MEMANG BOLEH YA OLAHRAGA MALAM?

Hydrococo Lifestyle 17 March 2017

Oleh Hydrococo

MEMANG BOLEH YA OLAHRAGA MALAM?

Sepertinya sudah sering yah kawan-kawan dari kita mengajak main futsal atau badminton sehabis pulang kerja. Lapangan-lapangan yang tersebar diberbagai sudut kota juga sering kali terlihat ramai jika kita perhatikan. Fenomena olahraga malam ini sebenarnya sudah lama terjadi.

 

Mengingat kebanyakan dari kita sudah berangkat kerja sejak pagi, dan baru pulang malam hari. Banyak hal yang nggak bisa kita lakukan karena alasan malas, salah satunya olahraga dan membuat kita mau nggak mau mencoba olahraga pada malam hari.

 

Olahraga memang lebih menyenangkan dilakukan pagi hari, ketika udara masih segar dan panas matahari belum terlalu menyengat. Atau ketika sore hari sekitar jam 4 hingga jam 5 sore. Akan tetapi ada anggapan olahraga malam hari lebih berbahaya bagi tubuh. Benar nggak sih statement itu?

 

Dr. Michael Triangto SpKO dari RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa jika paginya bekerja dan pulang malam hari, memang sebaiknya nggak melakukan olahraga. Pasalnya, hal itu akan mengganggu waktu istirahat karena menjadi sulit untuk tidur.

 

“Misalnya pulang malam lalu olahraga jam 10 atau jam 11, badan masih segar nanti sulit tidur. Adrenalin naik, suhu tubuh juga naik, jadi susah tidur,” tutur Dr Michael. Namun prinsip tersebut nggak berlaku bagi mereka yang memang bekerja malam hari. Sehingga menurut dr Michael, olahraga malam atau pagi hari sama baiknya, tergantung siapa yang melakukan. Yes! Inilah jawaban yang kita perlu tahu.

Tapi ada saran nih bagi mereka yang bekerja pagi hingga malam, dr Michael bilang agar melakukan olahraga pada pagi hari, sebelum berangkat kerja. Pasalnya, badan akan terasa lebih segar sehabis olahraga, sekaligus membuat konsentrasi bekerja menjadi lebih baik.

Kendati begitu, olahraga malam hari pun bukan hal yang tabu sobat Hydro. Yang perlu diingat hanyalah waktu olahraganya serta jenis olahraga yang dilakukan. Usahakan lebih awal untuk berolahraga, jam 7 malam misalnya. Lalu jenis olahraganya juga jangan yang berat-berat.

 

Lalu ada pertanyaan lagi, jadi mana sebenarnya yang lebih sehat?

Pada akhirnya, semua akan kembali lagi pada manfaat yang ingin kamu dapatkan sendiri. Mau itu malam hari atau pagi hari, semua itu tergantung kamu sendiri kok. Yang terpenting adalah kondisi kamu bugar ketika berolahraga, baik itu pagi atau malam hari, jam berapapun itu.

Tapi kalau disuruh memilih, lebih memilih untuk berolahraga di pagi hari. Kalaupun kamu nggak bisa bangun pagi untuk berolahraga, itu bukan masalah. Jadi jangan stres kalau kamu bukanlah morning person. Yang paling penting adalah kamu tetap berolahraga!

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Akibatkan Gagal Jantung

Health Hydrococo Lifestyle 12 February 2016

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Akibatkan Gagal Jantung

Read More
SEBAGAI ANAK MUDA KITA PATUT MEMAKNAI HARI RAYA

Activities Hydrococo Lifestyle 25 December 2017

SEBAGAI ANAK MUDA KITA PATUT MEMAKNAI HARI RAYA

Read More