JANGAN SALAH PILIH, MAKANAN INI PALING COCOK DIKONSUMSI SETELAH OLAHRAGA

Health Hydrococo 31 March 2017

Oleh Hydrococo

JANGAN SALAH PILIH, MAKANAN INI PALING COCOK DIKONSUMSI SETELAH OLAHRAGA

Butuh niat & effort yang kuat memang jika kamu ingin benar-benar hidup sehat. Kamu harus menyempatkan diri untuk berolahraga. Yaaa.. meski hanya sekedar joging keliling kompleks atau jalan-jalan pagi, kegiatan ini cukup menguras keringat. Iya kan?

 

Karena menguras tenaga tadi, sangat wajar kok kalau kamu merasa lapar sobat Hydro. Lalu mengingat tujuan kamu berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan dan menjaga  berat badan, kamu jadi agak takut “pilih-pilih” makanan yang tepat untuk kamu makan. Nah, kuncinya memang pola makan yang harus kamu perhatikan, bukan hanya sekadar mengeluarkan keringat belaka. Dan jangan takut serta pusing dulu, ada beberapa makanan yang cocok untuk kamu konsumsi setelah olahraga. Ini adalah beberapa daftar makanannya yang dihimpun oleh Hydro Coco.

 

Buah-buahan

Oh jelas, selain menyegarkan.. buah-buahan juga punya pemanis alami yang baik untuk mengganti energi yang hilang. Apa saja buah segar yang baik dikonsumsi setelah olahraga? Kamu boleh mengkonsumsi pisang. Pisang memiliki antioksidan yang berguna meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru. Selain itu kandungan potassiumnya baik untuk mencegah dan meredakan kram otot. Yang kedua adalah Blueberry. Blueberry memberimu antioksidan. Blueberry juga memulihkan tenagamu tiga kali lipat lebih cepat setelah olahraga. Ketiga Nanas yang kaya vitamin C, komponen kunci memperbaiki sel yang rusak. Buah ini juga mengandung bromelain, sebuah zat anti-radang yang tebukti mampu menyembuhkan memar dan keseleo, cedera yang sering dialami ketika berolahraga. Lalu, ada kiwi yang menjadi sumber antioksidan yang membantu melawan cedera otot. Kiwi juga mengandung vitamin C dan potasium. Tips menikmati Kiwi itu begini, kamu jangan buang kulitnya, sebab bagian itu justru punya banyak nutrisi yang kamu butuhkan untuk tubuh.

 

Telur

Nutrisi kunci buat kamu yang hobi olahraga adalah protein dan karbohidrat. Telur punya keduanya. Setiap 70 kalori yang terkandung di telur rebus memiliki 6,3 gram protein. Telur juga merupakan salah satu dari sedikit pangan yang mengandung vitamin D. Namun jangan mengonsumsinya dalam kondisi mentah. Alasannya, telur matang, khususnya jika direbus, akan membuat tubuhmu menyerap protein dua kali lebih banyak.

Jika ingin lebih mengenyangkan perut, cobalah kreasikan telur menjadi omelet. Tambahkan bawang cincang dan tomat ke dalam omeletmu. Jika belum tahu bawang juga salah satu bumbu yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan. Akan semakin baik jika dipadu bersama telur yang kaya akan protein. Metabolisme tubuhmu akan semakin meningkat.

Roti gandum

Setelah berolahraga, perut yang kosong harus diisi kembali dengan menu yang tepat. Makanan berupa roti gandum adalah pilihan yang tepat, karena mengandung banyak serat yang membantu mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga. Porsi karbohidrat pun lebih ringan dibanding kue-kue. Meski begitu, gandum tetap mampu menangkal rasa laparmu hingga waktu yang cukup lama.

Youghurt dan Susu cokelat

Selain mampu mendinginkan suhu tubuh setelah berolahraga, yoghurt juga menyediakan karbohidrat, protein dan serat yang baik untuk pencernaan. Namun perlu dicatat bahwa mengkonsumsi yoghurt setelah berolahraga mestinya dicampur buah-buahan segar seperti potongan apel. Nutrisi yang terkandung dalam yoghurt semakin baik dipadukan dengan gula alami dan antioksidan di dalam buah-buah segar.

Selain youghurt tadi, lebih baik kamu minum cokelat setelah berolahraga. Kenapa harus susu cokelat? Susu cokelat ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan energi kamu dan memberikan nutrisi bagi tubuh. Susu cokelat juga mengandung kalsium yang mendukung dalam peningkatan kesehatan tulang.

Nah, itulah beberapa makanan yang paling cocok kamu konsumsi setelah olahraga. Silahkan kamu pilah dan pilih mana saja yang menurut kamu bisa kamu dapatkan dengan mudah. Walau hampir semuanya mudah untuk didapat.

YANG BERKACAMATA BACA INI, CARA SIMPLE SUPAYA HIDUP KAMU LEBIH MUDAH

Activities Health Lifestyle 8 October 2017

YANG BERKACAMATA BACA INI, CARA SIMPLE SUPAYA HIDUP KAMU LEBIH MUDAH

Read More
HAL SEPELE TAPI NYEBELIN! JERAWAT!

Health Hydrococo Lifestyle 3 March 2017

HAL SEPELE TAPI NYEBELIN! JERAWAT!

Read More