LAKUKAN HAL BERIKUT AGAR TIDUR KAMU BERKUALITAS PAS PUASA

Activities Health 24 May 2017

Oleh Hydrococo

LAKUKAN HAL BERIKUT AGAR TIDUR KAMU BERKUALITAS PAS PUASA

Sobat Hydro, kamu tahu betapa pentingnya tidur yang berkualitas? Kamu harus memperhatikan kualitas tidur karena hal itu berdampak besar untuk kesehatan kamu. Dan kalau kamu kurang tidur, akibatnya bisa mengacaukan daya fikir kamu saat kamu melakukan aktivitas serta menurunnya tingkat konsentrasi kamu.

Saat bulan puasa, pola tidur juga akan terganggu karena ketika setelah berbuka puasa, kita menjalankan salat taraweh hingga sekitar jam 9 malam. Waktu tidur yang kita miliki hanya dari jam 9 malam lebih hingga jam 2 atau 3 subuh. Jadi kurang lebih hanya 5 sampai 6 jam saja waktu tidur. Tetapi, jangan salah Sobat Hydro… Tidur berkualitas selama puasa tetap bisa dilakukan, karena justru puasa dapat membuat tubuh lebih sehat dengan mengurangi aktivitas pencernaan dan detoksifikasi secara alami.

Yang perlu diingat, memiliki tidur yang berkualitas pada malam hari dapat mempengaruhi kondisi kita saat bangun tidur keesokan harinya. Tidur yang cukup dan nyenyak pada malam hari bisa menghalau banyak keluhan selama menjalani puasa. Tidur dengan kualitas yang baik membuat kita bangun dalam keadaan yang segar dan bahagia.

Nah, jangan sampai karena kamu nggak cukup tidur justru menjalani ibadah puasa nggak sepenuh hati dan beralasan macam-macam agar bisa membatalkan puasa.. sayang kalau nggak puasa.

Kamu ingin memiliki tubuh sehat selama menjalankan ibadah puasa? Lakukan hal berikut.

Jangan Makan Berlebihan

Makanan merupakan sumber utama yang membuat kita cepat dan mudah mengantuk. Tapi bukan berarti makan secara berlebihan saat berbuka puasa membuat kamu jadi bisa tidur lebih nyenyak. Usahakan banget untuk mengonsumsi makanan secukupnya saja dan jangan terlalu kenyang ketika kita mau tidur.

Hindari minuman mengandung kafein tinggi seperti kopi karena bisa memicu adrenalin dan meningkatkan detak jantung yang membuat kamu sulit mendapatkan tidur berkualitas selama puasa.

Usahakan Meminum Air Kelapa Saat Buka

Lancarnya sirkulasi darah juga membantu kamu cepat beristirahat dan tidur dengan nyaman. Nah, untuk hal ini lebih baik kamu gunakan air kelapa saat berbuka  karena air kelapa bagus untuk sirkulasi darah sehingga mengurangi tekanan darah ketika waktu kamu akan istirahat nanti (statement ini diapprove oleh FDA) dan selain itu, baik untuk penderita diabet.

Atur Waktu Tidur

Pola tidur yang baik yaitu selalu dilakukan di jam yang sama setiap harinya. Hal ini dapat membantu tubuh kita untuk mengenali kebiasaan, sehingga dengan otomatis bisa mempercepat proses tidur dan membuat tubuh istirahat lebih baik. Kalau, kamu bisa tidur pada jam 9 malam, maka usahakan juga tidur pada waktu yang sama. Usahakan jangan sering-sering begadang karena membuat tubuh memiliki pola tidur acak-acakan dan nggak beraturan. Selain itu, tubuh yang kekurangan tidur bisa menyebabkan organ-organ nggak bekerja secara optimal.

Hindari Gadget

Nah ini yang susah nih.. menghindari gadget. Generasi seperti kita sekarang ini memang nggak bisa lepas dari smartphone dan laptop, sehingga untuk menghindarinya sebelum tidur lumayan sulit. Namun jika kamu memang memiliki tekad yang kuat untuk mendapatkan tidur berkualitas, maka sebaiknya hindari kontak dengan berbagai macam gadget minimal 1 jam sebelum tidur. Cara ini sangat efektif untuk membuat tubuh memasuki masa-masa rileks dan siap untuk tertidur pulas. Agar nggak mudah dijangkau, letakkan gadget cukup jauh dari tempat tidur kamu.

Sebenarnya cukup sederhana ya untuk memiliki tidur yang berkualitas saat puasa. Kita hanya perlu memulail untuk berkomitmen dengan diri sendiri agar memiliki kehidupan yang lebih tertata.

Tips Menjadi Penulis yang Produktif

Activities Lifestyle 13 January 2016

Tips Menjadi Penulis yang Produktif

Read More
PATUT DICOBA, INI CARA SEDERHANA MENDETOKS TUBUH KITA

Health Hydrococo 15 March 2017

PATUT DICOBA, INI CARA SEDERHANA MENDETOKS TUBUH KITA

Read More