MASKER! APA EFEKTIF UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA?

Activities Health 3 March 2020

Oleh Admin

MASKER! APA EFEKTIF UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA?

Masih seputar CONVID-19 nih Sobat Hydro. Dengan kasus Virus Corona yang sudah masuk ke negri kita tercinta ini, tentu pencegahannya akan selalu menjadi hal yang utama. Bagaimana tidak, wabah Virus Corona ini termasuk dalam darurat dan sangat mudah menyebar tidak hanya di satu negara, bahkan di dunia. Saat ini Virus Corona sudah menyebar di 90 negara dan total sudah ditemukan lebih dari 100.000 kasus, termasuk kasus baru yang ditemukan di atas kapal pesiar San Fransisco, Amerika Serikat. Jumlah korbannya pun tak main-main, dikonfirmasikan wabah ini sudah menewaskan lebih dari 3.400 orang atau 3,4% dari total kasus CONVID-19 ini. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pun merekomendasikan setiap negara harus menjadikan wabah Virus Corona ini sebagai prioritas utama.

Tidak heran pula, masyarakat dunia berbondong-bondong membeli masker, yang dipercaya sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran Coronavirus. Karena hal tersebut, pengadaan masker pun menjadi semakin sulit ditemukan dan bisa dikatakan hampir menjadi barang yang langka. Atas dasar itulah harga masker yang ada di pasaran menjadi melambung tinggi dan jumlah pembeliannya pun dibatasi. Nah terkait jenis-jenis masker, kita sudah pernah membahas pada artikel sebelumnya, jadi kita tidak perlu lagi membahasnya disini. Kalaupun ada Sobat yang belum membacanya, bisa kembali dicari pada artikel terdahulu. Pertanyaannya sekarang adalah apakah penggunaan masker ini benar-benar efektif? Apakah semua orang tanpa terkecuali wajib menggunakan masker? Apakah dengan memakai masker akan dijamin takkan terjangkit virus? Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Untuk orang yang sehat, gunakanlah masker untuk menghindari penyebaran virus bila Sobat bertemu atau berada dilingkungan orang yang terjangkit atau yang berpotensi terinfeksi virus.
  2. Gunakanlah masker bila Sobat memang sedang mengalami gejala flu seperti demam, pilek, batuk atau bersin. Atau bila rekan Sobat dengan tidak sehat.
  3. Jangan gunakan masker yang sudah lama dipakai. Buang dan ganti masker secara berkala.
  4. Penggunaan masker akan efektif bila diiringi dikombinasikan dengan intens mencuci tangan dan membersihkan saluran pernafasan secara rutin.

Sudah bisa mengambil kesimpulan dari 4 poin diatas Sobat? Ya, penjelasan tersebut dimaksudkan untuk mengefisienkan penggunaan masker yang Sobat sudah beli. Mengingat stok masker yang sekarang sedang sulit didapatkan. Kalaupun Sobat sudah kehabisan masker atau tidak kebagian masker saat ingin membeli, ada beberapa tips lagi, diantaranya.

  1. Bila Sobat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Sobat dengan siku atau jaringan yang tertekuk. Hal ini memungkinkan untuk menghindari tetesan air liur menyebarkan virus. Atau gunakan tisu dan segera buang ke tempat sampah tertutup.
  2. Selalu mencuci tangan dengan sabun, seperti yang sudah disebutkan dalam poin diatas. Serta rajin untuk mencuci barang yang sudah dipakai menggunakan sabun.
  3. Minimalisir kontak fisik dengan yang sedang mengalami gejala seperti flu atau yang sedang kurang sehat. Bila diharuskan untuk bersalaman atau saat awal bertemu dengan kerabat, Sobat bisa mengakali dengan merapatkan telapak tangan dan memberi salam kepada mereka. Hal ini akan membuat kesan yang sopan tanpa harus berjabat tangan.
  4. Bila mengalami demam, batuk atau bersin kemudian mengalami susah bernafas, segera kunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat lainnya.
  5. Bila daya tahan tubuh sedang menurun, konsumsi minuman yang mengandung Asam Laurat (Lauric Acid), seperti air kelapa. Rajinlah minum air kelapa atau Hydro Coco sebelum dan setelah beraktifitas untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus.

Dengan berdasar informasi tersebut, dapat disimpulkan penggunaan masker guna mencegah penularan Virus Corona tidak dapat dipastikan, bila memang tidak dikombinasikan dengan cara pencegahan lainnya. Tapi bukan berarti penggunaan masker tidak penting ya Sobat. Penggunaan masker menjadi hal yang paling mudah. Maka tetaplah menggunakan masker di keseharian Sobat dan jangan lupa diganti secara berkala ya.

INI ALASANNYA KALAU NGE-GYM JANGAN SETENGAH-SETENGAH

Activities Health Hydrococo Lifestyle 16 June 2017

INI ALASANNYA KALAU NGE-GYM JANGAN SETENGAH-SETENGAH

Read More
Harus Cobain! 5 Nasi Goreng Terenak di Jakarta

Activities Lifestyle 21 January 2016

Harus Cobain! 5 Nasi Goreng Terenak di Jakarta

Read More