FAKTA UNIK TURNAMEN SEPAK BOLA EMPAT TAHUNAN

Activities Hydrococo 28 June 2018

Oleh Admin

FAKTA UNIK TURNAMEN SEPAK BOLA EMPAT TAHUNAN

Lapangan hijau, penonton yang membanjiri jalanan dan stadion, manusia-manusia yang memancarkan muka ceria disertai dandanan unik dan nyeleneh, serta para manusia berseragam kostum negara dengan nomor punggung kebanggaan-nya.

Ya, gelaran akbar ke 21 sepak bola 4 tahunan telah dimulai ditahun 2018 ini di negara beruang merah. Total 32 negara telah bersiap mengikuti laga tersebut. Nah buat kamu yang ingin menambah sedikit pengetahuan, inilah beberapa fakta unik seputaran piala turnamen sepak bola sedunia yang tercatat edisi perdananya digelar di Uruguay pada tahun 1930.

Hingga saat ini sejumlah fakta unik selama perhelatan turnamen sepak bola 4 tahunan sudah tercatat, yuk disimak!

Pertama,  Hanya 8 Negara Pemenang

Perlu diingat, hingga kini baru delapan negara yang merasakan gelar juara selama 20 edisi turnamen sepak bola 4 tahunan. Brasil (5 kali), Italia (4), Jerman (4), Argentina (2), Uruguay (2), Inggris, Prancis, dan Spanyol.

Kedua, Hanya 24 Negara Sampai Semifinal

Benar sekali, selama ini total sudah 76 negara yang berpartisipasi di turnamen sepak bola 4 tahunan ini. Namun, hanya 24 negara yang sukses mencapai babak semifinal.

Ketiga, Miroslav Klose Pecahkan Rekor Ronaldo

Rekor gol turnamen sepak bola 4 tahunan sebelum tahun 2014 dipegang oleh legenda Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima. Ronaldo dengan koleksi 15 gol dari tiga ajang turnamen sepak bola 4 tahunan yang diikutinya. Rekor Ronaldo akhirnya dilewati striker Jerman Miroslav Klose yang saat ini sudah mengumpulkan 16 gol.

Keempat, Rekor Just Fontaine Belum Terpecahkan

Rekor pencetak gol dalam satu edisi turnamen sepak bola 4 tahunan masih dipegang pemain Prancis, Just Fontaine. Dia menghasilkan 13 gol saat tampil di turnamen sepak bola 4 tahunan ini di tahun 1958.

Kelima, Pemain Paling Sering Tampil

Pemain yang paling sering bermain di turnamen sepak bola 4 tahunan ini masih dipegang Antonio Carbajal dari Meksiko (1950–1966) dan Lothar Matthaeus dari Jerman (1982–1998). Mereka telah bermain di lima edisi turnamen sepak bola 4 tahunan ini kawan-kawan. Namun Matthaeus menjadi pemain yang paling banyak bertanding, 25 pertandingan.

Keenam, Pele Paling Sering Angkat Trofi Piala

Pele menjadi satu-satunya pemain yang paling sering meraih Piala turnamen sepak bola 4 tahunan ini. Legenda hidup Brasil itu telah meraih tiga trofi yakni 1958, 1962, dan 1970.

Ketujuh, Roger Milla Tertua Cetak Gol

Roger Milla tercatat menjadi pemain tertua yang mampu mencetak gol di turnamen sepak bola 4 tahunan ini. Legenda Kamerun itu masih sanggup mencetak gol ke gawang Rusia di tahun 1994 saat sudah berusia 42 tahun. Rekor untuk umur ini disamai oleh pemain Kolombia Faryd Mondragon, yang di turnamen 2014 berusia 42 tahun, namun ia tidak mencetak gol.

Kedelapan, Rekor Kartu Kuning dan Merah Terbanyak Dalam Satu Pertandingan

Dalam pertandingan di tahun 2006, tercipta sejarah saat seorang wasit mengeluarkan 16 kartu kuning dan empat kartu merah. Rekor ‘gila’ itu tercipta di pertandingan Belanda kontra Portugal.

Kesembilan, Pelatih Tapi Juga Pemain

Mario Zagallo dari Brasil dan Franz Beckenbauer dari Jerman menjadi satu-satunya orang yang mampu meraih trofi bergengsi piala ini saat menjadi pemain dan pelatih. Zagallo meraih trofi ditahun 1958 dan 1962 saat masih menjadi pemain. Dia kembali meraih trofi itu saat melatih Brasil di tahun 1970. Sedangkan Beckenbauer meraih trofi pada tahun 1974 sebagai pemain dan ditahun 1990 saat melatih Jerman.

Terakhir, Negara Paling Sering Tampil Dalam Turnamen Sepak Bola 4 Tahunan Ini

Jerman menjadi tim yang paling sering bertanding di piala ini. Tim Panzer tersebut sudah bermain 100 kali di seluruh ajang turnamen sepak bola 4 tahunan ini. Namun, Brasil menjadi tim yang paling banyak mencetak gol, yakni 222 gol (hingga artikel ini dibuat).

Kira-kira seperti inilah beberapa fakta unik dari turnamen sepak bola yang diselenggarakan setiap 4 tahunan ini. Makanya nggak salah kalau turnamen ini ditunggu oleh banyak orang hampir diseluruh negara. Lagipula, masih ada banyak lagi fakta-fakta unik yang akan tercatat dalam sejarah dimasa depan, kita lihat saja nanti.

KEGIATAN  MENYENANGKAN INI SAMA EFEKTIFNYA SEPERTI OLAHRAGA

Activities Hydrococo Lifestyle 5 May 2017

KEGIATAN MENYENANGKAN INI SAMA EFEKTIFNYA SEPERTI OLAHRAGA

Read More
Kurang Tidur Menyebabkan Otak Menyusut Loh!

Health 28 October 2014

Kurang Tidur Menyebabkan Otak Menyusut Loh!

Read More