DALAM DUNIA FUTSAL ADA YANG NAMANYA TIME KEEPER. SIAPA MEREKA, SIMAK YANG INI YA

Activities Health Lifestyle 9 August 2018

Oleh Admin

DALAM DUNIA FUTSAL ADA YANG NAMANYA TIME KEEPER. SIAPA MEREKA, SIMAK YANG INI YA

Kamu suka lihat pertandingan olahraga Sobat Hydro? Pasti pernah yaa.. entah itu pertandingan sepak bola, voli, bulu tangkis atau apapun itu.

Olahraga yang adil itu adalah olahraga yang bisa dipimpin oleh seseorang yang mempunyai kemampuan mengawasi jalannya pertandingan secara teliti melalui wewenang dan tanggung jawab yang diembankan kepadanya. Dan yang kita maksud kita disini adalah wasit.

Kita sebagai penonton juga pasti senang dan menikmati pertandingan tersebut kalau wasitnya terlihat bijak dan fair, betul kan?

Yang paling nyebelin adalah ketika kita menonton sebuah pertandingan, atau kita sedang menghadapi pertandingan dengan teman satu tim, lalu wasitnya nggak bisa memberikan keputusan-keputusan yang baik bagi kedua belah pihak. Alhasil, sudah barang tentu makian dan cacian keluar dari kita semua. Oleh karena itu, Wasit jelas merupakan sosok yang memegang peranan vital sepanjang jalannya pertandingan.

Biarpun futsal adalah akar dari cabang sepakbola, futsal memiliki beberapa perbedaan signifikan lho jika dibandingkan dengan sepakbola. Dari mulai lapangan yang digunakan, tata cara permainan hingga sosok wasit. Dalam permainan futsal, wasit memegang peran penting sama seperti pada sepakbola konvensional.

Dalam sepakbola, suatu pertandingan biasanya dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu oleh tiga assisten wasit (dua hakim garis, satu wasit pergantian pemain). Begitu juga dalam futsal, keempat elemen pengadil di lapangan tersebut juga digunakan dalam suatu pertandingan. Hanya saja, sepakbola nggak memiliki ‘Time Keeper’ seperti hal nya futsal.

Biasanya wasit dalam pertandingan sepakbola memberikan waktu tambahan usai waku normal selesai. Tambahan waktu atau biasa kita kenal sebagai injury time diberikan wasit dengan tujuan untuk mengkompensasi waktu yang terbuang akibat terhentinya pertandingan sesaat. Waktu tambahan biasanya diberikan sekitar 1-4 menit pada setiap pertandingan.

Ada beberapa contoh insiden yang kerap melibatkan wasit dalam suatu pertandingan dalam hal injury time ini. Pernah dalam suatu pertandingan, wasit memberikan injury time yang nggak wajar. Padahal ini merupakan laga penentuan (saat itu kedudukan 1-1, tim A berpeluang menang jika ada babak tambahan), namun wasit memberikan injury time hingga 12 menit pada saat itu. Akhirnya tim B berhasil mencetak gol kemenangan. Disini dapat kita lihat betapa keputusan wasit sangat krusial dalam suatu pertandingan.

Dalam olahraga futsal, digunakanlah seorang Time Keeper yang bertugas khusus untuk masalah durasi pertandingan. Time keeper menghentikan waktu saat wasit utama menghentikan (bola keluar,pelanggaran,gol,dll). Secara sistemik sebenarnya keberadaan seorang time keeper dalam sebuah pertandingan sangatlah berguna.

Nah, itulah sosok time keeper di dalam dunia futsal yang harus kamu ketahui. Memang berbeda dari pertandingan sepak bola pada umumnya. Yang jelas disetiap kebijakan itu sudah pasti ada hal yang diuntungkan, dan ada juga yang nggak. Tergantung dari sisi mana kita menilai.

Tips Pola Hidup Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Activities Health Lifestyle 27 October 2014

Tips Pola Hidup Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Read More
INI ADALAH WAKTU YANG COCOK BEROLAHRAGA SAAT PUASA

Activities Health Lifestyle 19 May 2017

INI ADALAH WAKTU YANG COCOK BEROLAHRAGA SAAT PUASA

Read More