KENAPA BERBUKA HARUS DENGAN YANG MANIS?

Health 10 May 2019

Oleh Admin

KENAPA BERBUKA HARUS DENGAN YANG MANIS?

Hai Sobat Hydro! Bagaimana puasanya sejauh ini? Tentunya lancar dong ya. Selain daripada menahan lapar dan haus dari terbit sampai terbenamnya matahari, sudah pasti kita juga dianjurkan untuk meningkatkan ibadah kita, khususnya ibadah sunnah. Karena Sobat tentunya sudah tahu kelebihan dari Bulan Ramadhan itu sendiri. Salahsatu dari banyaknya sunnah dalam berpuasa adalah mengakhirkan waktu sahur dan menyegerakan waktu berbuka. Karena Islam melarang untuk melakukan puasa terus menerus tanpa ada waktu berbuka. Bahkan ini ada hadistnya loh Sobat, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘Alaih).

Nah, setelah kita menyegerakan waktu berbuka, kita juga dianjurkan berbuka dengan yang manis. Sebenarnya tidak ada hadist khusus yang menyatakan hal tersebut, yang ada adalah kebiasaan Rasulullah Saw. berbuka dengan kurma, bila tidak ada Beliau Saw. berbuka dengan seteguk air. Beberapa ulama hadist menyamakan kurma dengan makanan yang manis-manis. Jadi bila tidak ada kurma, maka berbuka dengan makanan/minuman yang manis, bila tidak ada maka berbuka dengan seteguk air, misalnya dengan air kelapa, karena banyak kandungan yang menyehatkan di dalam air kelapa itu sendiri. Air kelapa mengandung kadar gula yang tidak berlebihan, yang berarti air kelapa sudah mewakili dari konsumsi buka puasa yang dianjurkan. Manfaat lebih jauhnya akan kita bahas di artikel selanjutnya ya Sobat.

Apa sih manfaat dari berbuka dengan yang manis? Dari sudut pandang kesehatan, selama hampir 14 jam menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak menerima asupan cairan dan sari makanan. Hal tersebut mengakibatkan kadar gula dalam darah menurun dan tubuh kekurangan sumber energi yang menjadikan tubuh terasa lemas pada beberapa jam sebelum berbuka atau bahkan hampir sehari penuh. Sebagaimana diketahui, sumber energi dari manusia dihasilkan dari asupan karbohidat yang diubah menjadi gula oleh insulin. Maka dari itu menkonsumsi makanan/minuman yang manis saat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengembalikan energi dan menguatkan tubuh setelah menjalankan ibadah puasa guna menyeimbangkan kadar insulin sehingga dapat melanjutkan produksi energi.

Setelah mengetahui alasan dan manfaat berbuka puasa dengan yang manis, tentunya Sobat Hydro tidak akan kebingungan lagi kan untuk menentukan menu berbuka nanti. Jangan lupa sertakan juga Hydro Coco sebagai menu utama berbuka ya Sobat!

BEBERAPA GAYA CLUTCH BAG YANG BIKIN KITA MAKIN KEREN

Activities Lifestyle 8 December 2017

BEBERAPA GAYA CLUTCH BAG YANG BIKIN KITA MAKIN KEREN

Read More
SEBAGAI CEWEK, KAMU NGGAK BOLEH LUPA BAWA INI PAS LAGI TRAVELING

Activities Health Traveling 21 April 2017

SEBAGAI CEWEK, KAMU NGGAK BOLEH LUPA BAWA INI PAS LAGI TRAVELING

Read More