JENIS MARTIALS ART DAN MANFAATNYA UNTUK MILLENIALS

Activities Health Lifestyle 27 December 2019

Oleh Admin

JENIS MARTIALS ART DAN MANFAATNYA UNTUK MILLENIALS

Sekarang sampailah Sobat pada pembahasan mengenai Martial Arts. Ya, pembahasan mengenai seni bela diri campuran memang rasanya tepat mengingat tren yang sedang booming sekarang. Kenapa ya Sobat kok bisa cepat perkembangannya? Ini masih berhubungan dengan pembahasan pada 2 artikel sebelumnya, yaitu olahraga untuk millenials yang membuat tidak bosan. Bagaimana tidak, saat olahraga digabungkan dengan seni, hal itu merupakan kombinasi terbaik untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar, namun juga tak membosankan.Martial arts ini sendiri berasal dari berbagai negara yang berbeda, karena tentu saja di setiap negara memiliki seni bela diri khasnya sendiri.

Kalau mengambil kata “bela diri”, maka yang terbesit adalah pukulan, tendangan, bantingan, kuncian dan lain sebagainya. Sekilas keidentikan itu terasa menyeramkan karena terkesan memiliki unsur kekerasan. Namun bukan itu sebenarnya tujuan dari martial arts itu sendiri. Kalaupun memang ada gerakan kekerasan, itu diperuntukkan hanya untuk membela diri dari kejahatan yang terjadi dijalanan. Bukan untuk sok jagoan. Ternyata bila ditelusuri yang paling penting dari seni bela diri terletak pada manfaat kesehatan, baik fisik ataupun mental, apapun jenis seni bela diri campurannya. Penasaran kira-kira apa saja sih manfaat dari setiap martial arts itu Sobat? Khususnya yang populer di Indonesia. Disimak ya Sobat.

  1. Karate
    Jenis yang paling populer dari seni bela diri adalah karate yang berasal dari daratan China pada awal abad 20. Karate membantu untuk mengurangi kelebihan berat badan dan juga membantu untuk menjaga tubuhmu tetap fit dan slim. Mempraktekkan karate dapat membantu untuk membangun kekuatan dan juga mengajarkan bela diri. Otot, tulang, dan sendi perlahan akan berubah lebih kuat karena kamu terus meningkatkan perlawanan.
  2. Taekwondo
    Taekwondo mirip dengan Karate, hanya saja seni bela diri kuno ini berasal dari Korea. Seni bela diri ini melibatkan penguatan dan pelatihan dengan tendangan dan kaki dan sedikit tekanan pada tangan dan tubuh bagian atas. Seni bela diri ini membantu untuk memperkuat tubuhmu. Mempraktekkan Taekwondo secara teratur dapat membantu untuk membentuk pinggul, paha dan perut bagian bawah.
  3. Kung Fu
    Kung Fu adalah salah satu di antara seni bela diri yang pasti akan membuat tubuhmu tetap slim. Intensitas tinggi latihan membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung. Kung Fu adalah seni bela diri yang melibatkan tendangan, lompatan, dan dorongan. Menurut para ahli, Kung Fu juga membantu dalam menyembuhkan stres, spondilitis leher rahim, nyeri lutut dan nyeri tubuh lainnya. Kung Fu paling dikenal untuk mengencangkan tubuh bagian atas serta toning otot.
  4. Capoeira
    Capoeira adalah bentuk seni bela diri yang menyenangkan dari Brasil. Seni bela diri ini campuran dari seni tari, akrobat dan musik. Capoeira melibatkan inti tubuh dan oleh karena itu jika kamu berlatih seni ini selama beberapa bulan, maka akan menghasilkan tubuh super kencang dan fleksibel. Seni ini melibatkan energi yang sangat besar, pengulangan gerakan yang konstan, dan teknik yang lebih intens daripada latihan kardio.
  5. Muay Thai
    Dari namanya saja sudah tahu ini berasal darimana ya Sobat? Seni beladiri Thailand ini dapat juga menjadi alternatif tubuh untuk berolahraga dengan mempelajari teknik dasarnya. Hal ini disebabkan Muay Thai bermanfaat untuk pembentukan tubuh yang atletis dan ideal karena gerakannya yang menitikberatkan pada pergerakan dan pembentukan otot tubuh yang lebih efektif bila dibandingkan dengan aktivitas sehari-hari.
  6. Pencak Silat
    Akhirnya ini lah dia seni bela diri kebanggan kita semua, Pencak Silat!. Beladiri ini telah ada sejak tahun 1550-an karena penyebarannya seiring dengan penyebaran agama Islam pada abad 14 di Nusantara. Berdasar dari gerakannya yang tegas, bertenaga dan cepat, pencak silat dapat membantu pembentukan otot tangan dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Layaknya Bangsa Indonesia yang mempunyai daya tahan negara sehingga dapat merdeka dari penjajah.

Sulit rasanya untuk tidak menyebutkan Hydro Coco bila membahas mengenai kesehatan dan olahraga. Apapun olahraganya termasuk seni bela diri. Karena tak bisa dipungkiri dan sudah diketahui semua orang bahwa Hydro Coco memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan mampu membantu memulihkan stamina dan otot Sobat setelah berolahraga. Sehingga Sobat dapat terus meningkatkan intensitas olahraga serta juga dapat dengan bugar melakukan aktivitas sehari-hari.

IDE MURAH MERIAH UNTUK LIBURAN AKHIR TAHUN

Hydrococo Lifestyle 28 December 2016

IDE MURAH MERIAH UNTUK LIBURAN AKHIR TAHUN

Read More
5 Makanan yang Membuat 10 Tahun Lebih Muda

Hydro Coco's Articles 5 June 2015

5 Makanan yang Membuat 10 Tahun Lebih Muda

Read More