JANGAN SAMPAI SALAH, GAYA HIDUP SEPERTI INI DIANGGAP SEHAT TAPI NYATANYA KELIRU

Health Hydrococo Lifestyle 7 July 2017

Oleh Admin

JANGAN SAMPAI SALAH, GAYA HIDUP SEPERTI INI DIANGGAP SEHAT TAPI NYATANYA KELIRU

Minggu lalu seorang tetangga bercerita tentang saudaranya yang tiba-tiba masuk rumah sakit karena perutnya terasa melilit dan sakit setelah meminum beberapa suplemen kesehatan. Menurut tetangga tadi, saudaranya tersebut memang sudah lama mengkonsumsi multivitamin dan suplemen agar tetap fit dalam menjalani hari-hari. Tetapi yang terjadi diluar dugaan, saudaranya malah keracunan suplemen tersebut.

Ya, rasanya semua orang menginginkan tubuh sehat. Serta mencoba menjalani hidup sehat disetiap harinya. Untuk mencapai hal tersebut, banyak hal yang dilakukan orang agar menjaga tubuhnya dalam keadaan prima dan sehat. Contohnya ya seperti cerita diawal tadi, mencoba melengkapi asupan energi ditubuhnya dengan beberapa supelemen dan multivitamin.

Namun rupanya ada beberapa persepsi yang keliru tentang hidup sehat, Sobat Hydro. Dikutip dari Bright Side, beberapa gaya hidup sehat ini dikira tepat namun ternyata salah dan keliru.

Mengonsumsi tablet multivitamin

Mengonsumsi multivitamin dan segala jenis bio-aditif nggak mengurangi risiko pengembangan penyakit tertentu dan nggak berpengaruh pada ingatan atau kemampuan untuk bekerja. Sekelompok ilmuwan di AS menemukan kesimpulan ini setelah melakukan serangkaian uji klinis yang melibatkan partisipasi lebih dari 450.000 orang. Hasil penelitian diterbitkan di Annals of Internal Medicine, NY Times ini bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi multivitamin sebenarnya memiliki efek negatif pada kesehatan. Contohnya yang sudah disebut diawal tadi.

 

 

 

Menggunakan gel tangan anti bakteri yang nggak mengandung alkohol

Cairan pembersih tangan anti bakteri sebenarnya membantu menyingkirkan berbagai jenis bakteri dan kuman lainnya. Namun, perlu dicatat.. Hal ini hanya berlaku untuk gel yang kandungan alkoholnya kurang dari 60%. Perlu kamu ketahui juga, pembersih tangan itu nggak bisa menghilangkan semua jenis mikroorganisme. Jadi kalau kamu beranggapan bahwa cairan pencuci tangan bisa lebih bersih dari pada membasuh tangan dengan air yang bersih, kamu jelas salah.

 

 

Menghindari monosodium glutamat (MSG)

Banyak banget hari ini yang bilang “bodoh banget sih, kaya kebanyakan mecin (MSG)”. tetapi, apakah benar sama sekali nggak boleh konsumsi MSG? apa iya mecin (MSG) ini bisa menyebabkan seseorang menjadi bodoh?

Penelitian menunjukkan bahwa gejala kurang menyenangkan yang dapat menyebabkan mual dan sakit kepala hanya terjadi bila kamu makan lebih dari batas yang diizinkan zat ini dalam bentuknya yang paling murni.

Dengan demikian, anggapan yang mengatakan bahwa MSG bisa menyebabkan kebodohan nggak memiliki landasan bukti yang valid, kecuali kamu mengkonsumsi MSG satu truk penuh mungkin kamu benar-benar nggak menggunakan otak. Miskonsepsi ini bisa saja muncul karena rasa kekhawatiran berlebih ketika melihat ada orang yang pusing ketika mengkonsumsi MSG. Intinya, bagi orang yang nggak memiliki alergi atau penyakit tenggorokan, MSG sama sekali bukanlah ancaman dalam masakan.

 

Membersihkan tubuh dengan diet detoks

Ada yang lagi ngetren, Diet detoks. Diet detoks saat ini mulai populer dengan cepat, menjanjikan untuk membersihkan racun tubuh. Tapi para spesialis dengan sepakat menunjukkan bahwa tubuh dapat menghadapi racun tubuh sendiri. Jika hati dan ginjal nggak berkinerja baik, itu adalah alasan lain yang mewajibkan kamu untuk mengunjungi dokter dan memeriksakannya.

 

 

 

 

Mengonsumsi produk organik

Di banyak negara, nggak ada persyaratan tertulis untuk menandai produk makanan organik dengan jenis sertifikasinya dalam bentuk yang seperti apa. Inilah sebabnya beberapa produk ditulis “eco” atau “bio”. Padahal kenyataannya itu hanya menjadi taktik pemasaran karena kedua makanan berlabel ini dijamin telah diproduksi tanpa menggunakan bahan kimia. Jadi jangan keliru memahami, nggak ada yang namanya makanan yang nggak pake bahan kimia atau organik. Kalau kamu beli sayur di tukang sayur depan rumah juga kamu nggak akan tahu ’kan sayurnya pake pestisida apa nggak. Jadi, nggak usah takut memilah-milah makan. Makanlah apapun dengan wajar.

 

Mengonsumsi hanya produk rendah lemak

Tubuh manusia pada dasarnya membutuhkan lemak, karbohidrat dan protein, karena dengan demikian menukar produk makanan biasa dengan produk setara lemak rendah bukanlah cara terbaik untuk mengurangi kalori. Selain itu, dalam banyak produk, pengurangan lemak dikompensasikan dengan kadar gula yang lebih tinggi yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan. Nah itulah beberapa gaya hidup sehat yang salah, semoga berguna untuk kalian Sobat Hydro.

INILAH TIPS CARA NGE-GYM SAAT BULAN PUASA

Activities Health Lifestyle 11 June 2017

INILAH TIPS CARA NGE-GYM SAAT BULAN PUASA

Read More
KAMU HARUS PUNYA! JAM TANGAN UNTUK MEMANTAU KESEHATAN

Activities Health Hydrococo Lifestyle 21 July 2018

KAMU HARUS PUNYA! JAM TANGAN UNTUK MEMANTAU KESEHATAN

Read More