MAKANAN KHAS DI BERBAGAI DAERAH DI INDONESIA

Activities Lifestyle Traveling 23 October 2019

Oleh Admin

MAKANAN KHAS DI BERBAGAI DAERAH DI INDONESIA

Belum lama ini dalam artikel sebelumnya kita sudah sepakat bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan beberapa hal, yaitu budaya, alam dan makanan khas-nya. Namun sebelumnya, tentu Sobat sudah sangat familiar dengan makanan khas seperti rendang, pempek, mie aceh, kerak telor dan lain sebagainya, Sobat juga sudah tahu dari mana saja makanan tersebut berasal. Kita akan mengulas makanan khas yang mungkin tidak begitu familiar atau tidak begitu diketahui asalnya, apa saja itu? Mari kita ulas.

  1. Bika Ambon
    Masih banyak orang menganggap Bika Ambon berasal dari Ambon. Kenyataannya, Bika Ambon adalah makanan khas Medan ya Sobat. Kue berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan manis. Sangat cocok disantap bersama dengan secangkir kopi atau teh.
  2. Gulai Belacan
    Gulai Belacan merupakan makanan khas dari Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan
  3. Seruit
    Makanan khas Lampung ini terbuat dari ikan yang dibakar dan disajikan dengan sambal terasi atau tempoyak atau mangga. Sensasi pedas nikmat akan dapat memanjakkan lidah Sobat. Jika Sobat sedang berkunjung ke Lampung, Sobat wajib untuk mencicipinya.
  4. Sate Bandeng
    Bila sate biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, usus ataupun telor puyuh, di Banten, ikan bandeng lah yang dijadikan sate. Rasanya? Tidak kalah nikmat dengan jenis sate yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Takut durinya? Tenang saja, sate bandeng ini tak memiliki duri dan tekstur dagingnya pun empuk.
  5. Rujak Cingur
    Menu ini pun rasanya banyak Sobat yang sudah mengenalnya. Ya, makanan khas Surabaya, Jawa Timur ini memiliki rasa yang khas. Kata “cingur” sendiri berarti “mulut”. Nama ini merujuk pada bahannya, yaitu irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.
  6. Catemak Jagung
    Sekarang Nusa Tenggara Timur lah yang juga ingin menu makanannya disebut. Catemak Jagung memiliki rasa yang manis seperti kolak di Jawa Barat, hanya saja Catemak berbahan dasar Jagung. Sangat cocok sebagi menu penutup atau dessert untuk Sobat.
  7. Juhu Singkah
    Suku Dayak dari Kalimantan Tengah pun memiliki makanan khasnya sendiri yang diberi nama Juhu Singkah. Merupakan makanan berbahan dasar umbut rotan yang dicampur dengan ikan betook. Penasaran dengan rasanya? Bila sedang berkunjung Kalimantan Tengah, wajib mencicipi menu satu ini ya Sobat.
  8. Sup Ikan Jantung Pisang
    Makanan khas daerah ini berasal dari Sulawesi Tengah. Makanan ini terbuat dari ikan yang dijadikan sup. Memiliki cita rasa yang pedas dan segar. Untuk Sobat yang menyukai pedas, wajib mencobanya.
  9. Binte Biluhuta
    Gorontalo adalah pemilik makanan khas ini. Makanan ini juga biasa dikenal dengan sebutan Milu Siram. Terbuat dari jagung yang disiram dengan bumbu khas daerah dan dicampur dengan udang, belimbing sayur serta topping pelengkap lainnya.
  10. Papeda
    Satu lagi menu makanan yang rasanya juga sudah familiar di telinga dan lidah Sobat. Papeda adalah makanan khas daerah Papua yang terbuat dari sagu. Papeda harus dimasak selama beberapa menit sampai tekstur makanan berubah menjadi bubur. Bubur putih dengan tekstur lengket seperti itu terasa hambar. Sebagai pelengkap, makanan khas daerah Papua ini diberi ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

Ada yang sudah pernah mencoba beberapa menu yang disebutkan diatas? Masih banyak ya Sobat menu makanan khas yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Yang jelas, Sobat harus mencoba setiap menu khas di daerah masing-masing bila sedang berkunjung atau berlibur. Jangan lupa tutup santapan menu khas Sobat dengan Hydro Coco karena dibuat dari air kelapa asli sehingga nikmat diminum dan sebagai teman makan.

NEW TREND: CALISTHENICS

Activities Hydrococo Lifestyle 28 August 2018

NEW TREND: CALISTHENICS

Read More
INILAH SKILL FUTSAL YANG BISA MEREBUT HATI PARA GADIS

Hydrococo Lifestyle 15 March 2017

INILAH SKILL FUTSAL YANG BISA MEREBUT HATI PARA GADIS

Read More