KALO MAU NAIK GUNUNG, PASTIKAN HAL INI DULU YA

Lifestyle Traveling 22 November 2019

Oleh Admin

KALO MAU NAIK GUNUNG, PASTIKAN HAL INI DULU YA

Sobat Hydro, naik gunung tetap menjadi kegiatan yang populer di kalangan masyarakat khususnya anak muda. Selain memang untuk mencari ketenangan atau ingin menikmati sensasi alam nan indah, naik gunung pun menjadi cara untuk mempererat hubungan kekeluargaan karena jalinan kebersamaan dengan kerabat. Jadi tidak heran ya Sobat kegiatan satu ini tetap menjadi favorit bagi beberapa kelompok.

Hal ini bukan hanya isapan jempol belaka. Terbukti semakin banyaknya komunitas-komunitas yang menyebut diri mereka pecinta alam. Kepopuleran bahasa itu awalnya didasari dari kegiatan mahasiswa hampir di seluruh kampus yang ada di Indonesia. Saat ini bahkan bukan hanya kampus yang memiliki komunitas tersebut, Sekolah Menengah Atas pun banyak yang sudah memiliki komunitas atau ekstrakurikuler serupa. Sekalipun memang seru, namun naik gunung jangan dianggap sepele ya Sobat. Malah sebenarnya naik gunung adalah kegiatan serius yang perlu perhatian khusus. Apa saja sih kira-kira yang perlu disiapkan sebelum naik gunung? Berikut ulasannya

  1. Rencanakan perjalanan jauh-jauh hari. Selain untuk mempersiapkan jadwal Sobat dengan kerabat, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan diri secara pribadi. Bila sudah tahu pasti kapan akan naik, Sobat bisa isi waktu luang Sobat dengan berolahraga, contohnya joging santai, renang, pergi ke gym dan lain sebagainya yang membantu Sobat dalam perjalanan nanti. Namun, jika beberapa hari sebelum keberangkatan tubuh Sobat tidak fit, maka gunakan sisa waktu tersebut untuk berisitirahat. Jika kira-kira H-2 tubuh Sobat masih belum fit, baiknya Sobat batalkan perjalanan, karena sangat beresiko jika Sobat memaksakan diri.
  2. Lakukan riset dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai gunung yang akan Sobat daki. Mulai dari akses, status kawasan, kondisi terkini, medan pendakian, cuaca, syarat serta tata aturan yang berlaku, perizinan, cara daftar atau booking pendakian dan lain-lain. Sumber informasinya bisa beragam, bisa melalui buku, internet, media sosial atau dari teman sesama komunitas. Informasi tersebut dapat memberikan gambaran seperti apa gunung yang akan menjadi tujuan pendakian Sobat.
  3. Buat perkiraan atau estimasi waktu perjalanan dan alokasi biaya yang dibutuhkan untuk pendakian tersebut. Kemudian, buat check list perlengkapan yang akan Sobat bawa dan butuhkan sesuai dengan gunungnya dan tujuan pendakian serta jangka waktu pendakian. Pastikan semua perlengkapan berfungsi baik, seperti kompor, headlamp atau senter, dan sebagainya. Lalu cek dan re-cek lagi semuanya sebelum berangkat ya Sobat.
  4. Maksimalkan apa yang Sobat bawa dengan baik. Misalnya barang yang dapat berfungsi ganda. Tujuannya untuk meringankan berat beban. Repacking atau bungkus ulang makanan yang Sobat bawa. Pastikan juga bawa kantong untuk menyimpan dan membawa kembali sampah yang dihasilkan selama aktivitas pendakian.
  5. Selalu membiasakan bawa alat tulis ya Sobat. Hal tersebut berguna untuk mencatat hal-hal penting selama perjalanan. Juga selalu tinggalkan catatan atau pesan kepada keluarga atau orang terdekat tentang gunung yang akan Sobat daki.
  6. Terakhir, siapkan makanan & minuman yang baik, sehat, bergizi, berserat, dan tinggi kalori untuk kebutuhan harian Sobat selama pendakian. Pastikan tersedia makanan dan minuman ekstra untuk mengantisipasi cuaca buruk atau terjadi sesuatu hal yang menyebabkan waktu pendakian jadi molor. Tentu saja Sobat tidak akan lupa untuk membawa Hydro Coco bukan? Minuman yang dibuat dari air kelapa asli ini akan menggantikan cairan tubuh yang hilang selama mendaki, agar Sobat dapat terhindar dari dehidrasi dan terus melaju menuju puncak.

Jadi, dengan persiapan yang matang dan manajemen perjalanan yang baik, tentu akan memimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Perhatikan ya Sobat, jangan sampai ada yang terlewat! Apalagi Hydro Coco.

Lupakan Kopi, Awali Pagi dengan Minuman Sehat Ini!

Health Hydrococo Lifestyle 7 March 2016

Lupakan Kopi, Awali Pagi dengan Minuman Sehat Ini!

Read More
SOBAT HYDRO, INI LOH CARA PUAS BANGET LIBURAN DENGAN BUDGET MINIM

Activities Lifestyle Traveling 29 October 2017

SOBAT HYDRO, INI LOH CARA PUAS BANGET LIBURAN DENGAN BUDGET MINIM

Read More