Oleh Hydrococo

INI ADALAH WAKTU YANG COCOK BEROLAHRAGA SAAT PUASA

Untuk Sobat Hydro yang doyan berolahraga, puasa bukan halangan untuk berolahraga tentunya. Ya, olahraga memang harus tetap dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Hanya saja, yang membedakan cuma mengurangi volume dan intensitas olahraganya.

Mungkin kamu semua juga menyadari, pada umumnya kita sehari-hari memiliki waktu tidur selama 8 jam dan bangun untuk aktivitas sehari-hari selama 16 jam. Namun, selama bulan Ramadan, terjadi beberapa perubahan waktu tersebut. Terdapat empat pembagian waktu selama bulan Ramadan di Indonesia, yaitu 13 jam antara sahur dan buka puasa, tiga jam antara buka puasa dan makan malam, tiga jam antara makan malam dan tidur, serta lima jam untuk tidur.

Oleh karena penjelasan diatas itu Sobat Hydro, kita bisa menarik kesimpulan waktu yang tepat untuk melaksanakan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kamu adalah diwaktu 13 jam antara sahur dan buka puasa yaitu sekitar waktu dekat berbuka.

Ya, melakukan olahraga sore menjelang saat berbuka adalah waktu yang paling tepat selama bulan puasa. Ini penting, agar setelah berolahraga, yang akan mengeluarkan keringat walaupun hanya sedikit, bisa cepat berbuka puasa. Jangan lakukan saat sehabis imsyak. Karena waktu berbukanya masih lama. Kita harus fokus tetap olahraga tapi juga tetap cepat menggantikan cairan yang keluar.

Untuk soal durasinya sendiri, durasi terbaiknya adalah 30-60 menit sebelum buka puasa. Kamu bisa memilih di antara waktu tersebut untuk berolahraga. Bila nggak sempat sebelum buka puasa, kamu bisa coba memilih 60 menit setelah buka puasa. Olahraga di waktu terbaik itu untuk membantu dehidrasi. Malam hari sebenarnya bisa dilakukan olahraga. Namun seorang dokter nggak menyarankan hal tersebut. Soalnya,  pada malam hari kita biasanya melakukan ibadah salat tarawih. Jika kita berolahraga setelah tarawih, itu sudah terlalu malam.

Oiya, kamu mungkin pernah mendengar kalau ada yang bilang bahwa gerakan salat tarawih juga termasuk olahraga. Nah, untuk hal itu sebenarnya nggak dimasukan dalam olahraga, tapi aktivitas fisik ringan. Setelah selesai tarawih dua-tiga jam kita biasanya akan tidur. Tubuh perlu dua-tiga jam untuk melakukan metabolisme sampai bisa tidur normal. Jika setelah selesai tarawih berolahraga, efeknya jadi nggak bisa tidur lebih cepat. Padahal dini hari harus cepat bangun untuk sahur.

Lalu, untuk jenis olahraga yang dipilih bisa jogging, berjalan, berenang, bersepeda dan lainnya. Tetap mengeluarkan energi tapi nggak banyak. Jika di hari biasa, olahraga normalnya dilakukan 5x seminggu, pada saat puasa bisa 3x seminggu.

Olahraga seperti main futsal atau main bola juga bisa kok asal dilapangan yang nggak terlalu lebar seperti di lapangan bulutangkis dikomplek kamu. Toh kegiatan itu kamu lakukan hanya untuk mengolah tubuh sedikit dan mengeluarkan keringat yang nggak banyak. Have fun bareng teman sekomplek sambil ngabuburit nunggu puasa tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan, betulkan Sobat Hydro?

CARA MUDAH MERENCANAKAN LIBURAN VIA GOOGLE

Activities Health Lifestyle Traveling 4 December 2017

CARA MUDAH MERENCANAKAN LIBURAN VIA GOOGLE

Read More
KENAPA CEWEK SUKA CURHAT DI SOCMED ? INI DIA ALASANNYA!

Activities Lifestyle 27 January 2017

KENAPA CEWEK SUKA CURHAT DI SOCMED ? INI DIA ALASANNYA!

Read More