

Oleh Admin

DAERAH DI INDONESIA YANG MELARANG MERAYAKAN HARI VALENTINE. KENAPA YA?

Lagi-lagi masih membahas terkait Valentine Day’s Sobat Hydro. Bagaimana tidak, saat mengingat bulan Februari, maka kebanyakan orang akan mengingat peringatan yang terjadi pada tanggal 14 ini. Selain itu, hampir seluruh penjuru dunia merayakannya sebagai moment mengungkapkan perasaannya terhadap pasangan. Tapi bukan berarti seluruh dunia ya merayakannya Sobat. Ada beberapa negara yang melarang perayaan hari kasih sayang ini. Diantaranya ada Iran, Arab Saudi, Rusia, beberapa sekolah di Florida, Malaysia dan bahkan di Indonesia. Wah ternyata Indonesia juga termasuk dalam negara yang melarang perayaan Hari Valentine ya Sobat.

Mengerucut ke negeri kita tercinta ini, Indonesia. Secara luas memang tidak ada larangan khusus yang dikumandangkan oleh pemerintah, larangan ini datang dari ulama muslim yang memang notabene Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Jadi tidak heran rata-rata daerah melarang perayaan hari kasih sayang ini. Hal tersebut karena alasan yang berkaitan dengan budaya di setiap daerahnya. Selain itu, perayaan hari kasih sayang ini rata-rata dilakukan oleh muda-mudi yang masih duduk di bangku sekolah. Jadi memang masuk akal sih ya Sobat kalau beberapa daerah melarang perayaan ini. Tapi apa Sobat tahu daerah mana saja yang secara resmi melarang perayaan Valentine Day’s? Yuk kita simak ulasannya.

  1. Kalimantan Tengah
    Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran mengimbau para pelajar tidak merayakan Hari Kasih Sayang atau yang dikenal dengan Valentine Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari dalam Surat Edaran-nya yang ditujukan kepada kepala sekolah SMA, SMP, dan sederajatnya. Isinya antara lain meminta agar para guru untuk memberikan pemahaman kepada siswa bahwa Hari Kasih Sayang atau Valentine Day itu tidak sesuai dengan karakter budaya bangsa Indonesia. Selain itu, Valentine Day dianggap budaya Barat yang tidak sesuai dengan pendidikan berkarakter.
  2. Aceh
    Pernyataan yang sama juga dengan tegas dilontarkan oleh Gubernur Aceh di depan Istana Wakil Presiden di Jakarta saat diwawancarai sejumlah wartawan. Alasannya karena Valentine Day’s tidak sesuai dengan budaya dan bertentangan dengan syariat Islam.
  3. Bogor
    Di Bogor, surat edaran terbit dari Dinas Pendidikan Kota Bogor kepada seluruh kepala sekolah di Kota itu yang berisi larangan untuk merayakan Valentine. Imbauan ini diterbitkan dalam rangka mencegah terjadinya penyimpangan perilaku pelajar yang melanggar norma-norma agama dan sosial. Disamping itu bertujuan untuk melindungi peserta didik dari bahaya penyalahgunaan narkoba serta pergaulan bebas.
  4. Bondowoso
    Setali tiga uang dengan Disdik Kota Bogor, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur pun menerbitkan surat edaran yang serupa. Melalui Kepala Dinas nya, perayaan Hari Valentine cenderung mengarah ke hal-hal negatif yang tidak sesuai dengan norma agama dan merupakan budaya ketimuran. Maka dari itu Pemerintahan Bondowoso merasa perlu membentengi generasi pelajar untuk tidak ikut-ikutan merayakannya.
  5. Mataram
    Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pun menganggap perayaan Hari Kasih Sayang bukan merupakan kebudayaan bangsa yang harus dilestarikan. Maka dari itu himbauan untuk tidak merayakan Valentine Day’s juga turut digalakkan.

Sebenarnya masih banyak ya Sobat daerah di Indonesia yang melarang perayaan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day’s yang tidak bisa disebutkan satu per satu dalam artikel kali ini. Lima kota tersebut rasanya sudah dapat mewakili negara Indonesia untuk melarang Perayaan Hari Valentine. Tapi bukan berarti Sobat tidak dapat memberikan hadiah istimewa untuk pasangan kok. Sobat bisa memberikan Hydro Coco kepada pasangan kapanpun Sobat mau, terlepas dari perayaan Hari Kasih Sayang. Karena tentu untuk Sobat Hydro setiap hari merupakan hari kasih sayang yang bisa Sobat ungkapkan untuk pasangan, kerabat dan keluarga. Seperti Hydro Coco yang selalu menunjukkan rasa kasihnya untuk Sobat karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Sobat.

Raih Mimpi Menjadi Pemain Futsal Profesional di HCNFT 2019!

Activities 28 June 2019

Raih Mimpi Menjadi Pemain Futsal Profesional di HCNFT 2019!

Read More
TIPS UNTUK KAMU YANG BARU MAIN FUTSAL BIAR CEPAT MENGUASAI

Activities Health Hydrococo Lifestyle 21 August 2018

TIPS UNTUK KAMU YANG BARU MAIN FUTSAL BIAR CEPAT MENGUASAI

Read More