Makanan Sehat buat Musim Hujan

Health 6 June 2015

Oleh Admin

Makanan Sehat buat Musim Hujan

Musim hujan sudah berlangsung  di beberapa daerah, banjir mulai menggenang. Cuaca ini rawan bagi tubuh terserang flu atau penyakit musim lainnya. Tubuh perlu asupan beragam vitamin dan zat gizi lain, seperti selenium, seng, probiotik, serat, atau asam amino. Akhir pekan jadi waktu yang cocok bagi Sobat Hydro untuk memanjakan diri dengan asupan makanan yang bergizi. Berikut ini daftar makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh Sobat Hydro.

  1. Bawang Putih

Jenis bumbu ini mengandung bahan aktif allicin yang melawan infeksi dan bakteri. Satu penelitian di Inggris menyimpulkan konsumsi bawang putih membuat kemungkinan terserang flu turun 66 persen dibandingkan tak mengkonsumsinya. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari enam siung bawang putih seminggu maka pertumbuhan kanker perutnya juga melambat sepertiga dibanding tak mengkonsumsi.

  1. Ikan

Ikan mengandung selenium. Zat ini membantu sel darah putih memproduksi sitokin, jenis protein yang membersihkan tubuh dari virus flu. Ikan jenis salmon, mackerel, dan herring mengandung lemak omega-3 yang mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.

  1. Daging Sapi

Daging sapi adalah sumber seng yang sangat baik. Seng membantu perkembangan sel-sel darah putih. Mereka yang kekurangan seng ringan lebih rentan terhadap infeksi.

  1. Ubi Jalar

Bahan makanan ini kaya vitamin A yang membantu membangun jaringan ikat kulit. Jaringan ini adalah pertahanan pertama dalam memerangi infeksi bakteri dan lainnya. Dengan demikian, kesehatan kulit tetap baik dan terjaga.

  1. Sup Ayam

Sup ayam, makanan utama ketika sakit, membersihkan hidung tersumbat dan mengurangi lendir seperti obat batuk. Sup ayam juga memiliki agen anti-inflamasi Sobat Hydro.

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Sobat Hydro. J

 

(Sumber: Tempo.co)

Olahraga Angkat Beban

Activities Lifestyle 4 November 2014

Olahraga Angkat Beban

Read More
Haus Usai Olahraga? Minum Air Kelapa!

Activities Health Hydrococo 15 January 2016

Haus Usai Olahraga? Minum Air Kelapa!

Read More