LOGO DAN TEMA HUT RI YANG BERBEDA DI SETIAP TAHUNNYA BUKAN TANPA ALASAN

Activities Hydrococo 21 August 2019

Oleh Admin

LOGO DAN TEMA HUT RI YANG BERBEDA DI SETIAP TAHUNNYA BUKAN TANPA ALASAN

Salam Merdeka Sobat Hydro! Mungkin bukan hal yang baru Sobat Hydro melihat gambar yang tertera dalam artikel ini. Ya, logo dan slogan resmi dalam perayaan HUT RI yang ke 74 itu sudah disosialisasikan oleh Kementerian Sekertariat Negara sejak sekitar 2 bulan yang lalu dengan revisi yang dirilis sekitar 1 bulan yang lalu. Wah ko bisa sampai ada revisi ya Sobat? Kan cuma logo. Eits jangan kesampingkan sebuah logo. Seperti yang telah Sobat setujui bersama, penggunaan logo tidak dapat dianggap sepele. Kenapa demikian? Karena dalam logo itu terkandung makna dan ideologinya sediri. Bahkan garis dalam logo saja bisa memiliki arti, begitu juga dengan font yang digunakan. Terutama pada tagline yang tercantum. Satu kata saja dalam tagline itu perlu didalami makna yang terkandung di dalamnya, apalagi satu kalimat. Hal itu harus mewakili visi dan misi sebuah perusahaan terutama dalam hal ini suatu negara.

Selain berhubungan dengan logo, tagline bisa juga diartikan tema dalam perayaan di setiap tahunnya. Hal ini berkaitan dengan semangat kebangsaan yang akan dianjurkan oleh negara untuk disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar memiliki semangat yang sama. Apa Sobat Hydro masih ingat logo HUT RI ke-72 dua tahun yang lalu? Dengan tagline Indonesia Kerja Bersama. Tagline tersebut menggambarkan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Begitu pula dengan logo HUT RI tahun kemarin yang ke-73 dengan tagline Kerja Kita, Prestasi Bangsa. Saat itu logo HUT RI bersanding dengan logo Asian Games persis disebelahnya. Hal ini untuk merepresentasikan betapa bangganya bangsa Indonesia menjadi tuan rumah ajang yang di helat 4 tahun sekali dalam lingkup se-Asia.

Tahun ini bagaimana? Seperti yang Sobat dapat lihat, pada perayaan HUT Ri yang ke-74, Indonesia mengusung tagline SDM Unggul, Indonesia Maju. Tagline tersebut menggambarkan visi pemerintahan dalam momentum ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Sedangkan untuk logo 74 th melambangkan sinergi, kolaborasi, inspirasi dan semangat bekerja tiada henti untuk membangun negeri. Bila diulas lebih detail, logo terdiri dari angka 7 dan 4. Ditengah-tengahnya ada angka sudut yang melambangkan kolaborasi dan visi menuju progres yang semakin lebih baik. Sedangkan dari angka 7 ke angka 4 yang membentuk garis petir melambangkan gerak, kerja, energi yang menginspirasi dari atas ke bawah.

Sudah semakin jelas kan Sobat makna dibalik logo dan tagline HUT RI dari tahun ke tahun khususnya pada perayaan tahun ini. Setelah resmi dirilis, situs resmi Kementerian Sekertariat Negara pun membagi file pedoman visual bahkan sampai mentahannya loh Sobat. Hal ini bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat ikut serta dalam mensosialisasikan logo beserta tagline agar dapat menanamkan ideologi kebangsaan yang sama. Yuk Sobat kita mulai ikut menyebarluaskannya guna menunjukkan kualitas diri kita kepada negara, karena bila SDM Unggul, Indonesia Maju. Merdeka!

FAZA JULIO: LIVING THE DREAM

Activities Hydro Coco's Articles Hydrococo Lifestyle 10 July 2018

FAZA JULIO: LIVING THE DREAM

Read More
3 LANGKAH KEKINIAN MENYAMBUT BULAN PUASA DI KANTOR

Lifestyle 30 April 2019

3 LANGKAH KEKINIAN MENYAMBUT BULAN PUASA DI KANTOR

Read More