LEBIH EKSIS MANA, JALAN KAKI ATAU BAWA KENDARAAN SENDIRI

Hydrococo Lifestyle 26 December 2016

Oleh Admin

LEBIH EKSIS MANA, JALAN KAKI ATAU BAWA KENDARAAN SENDIRI

Budaya – suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

 

Ada suatu hal yang perlu kamu tahu. Dan atau bagi kamu yang sudah tahu, artikel ini akan mengingatkan kembali… bahwa kebudayaan berjalan kaki di negara maju sudah tinggi dibandingkan di Indonesia. Perlu diinget lho, mereka bukan jalan kaki karena cuaca yang lebih dingin. Kadang kita di indonesia ini suka banget ngasih alasan, “kalau jalan kan panas! kalo di inggris sih enak dingin”.

Well, boleh dibilang itu sih alasan aja. Buktinya, kalau lagi dingin pasti kamu juga akan bilang “duuuh dingin banget kalo jalaaan.”

So, nggak bisa dipungkiri kan dalam hati kita semua rata-rata orang Indonesia memang suka banget beralasan. Ya nggak?

Nah, kalo kita lihat di Amerika sana, rata-rata jarak yang mereka tempuh dari subway ke apartemen mereka mencapai 8 blok (mungkin sekitar 2-3km). Sedangkan kalau kita disini, cuma ke ujung jalan aja paling naik ojek. Juara memang Indonesia!

Oke, kamu baca kembali judul artikel diatas. Dan kemudian coba kamu tanyakan ke diri kamu sendiri. Apa benar kita akan terlihat lebih eksis kalau membawa kendaraan sendiri. Betul nggak sih? Dengan membawa kendaraan sendiri tentu yang akan dilihat orang adalah prestise. Kemampuan untuk membeli sebuah kendaraan. Terserah deh mau dibeliin orang tua atau beli sendiri. Di Indonesia ini, yang penting orang beranggapan bahwa kendaraan adalah tanda kesuksesan. Jadi untuk menjawab lebih eksis yang mana sebenarnya kita sudah tahu, bahwa membawa kendaraan sendiri itu lebih eksis dibandingkan jalan kaki. Nah tapiii.. dibalik ke-eksistensi-an tadi ada sebuah budaya yang sebenarnya tidak baik kawan – kawan.

 

Tulisan ini sebenarnya dibuat untuk menyadarkan kita semua, bahwa ada sebuah budaya malas yang sudah lama mengakar dalam diri kita. Membawa kendaraan sendiri tentu selain alasan kebanggaan, ada juga alasan seperti kenyamanan dan keamanan. Ini alasan yang bisa dimaklumi. Tetapi ada yang perlu juga kamu ketahui. Bahwa dengan membawa kendaraan sendiri, negara dan kota kamu itu tidak akan pernah bisa menjadi lebih maju. Tingkat polusi tinggi dan kemacetan yang parah akan terjadi jika kamu semua lebih memilih membawa kendaraan sendiri setiap kemana – mana. Ini sudah terjadi kok saat ini. Untuk kamu yang berada di kota–kota besar tahu bahwa kemacetan adalah sebuah problem yang belum bisa dipecahkan. Coba deh kamu bandingkan dengan beberapa kota di negara–negara maju, meraka rata–rata memilih berjalan kaki dan menggunakan kendaraan umum dibandingkan membawa kendaraan sendiri. Di Jepang, orang terbiasa hectic, serba cepat, grasak–grusuk dan sibuk tapi mereka masih mau untuk bersusah payah berjalan kaki. Itu karena budaya.

 

Tapi semua selalu ada plus-minusnya. Dengan berjalan kaki atau naik kendaraan sebenarnya sama–sama eksis dan bisa eksis. Saat berjalan kaki untuk kesehatan kamu bisa pake ipod untuk mendengarkan musik sampai tiba di tujuan. Atau bahkan Samsung Gear yang lebih canggih, murah dan lebih kece. Pake juga sneaker kamu yang keren dan berteknologi tinggi. Jangan lupa bawa Hydro Coco juga untuk membasuh rasa dahaga kamu setelah berjalan kaki. Nah untuk yang membawa kendaraan, selain prestige yang sudah dibahas di atas. Tentu membuat kamu menjadi lebih rapi, nyaman dan efisien. Kamu juga nggak perlu khawatir dengan cuaca tropis yang bisa panas bisa hujan setiap saat. Yang perlu dilakukan saat ini adalah jangan sampai kamu tidak berimbang. Sesekali memang oke banget membawa kendaraan sendiri, tapi jangan lupa juga untuk sesekali berjalan kaki dan naik kendaraan umum.

6 Alasan Untuk Mencoba Bikram Yoga Sekarang

Activities Lifestyle 1 July 2014

6 Alasan Untuk Mencoba Bikram Yoga Sekarang

Read More
Harus Cobain! 5 Nasi Goreng Terenak di Jakarta

Activities Lifestyle 21 January 2016

Harus Cobain! 5 Nasi Goreng Terenak di Jakarta

Read More