KERJA DI DEPAN KOMPUTER SEHARIAN? INI TIPSNYA AGAT TETAP SEHAT!

Activities Health 22 March 2020

Oleh Admin

KERJA DI DEPAN KOMPUTER SEHARIAN? INI TIPSNYA AGAT TETAP SEHAT!

Bila kita membicarakan mengenai teknologi, khususnya digital, tentu tidak akan terlepas dari kata komputer. Ya, mesin atau alat yang pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari Sobat Hydro. Bagaimana tidak, segala hal yang ingin Sobat ketahui bisa bermula dengan media komputer. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini. Memang saat ini akses yang dulu harus melalui komputer bisa diefisiensikan dengan hadirnya smartphone. Namun, smartphone saja tidak cukup, khususnya dalam beberapa hal. Hampir semua pekerjaan saat ini berbasis dari komputer sebagai pengolahan data atau sumber sistem suatu perusahaan. Jadi bisa dikatakan dominasi waktu kita sehari-hari dalam bekerja atau sekedar mencari informasi atau mengolah media sosial itu dihabiskan di depan layar komputer atau laptop.

Disadari atau tidak, rata-rata untuk Sobat yang bekerja di kantoran atau yang berprofesi sebagai content creator, editor, music operator, administrator, dan lain sebagainya akan menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop 8 hingga 9 jam setiap hariya. Hal tersebut karena tuntutan pekerjaan Sobat yang dalam kata lain, mau tidak mau Sobat harus menjalani rutinitas tersebut setiap harinya kecuali weekend atau di jam libur Sobat. Bahkan ada beberapa profesi yang tetap harus membuka layar laptop atau komputer di waktu liburnya juga. Bila Sobat tidak memperhatikan cara-cara yang baik saat bekerja di depan komputer, akan beresiko mengganggu kesehatan Sobat. Tidak sedikit pula yang bekerja dengan cara tersebut mengeluh, seperti sakit mata, iritasi, mata lelah, gangguan persendian, sakit punggung dan lain sebagainya. Nah sekarang bagaimana sih cara yang baik agar saat bekerja didepan komputer bisa tetap sehat? Berikut tips-tipsnya.

  1. Mengatur Tampilan Layar
    Meskipun terlihat sepele dan seringkali terabaikan, menyetel layar komputer atau laptop dengan benar adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan bagi Sobat yang memang menghabiskan waktu bekerja di depan layar komputer atau laptop. Sebaiknya mulai lah untuk mengatur tingkat kecerahan dan gambar pada layar komputer Sobat. Sebab jika tampilan layar tidak pas untuk Sobat, misal terlalu terang atau terlalu gelap, hal tersebut akan membuat mata Sobat mudah lelah hingga sampai sakit kepala. Kalau sudah begitu, pekerjaan pun tidak akan selesai karena Sobat tidak akan lagi efektif untuk bekerja. Jangan lupa untuk mengatur jarak pandang juga ya Sobat.
  2. Mengatur Posisi Duduk
    Setelah layar tampilan komputer atau laptop sudah Sobat atur, hal selanjutnya adalah atur posisi duduk Sobat. Duduklah dengan tegak. Karena posisi duduk yang salah adalah salah satu penyebab punggung bagian Sobat terasa sakit. Hal ini terjadi karena posisi tubuh membungkuk, sehingga tulang belakang tidak dalam keadaan lurus. Maka dari itu, usahakan agar duduk selalu dalam keadaan tegak. Jika Sobat menggunakan kursi yang kemiringan sandarannya bisa diatur, aturlah dalam posisi 100 derajat. Selain itu tariklah pinggang Sobat ke sudut kursi hingga menyentuh sandarannya. Ini bisa membuat posisi duduk menjadi tegak lurus. Dengan posisi duduk yang benar, maka Sobat akan terhindar dari gangguan persendian yang sudah disebutkan sebelumnya.
  3. Istirahatkan Mata
    Tampilan layar sudah oke, posisi duduk sudah benar, tapi jangan terlalu fokus pada pekerjaan hingga akhirnya lupa hal lainnya Sobat. Apa itu? Yap! Jangan lupa untuk istirahatkan mata Sobat. Sepanjang Sobat bekerja, mata akan terus menatap objek yang ada dalam layar komputer. Bila tidak diistirahatkan, maka akan beresiko membuat mata perih, iritasi hingga sakit kepala. Jadi bisa dikatakan relaksasi mata atau mengistirahatkan mata dengan cara menutup mata sejenak menjadi salah satu hal yang penting juga ya Sobat. Sobat juga bisa menghiasi meja kerja Sobat dengan tanaman hidup kecil yang pernah kita bahas juga dalam artikel sebelumnya. Jadi sesekali sobat bisa melihat tumbuhan yang hijau dan segar di depan Sobat. Hal-hal tersebut bertujuan agar mata Sobat tidak terlalu lelah.
  4. Tetap Bergerak
    Sambil mengistirahatkan atau merilekskan mata, lakukanlah pergerakan yang sederhana, seperti peregangan, pergi ke toilet, mengunjungi meja kerja rekan atau mungkin meja kerja si dia untuk sekedar bertutur sapa. Kenapa harus tetap bergerak? Karena selama Sobat bekerja, posisi duduk terlalu lama akan membuat tubuh Sobat kaku. Jika dibiarkan, hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan karena akan membuat sendi-sendi Sobat kaku dan sakit. Atau bisa juga di waktu istirahat kali ini Sobat tidak lagi memesan makanan dari luar untuk diantarkan ke meja kerja. Tapi Sobat berjalan ke kantin atau keluar kantor untuk menikmati makan siang atau sekedar menikmati secangkir kopi bareng rekan kerja.
  5. Banyak Minum
    Nah, hal yang tetap penting dan jangan dianggap sepele lainnya adalah minum. Karena duduk terlalu lama tanpa minum bisa menjadi pemicu awal munculnya berbagai penyakit. Minumnya pun tidak perlu yang macam-macam, cukup air putih saja Sobat. Namun untuk lebih efektif dan memberikan manfaat lebih banyak adalah dengan cara minum Hydro Coco setiap hari selama bekerja. Ya, karena Hydro Coco merupakan air kelapa asli yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Hydro Coco merupakan sumber rehidrasi terbaik untuk tubuh. Jadi kebutuhan cairan di tubuh Sobat akan selalu terpenuhi sehingga Sobat akan selalu konsentrasi dalam bekerja. Selain itu, kandungan kalsium dan sodiumnya memiliki manfaat untuk kesehatan tulang yang akan membuat Sobat lebih kuat duduk di depan layar komputer atau laptop tanpa lagi perlu khawatir persendian Sobat mudah sakit. Dengan begitu pekerjaan Sobat jadi akan cepat selesai dan Sobat bisa cepat-cepat pulang untuk bisa berkumpul dengan keluarga.
HAL SEPELE TAPI NYEBELIN! JERAWAT!

Health Hydrococo Lifestyle 3 March 2017

HAL SEPELE TAPI NYEBELIN! JERAWAT!

Read More
Haus Usai Olahraga? Minum Air Kelapa!

Activities Health Hydrococo 15 January 2016

Haus Usai Olahraga? Minum Air Kelapa!

Read More