INILAH LOKASI UNTUK DIVING DAN SNORKELING DI INDONESIA

Activities Traveling 13 July 2019

Oleh Admin

INILAH LOKASI UNTUK DIVING DAN SNORKELING DI INDONESIA

Sobat Hydro! Kali ini kita akan kembali membahas mengenai hal-hal yang masih berhubungan dengan pantai yang ada di Indonesia. Pasti Sobat juga sepakat bila pantai dan laut di Indonesia memiliki keindahan yang menakjubkan sampai dapat menarik wisatawan mancanegara tertuju padanya. Bila pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai pantai dengan ombak terbaik yang cocok untuk olahraga surfing, kali ini kebalikan dari pada itu. Pembahasan kali ini mengenai pantai dengan laut tenang yang cocok untuk diving dan snorkeling. Hhmmm, pasti lebih menarik bukan Sobat? Karena bila kita mengingat kata surfing, maka hanya segelintir orang saja yang dapat melakukannya. Namun tidak dengan diving dan snorkeling, Sobat semua dapat melakukannya dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya. Atau diantara Sobat ada yang sudah rutin melakukannya? Bila ada, maka artikel kali ini sekedar mengingatkan Sobat untuk dapat kembali ke tempat-tempat tersebut ya. Dimana saja itu Sobat? Mari kita uraikan beberapa lokasi yang indah untuk olahraga Diving dan Snorkeling :

1. Menjangan, Bali

Sekali lagi, bila membicarakan tentan pantai, pasti Sobat tidak bisa lepas dari Bali. Ya, tentu saja karena bali memiliki banyak pantai-pantai indah yang menjadi destinasi turis mancanegara. Diantara pantai-pantainya yang indah, Pulau Menjangan menjadi salah satunya. Meski tidak memiliki laut yang luas, namun Pulau Menjangan dianugerahi keindahan laut yang dipenuhi dengan berbagai macam jenis ikan dan juga terumbu karang nan cantik. Pulau yang hanya berjarak beberapa kilometer dari pantai Bali ini merupakan bagian dari West Bali Nation Park.

2. Karimun Jawa, Jawa Tengah

Untuk Sobat yang tinggal di pulau Jawa, Sobat dapat mengunjungi pulau yang berada di sebelah utara Jepara, Jawa Tengah. Pantai disini disebut-sebut sebagai pantainya anak muda. Terang saja kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini kebanyakan anak muda yang gemar mantai dan untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Memiliki puluhan spesies ikan dan warna warni terumbu karang disana menjamin Sobat yang mengunjungi akan terpesona.

3. Pulau Weh, Sumatera

Sumatera bukan tidak memiliki pulau nan indah untuk diving dan snorkeling. Pulau Weh atau yang mungkin Sobat kenal dengan nama Sabang adalah pulau vulkanik kecil yang berada di barat laut pulau Sumatera. Meski kecil, pulau ini menyimpan keindahan alam dan ekosistem laut yang sangat kaya. Berdasar dari itu, pemerintahan Indonesia sangat melindungi kelestarian alam yang ada di Pulau Weh ini. Bahkan Sobat dapat menemukan spesies batu koral yang sangat langka di pulau ini.

4. Pantai Pink, Pulau Komodo, NTT

Berdasar namanya, pulau ini terkenal akan keberadaan hewan langka dan dilindungi, yaitu komodo. Namun tahukah Sobat, Pulau Komodo memiliki pantai dengan pasir berwarna merah muda yang tentu dinamakan Pulau Pink. Selain keunikan pasir pantainya, laut di pantai ini pun mempunyai daya tarik tersendiri dengan kekayaan bawah lautnya yang beranekaragam. Air lautnya yang tenang dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, menjadikan tempati ini lokasi yang sempurna untuk Sobat melakukan diving dan snorkeling.

5. Pulau Wakatobi, Sulawesi Utara

Berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, nama Wakatobi sendiri juga menjadi nama dari Taman Nasional Wakatobi yang diresmikan pada tahun 1996. Memiliki total luas 1,39 juta hektar, Wakatobi menjadi rumah bagi kehidupan laut yang ada di Laut Banda. Kaya akan terumbu karang dan juga spesies ikan kecil, Pulau Wakatobi menjadi tempat sempurna untuk melakukan olahraga diving dan snorkeling yang tidak boleh Sobat lewatkan.

6. Gili Meno & Gili Air, NTB

Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, tepatnya di sekitar Gili Meno dan Gili Air, Sobat akan menemukan pesona keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Untuk melakukan diving dan snorkeling, Sobat tidak perlu menaiki kapal, cukup di sekitar pantainya saja, Sobat sudah dapat melihat pesona keindahan alam bawah laut. Saking jernihnya, bahkan Sobat sudah dapat melihat ikan-ikan yang berenang kesana-kemari & terumbu karang dari atas airnya.

7. Cape Kri, Raja Ampat

Nah tiba di kepulauan yang digadang-gadang menjadi tempat terbaik untuk diving dan snorkeling. Untuk Sobat yang berada di wilayah barat Indonesia, memang agak jauh untuk mencapai kepulauan yang berlokasi di sebelah barat laut dari kepala burung Papua Nugini. Namun, dijamin jauhnya perjalanan Sobat mencapai Kepulauan Raja Ampat ini akan terbayar dengan keindahan kehidupan laut yang ada disana. Cape Kri merupakan salah satu pulau dari total 1.500 pulau kecil yang berada disana yang diakui para ahli sebagai lokasi dengan kehidupan laut paling banyak yang dimiliki oleh Indonesia. Ribuan jenis ikan, 6 spesies kura-kura serta 450 jenis terumbu karang membuat Cape Kri di Kepulauan Raja Ampat menjadi surganya untuk Sobat dan wisatawan dunia melakukan olahraga diving dan snorkeling.

Adakah diantara Sobat yang sudah mengunjungi salah satu atau bahkan semua tempat yang disebutkan diatas? Bila sudah pasti sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan ya Sobat. Untuk Sobat Hydro yang belum kesana, yuk segera rencanakan liburanmu untuk minimal mengunjungi salah satu tempatnya.

5 OLAHRAGA UNTUK IBU HAMIL SELAIN SENAM

Activities Health 7 June 2019

5 OLAHRAGA UNTUK IBU HAMIL SELAIN SENAM

Read More
SERING KELIRU, PERTOLONGAN PERTAMA INI SEBAIKNYA NGGAK KAMU LAKUKAN

Activities Health Lifestyle 15 September 2017

SERING KELIRU, PERTOLONGAN PERTAMA INI SEBAIKNYA NGGAK KAMU LAKUKAN

Read More