INI BEBERAPA MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI SEBELUM TIDUR

Hydro Coco's Articles 13 August 2017

Oleh Admin

INI BEBERAPA MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI SEBELUM TIDUR

INI BEBERAPA MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI SEBELUM TIDUR

 

Sering kali rasanya kita diberi tahu untuk jangan makan sebelum tidur. Seruan ini juga seringkali dipatuhi oleh para pelaku diet ketat untuk nggak mengkonsumsi makanan di malam hari. Makan di malam hari, khususnya pada jam yang dekat dengan waktu tidur ditengarai menjadi penyebab utama berat badan bisa nggak terkendali dan menyebabkan beberapa macam penyakit.

 

Lalu pernahkah kamu merasakan perut keroncongan padahal sudah waktunya untuk tidur malam? Di situ kamu merasa bimbang. Jika memilih mengisi perut terlebih dahulu maka harus menunggu sekitar dua jam lagi untuk menurunkan makanan agar lancar di saluran pencernaan. Sedangkan jika memaksa untuk tidur, maka dijamin agak kesulitan sebab perut kosong sama sekali nggak mendukung untuk membuat terlelap.

 

 

Oke, jadi gini. Sebenarnya para ahli gizi dan pakar diet menyebut bahwa kita mesti mampu menjinakkan rasa lapar. Dan yang paling mudah adalah kita harus mengira seberapa lapar yang dirasakan. Jika memang merasa harus diisi, maka makanlah sesuatu. Namun ini perlu ditakar. Sebagaimana dikutip dari Indiatimes, kamu cukup mengisi perutmu dengan segelas air putih, atau sejumlah camilan berbahan gandum, atau sesuatu yang nilainya di bawah 250 kalori.

 

Jika kamu punya angka konsumsi kalori harian malah lebih membantu. Jika sepanjang satu hari itu sudah mencukupi nilai batas kalori harianmu, maka jangan coba untuk mengonsumsi apa-apa lagi selain air putih atau teh hangat. Namun jika memang sudah telanjur melebihi nilai batas kalori harian tersebut, kamu bisa mengonsumsi sesuatu yang mengandung serat tinggi.

Jauhi konsumsi makanan yang mengandung protein atau lemak tinggi sebab itu membutuhkan waktu cerna lebih lama sehingga kamu mesti menunda tidurmu.

Ingat loh Sobat Hydro, memaksakan tidur dalam kondisi yang benar-benar lapar juga nggak dianjurkan. Karena jika kamu memaksa tidur dalam kondisi lapar, maka metabolisme tubuhmu akan mengalami ketidakstabilan yang berdampak pada munculnya rasa lapar yang lebih dari sebelumnya ketika bangun. Selain itu rasa lapar membuat sulit untuk tertidur.

 

So, makanan apa saja sih yang baik dikonsumsi sebelum tidur? Beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur yaitu satu gelas susu skim (kadar lemak dan vitaminnya rendah) baik untuk kesehatan dan menangani rasa lapar.

Susu mengandung tryptophan yang sangat penting bagi tubuh. Senyawa ini juga bisa membantu tubuh memproduksi serotonin yang membantu tubuh kita merasa rileks dan tenang. Ini penjelasannya kenapa beberapa orang jadi mudah mengantuk setelah minum susu.

Kemudian selain susu, makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengantar tidur, yaitu ubi. Mengonsumsi ubi beberapa jam sebelum tidur dapat membantu untuk cepat terlelap, karena mengandung karbohidrat dan potasium. Kamu nggak perlu takut gemuk selama nggak berlebihan, sebab karbohidrat dalam ubi umumnya memiliki struktur lebih kompleks dibanding nasi.

Dan selain ubi, pisang merupakan buah yang mengandung potasium dan magnesium, yang juga baik dikonsumsi sebelum tidur. Kedua nutrisi tersebut bisa membantu tubuh untuk merasa lebih rileks sehingga cepat terlelap. Selain itu, pisang juga membuat perut terasa penuh sehingga kamu nggak tergoda untuk bergadang sambil mengemil. Semoga berguna ya Sobat Hydro.

HAL YANG MESTI DIPERHATIKAN SAAT TRAVELING SUPAYA KAMU NGGAK NYESEL

Activities Lifestyle Traveling 3 November 2017

HAL YANG MESTI DIPERHATIKAN SAAT TRAVELING SUPAYA KAMU NGGAK NYESEL

Read More