Oleh Hydrococo

JANGAN MAGER, FUTSAL ITU JUSTRU ASIK DILAKUKAN SAAT PUASA

Jujur ya, puasa itu nggak bisa disangkal memang membuat kebanyakan dari kita jadi mager alias males gerak. Jangankan untuk beraktivitas, rasanya menggerakan badan keluar kamar saja serasa berat untuk dilakukan. Pulau kapuk alias kasur itu diibaratkan sebuah kepulauan di Hawaii yang sangat indah dan sangat berat untuk ditinggalkan.

Kegiatan fisik di siang hari pun berusaha dihindari oleh banyak orang yang berpuasa, termasuk berolahraga fisik. Adapun jika melakukan banyak kegiatan diluar ruangan atau kerja lapangan, tantangan yang dihadapi tentu saja dehidrasi dan kelelahan.

Sama halnya dengan kamu semua yang punya hobi futsal atau seorang atlit futsal atau bola sepak. Tentu menjadi tantangan tersendiri untuk tetap rutin bermain futsal pada bulan puasa ini. Olahraga sebenarnya sama sekali nggak dilarang saat berpuasa, tapi tentunya dengan beberapa keterbatasan.

Actually, futsal itu justru asik loh dilakukan saat puasa. Kenapa kenapa bisa begitu? Ini alasannya:

Pertama, kamu lakukan olahraga futsal satu atau dua jam jelang waktu berbuka. Anggaplah itu di jam 4 atau 5 sore. Jadi, begitu selesai futsal langsung berbuka, dan kamu nggak akan dehidrasi. Jadi bisa dibilang bahwa kegiatan olahraga futsal ini dilakukan untuk menghabiskan waktu untuk menunggu buka puasa atau yang biasa disebut ngabuburit. Sebenarnya, bisa pula melakukan futsal setelah beribadah salat taraweh. Hal ini juga bermanfaat untuk membakar kalori setelah makan banyak saat berbuka. Tapi nggak terlalu disarankan oleh para ahli olahraga karena dikhawatirkan kamu akan kesulitan tidur dimalam harinya.

Kedua, berpuasa kita dituntut untuk mengendalikan nafsu. Jadi ketika kita berfutsal, tujuan murni kita memang untuk bermain futsal untuk menjaga kebugaran sambil mengasah skill personal kita. Bukan untuk bermain futsal yang menggunakan emosi untuk suatu kepentingan tertentu seperti kejuaraan misalnya. Bermain futsal dengan ringan dan enjoy akan membawa tubuh kamu terasa lebih ringan dan sehat. Tapi kamu harus menjaga kuantitas waktu bermain, Sobat Hydro. Jika saat hari biasa mampu bermain 20-40 menit nonstop. Saat bulan puasa ini kurangi hingga 10 menit nonstop kemudian beristirahat.

Ketiga, asiknya main futsal saat puasa itu pas untuk teman diet. Khususnya untuk kamu yang punya berat beban berlebih dan ingin lebih kurus. Puasa itu bagus sebagai diet. Puasa membakar karbohidrat tubuh kamu, bukan lemak. Nah, olahraga futsal ini membakar lemak kamu. Jadi, inilah sebabnya kenapa futsal asik dilakukan saat puasa. Tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan. Yaitu, selalu lakukan pemanasan dan pendinginan setelah bermain futsal.

Dan yang terakhir, futsal justru asik dilakukan saat puasa karena sebenarnya nggak ada alasan untuk nggak berolahraga. Memang sih, banyak olahraga lain seperti bersepeda, jogging atau jalan sehat bisa dimanfaatkan untuk menjaga badan prima saat puasa. Tapi, nggak ada yang se-seru bermain futsal bareng teman. Lebih tepatnya, lebih mengasikan olahraga yang dilakukan bersama grup atau lebih dari 5 atau 6 orang. Itu poinnya.

So, kalian tentu mengerti ya kenapa futsal itu memang lebih asik dilakukan saat puasa. Sudah nggak ada alasan untuk mager dirumah dan lesmana alias males kemana-mana.

PENTINGNYA MENGKONSUMSI AIR KELAPA BAGI PARA ATLET

Activities Health Hydrococo 25 August 2018

PENTINGNYA MENGKONSUMSI AIR KELAPA BAGI PARA ATLET

Read More