MASALAH LINGKUNGAN HIDUP YANG HARUS KAMU TAHU!

Activities Lifestyle 21 February 2020

Oleh Admin

MASALAH LINGKUNGAN HIDUP YANG HARUS KAMU TAHU!

Beralih dari hal yang berhubungan dengan hujan, kali ini kita akan membahas yang lebih luas lagi ya Sobat. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi berdampak positif bagi kehidupan kita semua. Sobat Hydro bisa membaca artikel ini sekarang pun merupakan dampak dari perkembangan teknologi. Teknologi pun bermacam-macam. Ada teknologi informasi, komunikasi, transportasi, pengobatan, pendidikan, mesin, elektronika, bangunan, robot dan masih banyak lagi. Tentu saja semua alat-alat teknologi tersebut memberikan dampak positif dan negatif terutama bagi kita semua terutama untuk lingkungan.

Terkhusus dampak negatif yang terjadi pada lingkungan, beberapa kalangan mungkin tidak menyadarinya. Padahal dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh teknologi pun seringkali dapat merusak kelangsungan dari ekosistem dan makhluk di dalamnya, seperti halnya pencemaran lingkungan serta pemanfaatan dan pengerukan sumber daya alam yang berlebihan sehingga merusak keseimbangan ekosistem. Lambat laun jelas hal ini akan menjadi masalah umat manusia secara umum. Pertanyaannya adalah, memang apa saja sih dampak negatif dari perkembangan teknologi untuk lingkungan hidup? Dalam hal ini, teknologi yang dimaksud adalah dari beberapa sektor. Berikut ulasannya Sobat.

  1. Polusi
    Masalah lingkungan hidup yang pertama adalah polusi atau pencemaran lingkungan hidup. Polusi udara, air dan tanah memerlukan waktu jutaan tahun agar dapat normal kembali. Sektor Industri dan asap kendaraan bermotor adalah sumber pencemaran utama. Logam berat, nitrat dan plastik beracun bertanggung jawab atas berbagai pencemaran yang ada. Sementara polusi air disebabkan oleh tumpahan minyak, hujan asam, limpasan perkotaan. Dilain pihak, pencemaran udara disebabkan oleh berbagai gas dan racun yang dikeluarkan oleh industri dan pabrik-pabrik serta sisa pembakaran bahan bakar fosil. Pencemaran tanah terutama disebabkan oleh limbah industri yang merusak unsur hara dan zat nutrisi di tanah yang penting bagi tumbuhan.
  2. Perubahan Iklim
    Perubahan iklim seperti pemanasan global adalah hasil dari praktik manusia seperti emisi gas rumah kaca. Pemanasan global menyebabkan meningkatnya suhu lautan dan permukaan bumi sehingga menyebabkan mencairnya es di kutub dan kenaikan permukaan air laut. Ia juga mengubah pola alami musim dan curah hujan seperti banjir bandang, salju berlebihan atau penggurunan. Akibat perubahan cuaca tersebut, produksi pertanian sering mengalami gagal panen dan memperbesar peluang terjadinya kebakaran hutan akibat terjadinya musim kering berkepanjangan.
  3. Populasi
    Populasi planet ini mencapai tingkat yang tidak berkelanjutan karena menghadapi kekurangan sumber daya seperti air, bahan bakar dan makanan. Ledakan populasi di negara-negara maju dan berkembang yang terus menyebabkan semakin langkanya sumber daya. Pertanian intensif yang bertujuan untuk meningkatkan produksi makanan dengan menggunakan pestisida justru pada akhirnya menimbulkan masalah baru. Kerusakan itu berupa menurunnya kualitas tanah dan kesehatan manusia.
  4. Penipisan Sumber Daya Alam
    Penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi bertanggung jawab menciptakan pemanasan global dan perubahan iklim. Secara global, mulai banyak pihak yang mulai beralih menggunakan sumber daya terbarukan, seperti listrik tenaga surya, biogas, mobil tenaga matahari, yang diterapkan oleh negara maju. Walaupun dalam jangka pendek, instalasi peralatan fasilitas teknologi ramah lingkungan ini akan terlihat cukup mahal, tetapi dalam jangka panjang akan sangat murah dibandingkan penggunaan energi fosil dan tidak terbarukan.
  5. Rekayasa Genetika
    Produk makanan, peternakan, pertanian saat ini banyak dihasilkan oleh teknologi rekayasa genetika atau modifikasi genetik. Modifikasi genetik makanan menggunakan bioteknologi disebut rekayasa genetika. Modifikasi genetik dari hasil makanan, secara umum, akan meningkatkan racun dan resiko penyakit bagi manusia. Genetika tanaman atau satwa yang dimodifikasi dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan manusia serta keseimbangan ekosistem.

Masih banyak sebenarnya masalah lingkungan hidup yang saat ini sedang terjadi ya Sobat. Hanya saja bila dibahas seluruhnya disini, akan menghabiskan berlembar-lembar halaman, nanti Sobat kecapean membacanya. Lima poin diatas rasanya sudah cukup untuk mewakili seluruhnya. Mungkin akan kita bahas di lain kesempatan. Yang jelas, dengan mengetahui masalah lingkungan hidup yang saat ini kita rasakan, harapannya kita semua akan semakin peduli terhadap lingkungan ya Sobat. Sementara untuk mengantisipasi dampak negatif dari masalah-masalah tadi agar Sobat tetap sehat, Sobat tentu harus selalu mengkonsumsi Hydro Coco. Karena Hydro Coco merupakan minuman yang mengandung air kelapa asli tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga kualitas air kelapa serta nutrisi dan mineralnya tetap terjaga. Selain itu, Hydro Coco dikemas dengan kemasan Tetra Prisma dari Tetra Pak yang mudah didaur ulang sehingga ramah lingkungan.

 

CARA MUDAH MERENCANAKAN LIBURAN VIA GOOGLE

Activities Health Lifestyle Traveling 4 December 2017

CARA MUDAH MERENCANAKAN LIBURAN VIA GOOGLE

Read More
DAHSYAT! INDONESIA SURGANYA TEMPAT EXOTIC DI DUNIA

Hydrococo Traveling 30 August 2017

DAHSYAT! INDONESIA SURGANYA TEMPAT EXOTIC DI DUNIA

Read More