Oleh Admin

Manfaat Renang Sebagai Olahraga Yang Menyenangkan

Renang adalah salah satu alternatif olahraga yang menyenangkan untuk mendapatkan kebugaran tubuh. Renang tidak membutuhkan partner layaknya sepakbola, bulutangkis, ataupun basket. Jadi, jika Sobat Hydro kesulitan mencari rekan untuk berolahraga, maka berenanglah. Renang juga merupakan olahraga keluarga, olahraga universal yang  bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

 

Manfaat Renang sama halnya dengan aktivitas fisik yang lain, renang juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Menurut para ahli, renang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak, meredakan stres, membantu permasalahan asma, hingga menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa renang dapat menghindarkan anda dari serangan stroke. Adapun manfaat renang yang lain adalah sebagai berikut :

 

  1. Membakar kalori secara efektif
    Renang dapat membantu pembakaran kalori sebanyak 500 hingga 650 kalori per jam, tergantung seberapa efisien dan efektif anda berenang. Jika dibandingkan dengan lari dan bersepeda, pembakaran kalori yang dihasilkan dari aktivitas berenang juga tidak kalah dahsyat. Efektivitas pembakaran kalori renang hanya terpaut tidak lebih 11% dari lari dan tidak lebih 3% dari bersepeda (asumsi: lama aktivitas adalah sama). Hal ini tentunya juga dapat mengontrol berat badan anda agar tetap ideal.
  2. Membantu permasalahan artritis
    Renang menawarkan aktivitas fisik yang minim risiko, memberikan rasa aman pada tulang dan sendi dari risiko cidera seperti yang sering terjadi pada olahraga lainnya seperti lari. Renang dan aktivitas air lainnya sering dimanfaatkan untuk terapi rehabilitasi seperti pada orang penderita artritis (peradangan pada satu atau lebih persendian).
  3. Mengencangkan otot tubuh secara merata
    Renang dinilai sebagai aktivitas fisik yang sangat efektif dalam mengencangkan otot-otot tubuh. Air memberikan tekanan hampir 12 kali lipat pada otot sama seperti udara. Renang adalah olahraga yang memberikan kesempatan pada hampir seluruh bagian tubuh, yakni mulai dari bagian atas hingga bagian bawah untuk bergerak. Hal inilah yang membuat renang dianggap sebagai latihan fisik yang ideal untuk mengencangkan otot-otot di hampir seluruh bagian tubuh. Gaya kupu-kupu pada renang sangat efektif dalam mengencangkan otot-otot bagian atas dan bawah tubuh seperti bahu, pinggul, hingga kaki.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Renang membutuhkan napas yang kuat, yang dapat berefek pada meningkatnya sirkulasi. Renang diketahui dapat mengontrol tekanan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Renang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan merupakan pilihan yang efektif bagi penderita obesitas serta mereka yang kesulitan berpartisipasi di olahraga lain seperti sepakbola atau basket.

 

 

(Sumber:  AK99.com)

PERCAYA DIRI ITU BOLEH, TAPI PLIS JANGAN BERLEBIHAN

Hydrococo Lifestyle 23 January 2017

PERCAYA DIRI ITU BOLEH, TAPI PLIS JANGAN BERLEBIHAN

Read More
COBA LAKUKAN HAL BERIKUT SUPAYA KAMU JAGO MAIN FUTSAL

Activities Health Hydrococo Lifestyle 14 July 2017

COBA LAKUKAN HAL BERIKUT SUPAYA KAMU JAGO MAIN FUTSAL

Read More