Oleh Admin

MENGINTIP GAYA HIDUP ORANG JEPANG YANG HARUS KITA TIRU

Setiap bangsa memiliki budaya dan kebiasaan positif. Dan sebenarnya bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang baik dan positif. Budaya ketimuran kita juga yang membuat kita menjadi semakin positif.

Di lain sisi, seiring terhimpitnya kebutuhan ekonomi dan kerasnya kehidupan, membuat budaya-budaya positif yang kita miliki semakin menghilang. Misalkan saja menerobos lampu merah, menyerobot antrian, menggunakan trotoar sebagai jalan motor karena nggak sabar dalam kemacetan dan hal-hal yang buruk lainnya.

Jangan salah loh, ketika kamu menerobos lampu merah, disitu ada sebuah ketidak-disiplinan. Dan ketidak-disiplinan tersebutlah yang banyak menciptakan suap-menyuap dan korupsi yang menggerogoti bangsa kita dan membuat kita susah banget maju.

Sangat menyedihkan memang, seiring perkembangan jaman banyak dari kita yang nggak bisa menerapkan sebuah budaya yang bisa menjadi contoh untuk anak cucu kita.

Nah, kalau kamu peduli dengan sebuah kedisiplinan dan budaya kamu sendiri. Bagaimana kalau kita bahas tentang beberapa gaya hidup orang Jepang yang sangat berperan dalam memajukan negaranya. Yuk, kita belajar bersama bagaimana gaya hidup tersebut.

 

Menghormati Orang Lain

Aisatsu adalah sebuah budaya Jepang entah itu meminta maaf, berkenalan, bertamu di rumah orang, mengatakan permisi, bahkan sampai berbicara di telepon pun orang Jepang membungkuk sedikit (padahal orang yang berbicara dengannya nggak bisa melihat dia).

Membungkuk adalah sebuah keharusan. Tradisi yang sudah diajarkan kepada anak-anak sejak balita.

 

Malu

Yang kedua adalah budaya malu. Malu ini sebuah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dalam pertempuran.

Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pemimpin yang terlibat korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau nggak naik kelas. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.

 

Antre

Tentu saja kita juga sudah nggak asing lagi mendengar orang Jepang memang terkenal dengan budaya antre. Mereka antre dalam berbagai hal, bahkan untuk ke toilet pun antre. Meskipun mereka sangat menghargai waktu, tapi nggak ada yang menyerobot antrean meski terburu-buru, dan meski nggak ada garis, atau pembatas untuk meluruskan antrean, mereka tetap rapi mengantre.

 

Tepat Waktu

Nggak perlu ditanyakan lagi menyangkut soal waktu orang jepang sangat menghargai waktu, bagi mereka waktu adalah uang jika membuang waktu berarti dia telah membuang uang, bahkan kereta dan bus semua berjalan sesuai jam yang tertera, nggak ada keterlambatan bahkan semenit pun. Mengajarkan kedisiplinan dan pentingnya tepat waktu.

 

Bagaimana Sobat Hydro? Ada baiknya kita kembali menerungi dan mencontoh sebuah gaya hidup masyarakat Jepang yang benar-benar bisa kita tiru demi sebuah bangsa yang menjunjung kedisiplinan. Ketika kita bisa disiplin dengan diri sendiri, bukan nggak mungkin kita akan menjadi sebuah negara yang bebas korupsi, sangat menghargai orang dan minim kriminal. Dengan demikian, sebuah bangsa yang bahagia dan makmur pun akan tercipta.

 

CARA CERDAS MENGHINDARI CEDERA UNTUK KIPER

Activities Health Hydrococo Lifestyle 23 August 2018

CARA CERDAS MENGHINDARI CEDERA UNTUK KIPER

Read More
Hydro Coco Resmi Menjadi Official Drink Kejuaraan Futsal FFI U-20 2018

Activities Hydro Coco's Articles 8 June 2018

Hydro Coco Resmi Menjadi Official Drink Kejuaraan Futsal FFI U-20 2018

Read More