KENAPA CEWEK SUKA CURHAT DI SOCMED ? INI DIA ALASANNYA!

Activities Lifestyle 27 January 2017

Oleh Admin

KENAPA CEWEK SUKA CURHAT DI SOCMED ? INI DIA ALASANNYA!

Bongkahan es sebesar gunung sudah mencair perlahan dan bergeser jauh dari tempat semula. Arah kiblat orang muslim juga bergeser 25 dejarat ke arah barat dari posisi awal karena pengaruh pergeseran lempeng bumi. Pun hal yang sama dengan interaksi antar manusia yang sudah jauh bergeser. Dulu semua terjadi di dunia nyata, berinteraksi dengan orang yang jauh di mata dekat di hati lebih banyak melalui tulisan dan telepon koinan. Hari ini bisa dilakukan dengan jaringan internet. Teknologi mendekatkan kita, apalagi ketika beragam media lahir dan tiba – tiba jadi penghubung antara banyak orang yang tadinya dibatasi jarak dan waktu.

Di Indonesia sendiri interaksi antara sesama manusia via dunia nyata di mulai melalui website – website pertemanan seperti Friendster dan kemudian hijrah massal ke dalam Facebook. Bola salju interaksi ini terus bergulir melalui smartphone bernama Blackberry yang menyediakan aplikasi chatting. Dan akhirnya terus berkembang jauh hingga saat ini melalui banyak aplikasi. Yang populer tentu saja Twitter, Path atau Instagram. Dulu orang menganggap anjing adalah sahabat terbaik manusia, sekarang nggak lagi. Ada media sosial yang bisa menemani manusia ketika bosan menunggu di dalam antrian, bosan di perjalanan atau ketika ingin membunuh waktu luang.

Kecanduan yang hakiki ini membuat orang jadi lupa kalau sebenarnya media sosial juga punya etika dan batasan karena pada dasarnya pelakunya adalah manusia juga yang masih punya perasaan. Nggak sedikit kolega, kawan dan sanak keluarga yang mengumbar status berlebihan di dalam linimasa. Sifat media sosial yang bebas dan nyaris tanpa aturan membuat banyak orang merasa menemukan tempat yang pas untuk mengeskpresikan diri, menjadi diri sendiri atau menjadi orang lain yang dia anggap sebagai cerminan dirinya sendiri melalui status – status yang dibuatnya. Tapi yang menjadi problem adalah ketika seseorang berubah menjadi pembual. Wajar kalau kita ingin dikenali untuk usaha keras kita, tapi membual? Rasanya berlebihan dan malah sebaliknya bisa membuat kita muak hanya dengan membaca status tersebut.

Ingat, ada perbedaan tipis antara kritis dan mengeluh. Kita semua boleh memilih karakter sebagai orang yang kritis terhadap lingkungan sekitar, isu politik dan sebagainya. Tapi jangan memilih karakter sebagai tukang mengeluh. Kita semua sepakat dan  yakin banyak orang yang merasa terganggu dengan kebiasaan orang yang mengeluh, apalagi kalau dilakukan sepanjang hari. Dan mungkin satu – satunya mantan presiden yang suka mengeluh sambil curcol hanya ada di Indonesia. Mungkin….

Tidak semua harus dilempar di linimasa. Kamu tidak perlu memberi tahu teman di Facebook atau Path kalau kamu baru saja nembak cewe yang sudah kamu suka sejak lama. Rileks, bahkan status wajib laporpun tak harus melaporkan setiap kegiatannya ke kantor polisi bukan? Jangan kebanyakan berbagi.

Wah kamu baru punya band yang sedang merintis jalan, good! kamu juga menggunakan media sosial untuk mempromosikan band baru kamu, itu lebih bagus lagi! Sayangnya, kamu mungkin lupa kalau orang menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain, bukan sekadar berbisnis. Orang nggak akan suka kalau setiap saat kamu hanya mengisi waktu di media sosial dengan memamerkan band baru kamu. Itu spamming namanya, dan jelas itu mengganggu. Ini juga berlaku buat yang punya usaha bisnis baru.

Sebenarnya ada banyak hal yang harus kita perhatikan ketika berinteraksi di media sosial. Intinya adalah kembali kepada diri kita sendiri. Apakah kita senang berinteraksi dengan orang yang terlalu berlebihan? Kalau iya, nggak masalah sih. Mungkin kamu bisa melakukannya juga dan kamu hanya akan berinteraksi dengan orang yang punya kesamaan. Yah intinya, media sosial sebenarnya hanya sama dengan dunia nyata. Hargai orang jika kamu juga ingin dihargai. kita wajib mengingatkan bukan?

SPORT TOURISM?! APASIH?

Hydro Coco's Articles Traveling 9 November 2018

SPORT TOURISM?! APASIH?

Read More
5 Makanan yang Membuat 10 Tahun Lebih Muda

Hydro Coco's Articles 5 June 2015

5 Makanan yang Membuat 10 Tahun Lebih Muda

Read More