GA BISA BAGI WAKTU UNTUK TARAWIH,  INILAH CARA AGAR TAK BERDALIH

Activities Lifestyle 27 May 2019

Oleh Admin

GA BISA BAGI WAKTU UNTUK TARAWIH, INILAH CARA AGAR TAK BERDALIH

Sobat Hydro! Seperti kita ketahui, shalat tarawih merupakan sunnah yang hanya ada di Bulan Ramadhan dan tidak dapat diganti di bulan lainnya. Hal tersebut merupakan salahsatu keistimewaan dari shalat tarawih itu sendiri. Pengertian dari shalat tarawih adalah waktu sesaat untuk istirahat. Pengertian itu dikarenakan dahulu para sahabat r.a saat melaksanakan shalat tarawih memanjangkan berdiri, rukuk dan sujudnya sehingga setiap 4 rakaat sekali, mereka beristirahat, kemudian kembali melakukan 4 rakaat dan beristirahat kembali dan diakhiri dengan 3 rakaat shalat witir. Bila secara istilah shalat tarawih artinya Qiyam Ramadhan atau shalat di malam hari Ramadhan, karena shalat tarawih dilakukan setelah shalat isya. Namun apakah Sobat sudah tahu Rasulullah Saw. hanya pernah melakukan shalat tarawih 3 kali selama hidupnya, dikarenakan khawatir hal tersebut dianggap wajib oleh umatnya.

Karena shalat tarawih khusus dilakukan di Bulan Ramadhan, tentu memiliki keutamaannya
sendiri, seperti halnya sunnah atau ibadah lainnya di Bulan Ramadhan. Terdapat beberapa
hadits yang menjelaskan keutamaan shalat tarawih;

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di Bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Sudah sangat jelas makna yang terkandung di dalam hadits tersebut ya Sobat. Namun yang dimaksud pengampunan dosa ini ada perbedaan pendapat antara 2 ulama besar. Menurut Ibnul Mundzir, pengampunan dosa yang dimaksud untuk dosa besar dan kecil berdasar tekstual hadits. Namun menurut Imam An Nawawi pengampunan dosa hanya ditujukkan untuk dosa kecil saja. Intinya, bila kita melaksanakan shalat tarawih dengan ikhlas dan mengimani keutamaannya, maka kita diberi jaminan pengampunan dosa oleh Allah Swt. Hadits lain menyebutkan;

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. An Nasai’, Ibnu Majah, Ahmad dan Tirmidzi).

Bayangkan Sobat, shalat tarawih yang hanya kurang lebih 1 jam saja dianggap sudah diibaratkan shalat 1 malam penuh. Bila bukan shalat tarawih, apa mungkin kita semua bisa shalat semalam penuh tanpa henti? Tentu sangat berat ya Sobat.

Sebenarnya masih banyak Sobat hadits yang menerangkan keutamaan shalat tarawih, namun 2 hadits tersebut rasanya sudah cukup mewakili keutamaan dari shalat tarawih yang akan menjadikan kita semangat untuk menjalankannya.

Kemudian bagaimana untuk Sobat Hydro yang mempunyai jadwal bekerja penuh hingga seringkali pada jam shalawat tarawih masih bekerja atau masih di perjalanan pulang? Hal ini dapat disiasati. Sebenarnya Sobat dapat melakukan shalat tarawih sendiri di rumah atau bersama keluarga, namun terasa ada yang kurang rasanya bila shalat tarawih tidak berjamaah di mesjid/mushola. Salahsatu solusinya, mungkin Sobat dapat membuat jadwal berkala mingguan. Selain hari libur kerja, Sobat dapat memaksimalkan kerja di hari tertentu kemudian mengosongkan waktu kerja di hari setelahnya. Atur jadwal tersebut setiap 1 minggu, sehingga Sobat tetap dapat bekerja maksimal namun juga dapat meminimalisasi ketertinggalan shalat tarawih berjamaah.

Dalam jadwal berkala setiap 1 minggu itu, Sobat juga dapat membuat janji dengan sahabat agar semangat dalam melaksanakan shalat tarawinya. Setelah selesai shalat tarawih Sobat bisa sekalian berkumpul dengan sahabat sehingga silaturahmi pun tetap terjaga. Hal ini tentu akan membuat sahabatnya Sobat Hydro juga semangat bukan?

Mungkin Sobat pun merasa jenuh dengan suasana mesjid/mushola di dekat rumah Sobat. Itu merupakan hal yang wajar karena kegiatan ibadah kita diluar Bulan Ramadhan pun tentu akan dilakukan di mesjid/mushola yang terderkat dengan rumah. Nah, karena shalat tarawih ini merupakan shalat sunnah yang lumayan panjang, mungkin Sobat dapat berganti mesjid/mushola di sekitaran lingkungan rumah Sobat agar tidak jenuh. Shalat tarawih sendiri tidak semua sama di setiap mesjid/mushola, hal ini dikarenakan perbedaan madzhab atau dalil dari yang diyakini oleh jamaah mesjid/mushola itu sendiri. Tidak ada salahnya bila Sobat mencoba suasana dan tata cara baru dalam melaksanakan shalat tarawih. Mengingat banyaknya keutamaan shalat tarawih, jadi mulai sekarang Sobat Hydro dapat lebih memaksimalkan lagi shalat tarawihnya ya.

Manfaat Sehat Mandi Air Hangat

Health 30 December 2015

Manfaat Sehat Mandi Air Hangat

Read More
5 Trik Membuat Jalan Kaki Jadi Lebih Rileks Dan Menyenangkan

Activities Health Hydrococo Lifestyle 28 October 2014

5 Trik Membuat Jalan Kaki Jadi Lebih Rileks Dan Menyenangkan

Read More