INILAH TIPS CARA NGE-GYM SAAT BULAN PUASA

Activities Health Lifestyle 11 June 2017

Oleh Hydrococo

INILAH TIPS CARA NGE-GYM SAAT BULAN PUASA

Sepertinya sudah sering kita mendengar sebuah kutipan yang berbunyi “Puasa bukan alasan untuk menyingkirkan beberapa aktivitas rutin”. Apalagi disaat bulan puasa seperti saat ini.

Tetapi, itu adalah benar adanya Sobat Hydro, untuk Sobat Hydro yang doyan banget nge-gym, kita memang jangan berhenti sementara dari upaya meraih tujuan fitness, baik menurunkan berat badan, menaikkan massa otot, ataupun meraih perut sixpack.

Hydro Coco punya sesuatu untuk di-share. Ini adalah berita yang menggembirakan buat kamu yang doyan nge-gym. Menurut Michael Triangto, seorang dokter spesialis keolahragaan, beliau berkata bahwa saat puasa, pengaturan waktu latihan serta makan harus diperhatikan. Latihan beban pada siang dan sore hari juga nggak dilarang kok, tapi hal itu sebaiknya nggak dilakukan. Sebab, saat itu kadar glukosa tubuh sedang rendah.

Takutnya nanti terlalu capek, malah jadi lemas, atau jadi dehidrasi kan malah bahaya. Karena pada saat puasa kita kan nggak boleh minum. Pak dokter Triangto mengatakan, latihan beban sebaiknya dilakukan pada malam hari, beberapa saat setelah berbuka puasa. Tlong digaris bawahi.. “sebaiknya”. Kecukupan cairan perlu diperhatikan. Jangan nanti pada saat menjelang sahur terus minum sebanyak-banyaknya. Kan nggak nyaman juga perutnya. Jadi intinya latihan beban bisa mulai dicicil dari saat buka jelasnya. Nah itulah tips yang pertama.

Tips kedua, kalau kamu biasa berlatih sebelum buka puasa, ubahlah pola berlatih kamu dengan segala sesuatunya dibuat middle atau tengah-tengah saja. Atau berlatih dengan nggak terlalu banyak, nggak terlalu sedikit. Intensitas latihan harus diperhatikan supaya kamu terbiasa untuk pemulihan otot seusai latihan. Sehingga nggak ada perbedaan pola antara bulan puasa dan di luar bulan puasa.

Selama puasa badan hanya memiliki kesempatan antara waktu berbuka puasa sampai dengan waktu subuh untuk pemulihan otot. Untuk itu, melakukan latihan dengan menambah beban bagi otot dalam periode pemulihan sependek itu sangat nggak direkomendasikan. Rasanya kita cukup saja dengan melakukan latihan guna memelihara kebugaran dengan cara berlatih beban lebih ringan dari biasa.

Untuk tips ketiga, saat berpuasa ada yang bilang kita nggak perlu melakukan olahraga kardio. Wah, kata siapa? Justru kardio sangat penting untuk membakar kalori dan menyehatkan jantung kita, Sobat Hydro. Oleh karena itu tetap lakukan kardio dalam intensitas rendah untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler kamu. Misalnya dengan berjalan santai dipagi hari setelah sahur agar kebugaran tubuh kamu tetap terjaga saat beraktivitas siang hari nanti.

Selain tips-tips yang sudah disebut diatas, pembangunan massa otot memerlukan asupan protein. Saat puasa, waktu untuk mengonsumsi protein dalam jumlah tinggi perlu diperhatikan. Bisa kita lakukan saat buka puasa, sahurnya nggak perlu. Saat mengonsumsi protein dalam jumlah besar, tubuh memerlukan air dalam jumlah banyak untuk mencernanya. Jika mengonsumsi protein saat sahur, konsekuensinya adalah kehausan.

Yaaa secara umum, Triangto mengatakan bahwa sebelum berolahraga, seseorang harus menentukan tujuannya terlebih dahulu. Bila bukan atlit, olahraga berlebihan justru nggak mendatangkan kesehatan. Kalau orang awam, nggak dapat uang dari situ lalu rusak badannya, pantas nggak menghabiskan waktu untuk berlatih tapi akhirnya merusak badan sendiri? Itu yang nggak terpikirikan oleh orang ujar Triangto. Kira-kira itulah tips cara nge-gym saat bulan puasa yang perlu kita ketahui Sobat Hydro.

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Activities Health Hydrococo Lifestyle 28 October 2014

10 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Read More
Perjalanan Bill Gates Meraih Kesuksesan

Activities Lifestyle 26 January 2016

Perjalanan Bill Gates Meraih Kesuksesan

Read More