MESKI NYAMAN DAN SIMPEL, ALAS KAKI KARET TERNYATA BERBAHAYA KALAU DIPAKAI SETIAP HARI. MASA SIH?

Activities Health Lifestyle 27 September 2017

Oleh Admin

MESKI NYAMAN DAN SIMPEL, ALAS KAKI KARET TERNYATA BERBAHAYA KALAU DIPAKAI SETIAP HARI. MASA SIH?

Alas kaki berbahan karet memang menjadi favorite banyak orang. Selain nyaman dan ringan, mudah untuk dipakai juga menjadi pertimbangan kenapa alas kaki ini menjadi pilihan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.

Nggak hanya sandal, alas kaki karet ini juga ada yang berbentuk sepatu. Dengan berbagai macam model dari yang sederhana dengan tali dibagian tumit atau tempurung kaki, hingga yang berbentuk seperti selop.

Meskipun ringan dipakai namun nyatanya sepatu atau sendal jenis ini justru menyimpan bahaya bagi kesehatan. Bahaya bagaimana maksudnya? Nah, menurut ahli penyakit kaki asal Chicago Dr. Megan Leahy seperti dilansir Hydro Coco, mengatakan sepatu karet nggak cocok digunakan setiap hari.  Meskipun desainnya memiliki banyak lengkungan dan ringan tapi nggak aman untuk tumit.

Dr. Megan Leahy  juga menambahkan “Ketika tumit nggak stabil jari kaki cenderung akan mengubah fungsinya untuk menopang beban badan. Jika hal ini terjadi setiap hari bukan nggak mungkin akan memicu masalah kaki hingga kecacatan”.

Sementara itu presiden dari American Academy of Podiatric Sport Medicine, Dr.Alex Kor juga menambahkan pernyataan dari Dr. Megan Leahy, Ia sering mendapati pasien yang mengeluhkan nyeri tumit akibat penggunaan sepatu karet. Maka dari itu Dr Alex menyarankan waktu yang aman menggunakan sepatu karet hanya 8-10 jam per minggu, bukan untuk dipakai setiap hari dan setiap saat. Jadi Sobat Hydro, itulah alasannya kenapa alas kaki karet yang nyaman dan simple itu ternyata berbahaya kalau dipakai setiap hari.

Selain alasan diatas tadi, ada juga yang berpendapat sama meski dengan sudut pandang yang berbeda.  Nggak percaya? Coba deh kalau kamu berjalan-jalan di mall elit di Jakarta Selatan seperti Pondok Indah Mal (PIM), maka dengan mudah kamu akan menemukan peringatan ini: “Mohon tidak menggunakan alas kaki karet di eskalator”.

Peringatan itu terpampang di setiap sisi eskalator. Di samping tulisan itu, terdapat gambar sepatu anak-anak yang sedang beken sekarang ini, yang bentuknya mirip buaya, berwarna ungu. Gambar itu disilang merah. Di sampingnya juga ada sandal jepit warna ungu yang juga disilang merah.

Peringatan itu sejajar dengan peringatan keselamatan lainnya yaitu gambar ibu menggandeng anak, gambar pengguna eskalator jangan berderet ke samping, larangan penggunaan kereta bayi dan kaki jangan diletakkan di pinggir tangga berjalan itu. Nama PIM sendiri belakangan ini tersebar di berbagai milis, menyusul adanya kecelakaan pada anak-anak pengguna sepatu buaya di eskalator mal tersebut.

Belum diketahui apakah peringatan yang dipajang pengelola mal tentang sepatu karet dipasang setelah ada insiden, atau peringatan dipasang jauh sebelum insiden terjadi.Selain memasang peringatan tersebut, petugas keamanan PIM juga tampak hilir mudik di dekat eskalator untuk mengawasi penggunaan eskalator. “Kita sekarang sedang sosialisasikan kepada pengunjung kalau pakai sandal karet jangan di garis kuning eskalator. Bahannya kan karet, jadi otomatis ketarik. Staf kita juga pernah nyobain pakai sandal karet, terus ketarik” kata seorang petugas.

Nah Sobat Hydro, kira-kira itulah beberapa alasan kenapa alas kaki karet ternyata berbahaya kalau dipakai setiap hari. Tapi, ini semua hanya sekedar informasi saja. Kalau kamu sendiri berniat untuk memakainya setiap hari pun nggak masalah selama kamu rasa nyaman. Karena sepertinya nggak akan jadi masalah yang besar juga kalau kita rajin berolahraga setiap hari. Apalagi sambil berlatih ringan oto kaki dan pergelangan kaki.

Ini Bahaya Lari untuk Penderita Penyakit Jantung

Health 30 November 2013

Ini Bahaya Lari untuk Penderita Penyakit Jantung

Read More
4 GUNUNG EXOTIC DI INDONESIA YANG HARUS KAMU KUNJUNGI

Activities Lifestyle Traveling 29 September 2017

4 GUNUNG EXOTIC DI INDONESIA YANG HARUS KAMU KUNJUNGI

Read More