INGIN MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS? PILIH MASKER YANG TEPAT

Activities Health 26 January 2020

Oleh Admin

INGIN MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS? PILIH MASKER YANG TEPAT

Masih terkait dengan penyebaran Virus Corona ya Sobat. Jelas hal ini akan menjadi topik utama dalam beberapa waktu kebelakang. Bagaimana tidak, Komisi Kesehatan Tiongkok melaporkan hingga kamis (06/02/2020) kasus penyebaran Virus Corona tercatat sudah mencapai angka 28.018 kasus di seluruh dunia. Seperti sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, Virus Corona dapat menyebar melalui udara dan sentuhan. Diantara 2 cara tersebut, yang paling rentan adalah melalui udara, karena kita tidak dapat mendeteksi siapa saja yang terkena virus ini dan melalui udara, penyebaran virusnya bisa jadi sangat luas.

Hampir di seluruh negara yang berpotensi untuk terserang Virus Corona ini, sudah menganjurkan beberapa cara pencegahan. Salah satu pencegahan yang paling mudah adalah dengan cara memakai masker. Ya, selain untuk mencegah Sobat menghirup polusi udara yang biasa Sobat temui di Kota Sobat, masker udara/debu dapat membantu meminimalisasi tubuh kita terinfeksi virus yang menular melalui udara. Nah, agar pemakaian masker lebih optimal, Sobat tentu harus tahu jenis masker yang baik untuk keperluan Sobat. Apa saja itu Sobat? Berikut ulasannya.

  1. Masker Kain
    Untuk Sobat yang biasa berkendara dengan motor pasti tidak asing dengan masker jenis ini. Ya, masker kain atau buff memang biasa dipakai para pengendara motor. Masker ini dapat dicuci jadi dapat dipakai berulang kali. Tapi, masker kain tidak cukup efektif digunakan untuk menghalau partikel kecil, tidak ada penyaring khusus di tengahnya dan hanya mampu mencegah debu berukuran besar.
  2. Simple Mask
    Masker ini juga biasa dipakai oleh para pengguna motor di jalan. Simple mask mudah dicari dan desainnya lebih sederhana mirip masker bedah. Jenis masker ini hanya mampu menyaring partikel besar 30% – 40%.
  3. Masker Flu/Masker Bedah
    Banyak toko dan apotek menjual masker flu dan masker bedah, harganya pun murah. Banyak masyarakat menggunakan masker ini terutama saat berkendara motor atau menghindari polusi udara di luar rumah.
    Masker flu dan masker bedah sebenarnya tidak cukup efektif menangkal polusi. Walau mirip dengan simple mask, lapisan filter masker ini lebih sedikit karena fungsi sebenarnya adalah untuk menghambat penyebaran infeksi, bukan penyaring udara.
  4. Masker N95, N99 dan N100.
    Masker dengan kode huruf dan angka ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Masker N95 merupakan jenis masker yang paling efektif melindungi hidung dan mulut dari polusi. Pada masker ini terdapat lapisan penyaring khusus yang mampu menghalau partikel kecil PM2.5 (Particular Matter) hingga 95%. Bahkan masker tipe N Series ini sudah tersertifikasi NIOSH (National Institute for Occupational Safety and Health). Masker N99 lebih efektif dibanding N95. Masker jenis ini mampu menyaring polutan hingga 99%. Masker N100 lebih bagus lagi, dapat menahan partikel PM2.5 hingga 99.97%.

Sudah tentukan jenis masker mana yang paling tepat untuk Sobat? Usahakan selalu pakai masker saat berkegiatan sehari-hari ya Sobat. Ya, karena sangat penting untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap virus yang sedang menyerang saat ini. Selain itu, tetap jaga daya tahan tubuh dengan cara menghindari dehidrasi. Karena seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, dehidrasi dapat menyebabkan daya tahan tubuh berkurang sehingga dapat mudah terinfeksi virus. Jadi, tetap selalu mengkonsumsi Hydro Coco yang mengandung air kelapa asli yang dapat membantu Sobat rehidrasi serta Hydro Coco memiliki kandungan Lauric Acid yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh ya Sobat Hydro.

FILM SONIC THE HEDGEHOG. NOSTALGIA YANG TERTUNDA

Activities 27 February 2020

FILM SONIC THE HEDGEHOG. NOSTALGIA YANG TERTUNDA

Read More
ALASAN KENAPA TRAVELLING AKHIRNYA MENJADI GAYA HIDUP

Traveling 23 March 2017

ALASAN KENAPA TRAVELLING AKHIRNYA MENJADI GAYA HIDUP

Read More