Oleh Admin

KEBIASAAN YANG BURUK UNTUK KESEHATAN

Salam Merdeka! Sebuah kebiasaan akan melekat dalam diri setiap manusia disadari atau tidak, tergantung dari seberapa sering kebiasaan itu kita lakukan. Hal yang berkaitan dengan kebiasaan ini pernah kita bahas dalam artikel sebelumnya. Kalau kebiasaan itu baik, seperti bangun pagi, banyak minum air putih, tidur cepat, dan lain sebagainya, maka itu wajib dipertahanakan. Nah, lalu bagaimana dengan kebiasaan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan? Pertanyaan retorik sebenarnya ya Sobat, tentu itu harus dijauhi. Jelas, karena kesehatan sangat penting untuk diri setiap manusia, bila sakit, akan banyak hal penting yang tidak dapat dilakukan yang mana itu bisa juga berdampak buruk bagi masa depan. Wah, jadi sepakat ya Sobat kalau kita tidak boleh cuek terhadap kesehatan diri kita.

Kebiasaan apa sih yang berdampak buruk terhadap kesehatan? Mungkin Sobat sudah dapat menerka-nerka kira apa ya. Maka mari kita coba pastikan apakah tebakan Sobat itu benar.

  1. Merokok.
    Iyap! Seusai dengan tebakan Sobat Hydro. Anjuran yang seringkali disosialisasikan oleh lembaga-lembaga kesehatan untuk berhenti merokok. Bahkan peringatan itu ada di kemasan rokok itu sendiri. Bagaimana mungkin rokok tidak berdampak buruk bagi kesehatan, nikotin dan bahan lain yang terkandung di dalam rokok dapat mempengaruhi kinerja paru-paru, bahkan sampai ke jantung. Wah bukan main-main ini! Tapi kenapa ya masih banyak perokok? Kembali lagi, kebiasaan! Kebiasaan ini harus segera dihindari ya Sobat, bagaimanapun caranya.
  2. Menkonsumsi Alkohol.
    Tidak berbeda dengan rokok, alkohol pun memberikan dampak yang buruk bahkan bukan hanya untuk kesehatan. Bila menkonsumsi alkohol berlebih akan berdampak pada hilang kesadaran yang juga berdampak buruk untuk pribadi kita. Beberapa orang memang memiliki prinsip untuk sama sekali tidak menkonsumsi alkohol, itu baik. Dan bila mengkonsumsi alkohol secara sewajarnya, dalam hal ini untuk menghangatkan karena udara yang terlalu dingin, itu juga masih terbilang tidak maslaah. Yang jadi masalah adalah saat orang menkonsumsi alkohol secara berlebihan dan akhirnya jadi kebiasaan, jelas itu sangat tidak baik untuk segala sisi ya Sobat dan harus dihindari.
  3. Insomnia.
    Insomnia atau tidak dapat tidur cepat pun diawali dari kebiasaan. Saat kebiasaan ini sudah sering dilakukan, dalam keadaan lelah sekalipun tetap akan sulit untuk tidur. Ini yang bahaya! Apalagi mungkin kegiatan keesokan harinya dimulai pagi hari, tentu tubuh akan kurang istirahat namun diri memaksa untuk terus beraktifitas. Terbayang kan Sobat dampak buruknya?
  4. Menggigit kuku.
    Bila ketiga kebiasaan diatas dilakukan dengan kondisi sadar, berbeda dengan menggigit kuku. Kebiasaan buruk ini seringkali dilakukan tanpa disadari apalagi bila dalam keadaa gugup. Dampak buruk bagi kesehatan dari kebiasaan ini jangan diremehkan, menggigit kuku dapat memberikan infeksi pada sekitaran kulit. Selain itu, kebiasaan ini dapat menyebabkan masuknya kuman melalui mulut yang akan berakibat buruk pada pernafasan bagian atas dan infeksi lainnya. Tidak sampai disitu, hal ini dapat berdampak pula pada kesehatan gigi, bahkan bisa membuatnya retak,
  5. Menatap layar Hp atau komputer terlalu lama.
    Saat kita sedang melakukan aktifitas dengan smartphone atau di depan leptop/komputer, biasanya kita lupa waktu sehingga terlalu lama untuk menatap layarnya. Dalam dunia kedokteran hal ini dapat menyebabkan masalah penglihatan, seperti ketegangan mata bahkan kerusakan retina. Itu lah salah satu alasan orang memakain kacamata karena rabun jauh. Namun kebiasaan ini bukan tanpa solusi Sobat, mengingat aktifitas penting kita melibatkan smartphone atau komputer. Saran dari dokter kegiatan itu dilakukan dengan aturan, setiap 20 menit menatap layar, lakukan 20 detik istirahat, baiknya ditambahkan dengan berjalan setidaknya 20 langkah. Aturan tersebut dapat meminimalisasi dampak buruk pada mata.

Masih banyak ya Sobat kebiasaan-kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Semoga kelima kebiasaan tadi sudah dapat mewakilinya. Nah setelah kita saling berbagi akan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, sekarang kita dapat lebih memperhatikan kebiasaan-kebiasaan kita ya Sobat. Akan terasa lebih sempurna bila kebiasaan buruk itu dapat terganti dengan kebiasaan yang baik. Sama halnya seperti bila ada Sobat yang masih terbiasa menkonsumsi minuman yang tidak menyehatkan, dapat diganti dengan minum Hydro Coco setiap harinya yang sangat baik bagi kesehatan Sobat. Semakin banyak kebiasaan baik yang Sobat lakukan, maka semakin Sobat berpotensi untuk selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Cara Membentuk Mental Orang Sukses

Activities Lifestyle 18 January 2016

Cara Membentuk Mental Orang Sukses

Read More
5 Film Romantis Paling Ditunggu Tahun Ini!

Activities Lifestyle 12 February 2016

5 Film Romantis Paling Ditunggu Tahun Ini!

Read More