MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT SAHUR

Health 27 May 2019

Oleh Admin

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT SAHUR

Sobat Hydro! Adakah dari Sobat yang pernah melaksanakan puasa tapi terlewat sahur? Tentu akan sangat terasa perbedaannya saat kita menjalankan puasa dengan dan tanpa sahur. Dengan kita sahur, kita akan dapatkan bekal asupan makanan yang cukup untuk menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh. Selain itu, ada keberkahan di dalam makan sahur, dikatakan dalam sebuah hadits, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam makanan sahur terdapat barokah”. (Muttafaqun ‘Alaih). Maka dari itu, sahur merupakan sunnah yang dianjurkan dalam menjalankan ibadah puasa. Jadi terdapat 2 keuntungan bila kita melaksanakan sahur, yaitu untuk membantu kita agar kuat berpuasa serta menegakkan sunnah Rasulullah Saw. sehingga akan mendatangkan pahala.

 

Setelah kita mendapatkan manfaat dari sahur, kita juga harus memperhatikan menu dan porsi dari makan sahurnya ya Sobat. Makanan dengan kandungan serat dan air sangat diperlukan tubuh saat makan sahur sebagai bekal untuk kita berpuasa. Yuk kita ulas apa saja makanan yang dianjurkan untuk dikonsumi saat sahur, diantaranya ;

BIJI-BIJIAN

Biji-bijijan memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Biji-bijian juga kaya akan serat yang dapat membantu sistem dan membersihkan saluran pencernaan. Protein dalam biji-bijian pun penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh kita. Menkonsumsi biji-bijian saat sahur akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Dalam artikel sebelumnya, kurma termasuk makanan yang ideal untuk berbuka, namun faktanya kurma juga sangat baik dikonsumsi saat sahur. Seperti yang kita ketahui bersama, kurma mengandung pemanis alami karena memilik 3 jenis zat gula di dalamnya yaitu glukosa, sukrosa dan flukrosa. Glukosa berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah sedangkan sukrosa dan flukrosa berfungsi agar menjaganya tetap stabil. Selain itu kurma juga kaya akan serat. Jadi mulai sekarang sediakan juga kurma di meja makan Sobat saat sahur ya.

BERAS MERAH

Beras merah merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi saat sahur. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang pemecahan dan penyerapannya lebih lama dibanding dengan karbohidrat sederhana. Inilah makanan yang sangat dibutuhkan Sobat untuk berpuasa, karena beras merah akan lambat dicerna tubuh atau jenis makanan yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama tanpa asupan makanan.

DAGING

Daging membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh, karena protein digunakan dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi. Namun jangan berlebihan menkonsumsi daging saat sahur ya Sobat. Protein dari daging berubah menjadi asam amino dan bakteri dalam mulut akan memecah asam amino yang akan menyebabkan mulut berbau tidak sedap.

SAYUR DAN BUAH

Sayur dan buah menjadi menu yang wajib saat sahur. Karena sayuran dan buah kaya akan serat, vitamin, kalsium dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Hal ini akan memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi, selain itu kebutuhan cairan dan elektrolit pun terpenuhi. Pilihlah sayur dan buah dengan kadar air tinggi, misal sayur diolah menjadi sop dan untuk buah, Sobat dapat memilih semangka dan melon. Namun tidak semua buah baik untuk dikonsumsi saat sahur ya Sobat. Buah dengan kadar asam tinggi akan menyebabkan gejala yang tidak baik bagi lambung.

 

Tidak adil rasanya bila kita hanya mengetahui makanan yang dianjurkan saat sahur tanpa kita tahu apa saja makanan yang dihindari saat sahur. Berikut adalah jenis makanan yang perlu dihindari saat sahur ;

MAKANAN YANG TELALU MANIS

Pada dasarnya tidak masalah untuk menkomsumsi makanan yang manis, namun jika berlebihan, jelas itu jadi masalah. Makanan yang mengandung gula berlebih adalah makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi. Menkonsumsi makanan yang terlalu manis saat sahur hanya akan membuat Sobat cepat haus dan perut terasa kembung. Tentu itu akan mengganggu Sobat saat berpuasa.

MAKANAN YANG TERLALU ASIN DAN PEDAS

Makanan asin dan pedas pun tidak masalah untuk dikonsumsi, namun sekali lagi, bila berlebihan, itu jelas tidak baik bagi tubuh. Apalagi bila kita menkonsumsinya saat sahur, karena akan membuat tubuh mengalami ke-tidakseimbang-an kadar sodium. Hal ini dapat membuat Sobat merasa lebih haus sepanjang hari.

MAKANAN BERMINYAK

Tidak ada yang menyangkal bila makanan berminyak tidak baik untuk kesehatan, terutama gorengan. Gorengan memang menjadi makanan yang praktis dan cepat untuk dibuat, seolah terlihat pas diolah di waktu sahur mengingat rasa kantuk yang masih dialami. Proses pencernaan gorengan memerlukan waktu dan energi yang besar, sehingga Sobat akan mudah merasa lemas. Selain itu, layaknya makanan yang terlalu manis, menkonsumsi gorengan saat sahur akan membuat Sobat merasa cepat haus dan perut kembung.

Menkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti coklat dan kopi atau teh sebaiknya dihindari saat sahur. Kenapa demikian? Karena kafein bersifat diuretik yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan saat berpuasa. Sebaiknya kebiasaan minum kopi atau teh diluar Bulan Ramadhan diganti dengan memenuhi asupan air mineral 8 gelas per hari atau dengan meminum air kelapa di Bulan Ramadhan.

Bagaimana Sobat Hydro, sudah jelas kan apa saja menu yang dianjurkan dan dihindari saat sahur? Jangan pernah mengesampingkan hal tersebut ya Sobat. Karena dengan Sobat memperhatikan keutamaan sahur dan asupan makanan yang baik untuk tubuh, maka hal itu akan membangkitkan semangat kita dalam menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini Sobat. Bila badan kita sehat, otomatis puasa juga akan lancar. Ditambah lagi kita akan terus mendapatkan pahala bila selalu sahur disetiap harinya. Semoga selalu sehat dan lancar puasanya ya Sobat!

4 Cara Relaksasi Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Health 6 October 2014

4 Cara Relaksasi Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Read More
ATASI DEMAM BERDARAH DENGAN AIR KELAPA!

Health Hydrococo 11 April 2016

ATASI DEMAM BERDARAH DENGAN AIR KELAPA!

Read More