KETIKA SEBUAH POTONGAN SURGA TERNYATA TURUN DI INDONESIA

Activities Traveling 24 March 2017

Oleh Hydrococo

KETIKA SEBUAH POTONGAN SURGA TERNYATA TURUN DI INDONESIA

Menjejakkan kaki di suatu tempat yang baru merupakan sensasi tersendiri bagi para traveler. Apalagi ketika tempat tersebut menyimpan keindahan alam yang belum pernah dilihat sebelumnya di tempat lain. Kita pasti akan berpikir mungkin ini  adalah salah satu tempat di surga yang jatuh di bumi.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia bagai hamparan permadani dengan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan, Indonesia adalah juaranya. Bahkan bukan hanya masyarakat domestik yang terkesima, penduduk dunia pun bahkan ikut jatuh cinta. Dan yang paling membuat decak kagum semua wisatawan yang datang adalah Tempat wisata di ujung timur negara kita di Propinsi Papua Barat.

Ya, Kepulauan Raja Ampat nggak hanya disanjung di dalam negeri. Puja-puji akan kecantikan pulau ini juga dilempar oleh masyarakat dunia untuk destinasi wisata yang letaknya ada di Papua ini. Dan salah satu tempat Eksotis Indonesia yang satu ini membuat kita punya kewajiban untuk terus menceritakan itu kepada dunia.

Di Raja Ampat, kita akan melihat hamparan pasir putih di sepanjang pesisir pantai, bagaikan jembatan antara air laut bening yang berwarna turquoise dan daratan yang dipenuhi berbagai pepohonan tropis dan pohon mangrove yang hijau dan segar, sehingga pesona dan pemandangan ini mampu membuat kagum setiap mata yang memandangnya. Tidak terlupakan pulau-pulau yang mengelilingi masih sangat asri serta belum terjamah tangan jahil manusia turut mempercantik potongan surga ini.

DIVING

Kita sebagai warga negara Indonesia sangat berbangga, keindahan wisata bawah lautnya Raja Ampat ini nggak perlu diragukan lagi, Raja Ampat masuk dalam daerah segitiga karang dunia yang menyimpan sekitar 75% jenis ikan hias serta berbagai jenis terumbu karang. Benar-benar sebuah surga! Ini adalah alasan utama para traveller datang ke nirwana bumi ini, untuk diving di sala satu spot terbaik di dunia. Terdapat 603 jenis terumbu karang keras, jumlah yang mencapai lebih dari 75% dari jenis terumbu karang yang ada di dunia. Kalian bisa membayangkan bukan? Belum lagi menikmati 1397 jenis ikan yang hilir mudik kesana dan kesini, nggak diragukan lagi kalau Raja Ampat adalah ibukota ikan dunia dengan Nemo sebagai gubernurnya. Aneh rasanya kalau ada seorang penyelam belum pernah menggunakan lisensi diving-nya disini.

SNORKLING

Tapi  buat Sobat Hydro yang belum punya lisensi menyelam dan nggak bisa lihat ibukota ikan di pemandangan air dalam nggak usah baper dan cemberut, ada aktivitas lain yang dijamin nggak kalah seru kok. Salah satunya snorkling di perairan dangkal. Karena sangat beningnya air, hampir seluruh perairan Raja Ampat punya visibilitas yang baik hingga mencapai beberapa meter. Jadi kamu nggak perlu diving untuk melihat-lihat kekayaan laut kawasan ini. Cukup dengan snorkling saja kita akan terasa cukup terpuaskan.

FISH FEEDING

Aktivitas lain yang masih bisa kita lakukan adalah fish feeding atau memberi makan ikan. Kamu tetap bisa melihat biota laut dari permukaan atau di atas perahu. Ikan-ikan kecil tanpa rasa takut bakalan mendekati kamu saat kamu memberi mereka makanan. Yang perlu disiapkan hanya makanan seperti roti atau biskuit. Ikan saja nggak takut, masa kamu takut sih. Oh, kegiatan ini bisa dilakukan di Waisai, nggak dipungut biaya. Kalau pun iya, paling hanya membayar sewa perahu. Ada yang lebih seru, coba berkunjung ke Sawing Rai. Disana kamu bisa memberi makan ikan dengan cara tangan kita dilumuri terigu, masukan tangan kamu ke dalam air nanti ikan-ikan akan menggigit tangan kita. Geli-geli tapi asik.

SUNRISE & SUNSET

Selain semua yang uda dibahas tadi, ada aktivitas lain yang seru. Yaitu berburu sunrise dan sunset. Raja Ampat juga merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset dan sunrise. Tapi sunrise disana terbilang yang paling juara. Beberapa hotel dan resort bahkan membangun hotel yang memiliki pemandangan matahari terbit. Cukup pasang alarm sebelum matahari terbit supaya nggak ketinggalan momen, siapkan kamera saku atau ponsel, lalu touch-up. Abadikan pemandangan pulau-pulau kecil nan hijau dengan laut biru diterpa sinar emas kekuningan matahari yang baru terbit dengan kamera kamu. Sebuah penampakan yang indah luar biasa. Ini surga sobat Hydro!

Kalian bisa melihatnya kan? Mulai dari keindahan panta yang berpasir putih, kecantikan biota di bawah laut yang paling bagus di dunia, keasrian pulau dan keharmonisan yang terlihat di hutan mangrovenya, serta berbagai keragaman hayati yang dikandung oleh Raja Ampat, maka memang sama sekali nggak salah jika banyak orang berpendapat salah satu potongan surga telah hadir di Indonesia, Kepulauan Raja Ampat.

Ini 4 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Multitasking

Activities Health Lifestyle 9 October 2014

Ini 4 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Multitasking

Read More
WAHAI PARA GADIS, PERHATIKAN HAL INI SUPAYA NGGAK BIKIN COWOK MALES MENDEKAT

Activities Lifestyle 5 April 2017

WAHAI PARA GADIS, PERHATIKAN HAL INI SUPAYA NGGAK BIKIN COWOK MALES MENDEKAT

Read More