NEW TREND: CALISTHENICS

Activities Hydrococo Lifestyle 28 August 2018

Oleh Admin

NEW TREND: CALISTHENICS

Apakah kamu pernah mendengar olahraga Calisthenics (kalistenik) Sobat Hydro?

Ya, mungkin istilah olahraga kalistenik ini kurang familiar terdengar di telinga kita, tapi besar kemungkinan kalau sebenarnya kamu pernah melakukannya sekali dalam hidup. Gerakan-gerakan dalam olahraga kalistenik bahkan sering dijadikan pemanasan sebelum melakukan olahraga lain.

Apa itu olahraga kalistenik?

Olahraga kalistenik adalah seperangkat gerakan motorik untuk membangun otot tubuh yang dilakukan hanya dengan menggunakan berat tubuh kamu sendiri. Gerakannya meliputi gerakan menarik, menerjang, mendorong, dan mengangkat tanpa perlu pakai alat apapun. Semakin sering otot kamu bekerja, semakin banyak massa otot yang kamu punya. Secara sederhana mungkin bisa dikatakan seperti abang becak yang mempunyai betis otot yang besar karena ia sering menggunakan kekuatan ototnya untuk menarik becak, kira-kira seperti itu.

Olahraga kalistenik juga sering disebut sebagai street workout karena cukup dengan “membawa diri”, kita sudah bisa melakukan gerakan-gerakannya di mana pun dan kapan pun kita mau.

Apa manfaat olahraga kalistenik?

Manfaat olahraga kalistenik bisa disejajarkan dengan latihan ketahanan (endurance training), latihan kekuatan (strength training), dan latihan beban. Selain sama-sama bisa membentuk otot, menurunkan berat badan, dan menjaga kebugaran tubuh, olahraga kalistenik juga membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Kalistenik juga termasuk olahraga kardio yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran jantung, paru, dan pembuluh darah serta tubuh yang kekurangan mineral kalium. Kita harus tahu, tubuh perlu mineral kalium untuk mencegah serangan aneka penyakit seperti stroke, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, gangguan ginjal, stres, serta meningkatkan kekuatan kontraksi otot dan kinerja implus-implus saraf. Sejatinya kalium merupakan unsur penting dari sel hidup. Alternatif sumber kalium lain yang mudah diperoleh serta murah adalah air kelapa.

Dilansir dari Dr. Axe, Sebuah penelitian di Turki melaporkan bahwa gerakan-gerakan kalistenik sama aman dan efektifnya dengan bersepeda untuk orang dengan PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

Ragam gerakan olahraga kalistenik

Gerakan kalistenik yang paling mendasar adalah push up, pull-up, lunges, squat, dan crunch. Selain lima gerakan pokok di atas, olahraga kalistenik juga bisa melibatkan plank, lari di tempat, dan jumping jack (gerakan melompak sambil menepuk dan melebarkan jarak kedua kaki).

Alternatifnya, ikuti program kalistenik dasar ini:

  • Static chin-up: 8 repetisi
  • JANGAN ISTIRAHAT
  • Elevated push up: 10 repetisi
  • JANGAN ISTIRAHAT
  • Leg raises: 10 repetisi
  • JANGAN ISTIRAHAT
  • Inverted rows 45: 15 repetisi
  • JANGAN ISTIRAHAT
  • Bench dips: 10 repetisi
  • Squat: 20 repetisi
  • ISTIRAHAT 90 DETIK

Rangkaian program di atas terhitung sebagai satu ronde. Idealnya, program ini harus komplit dilakukan dalam 3 ronde tanpa istirahat di antara jenis latihan program, tapi adakan istirahat di antara ronde.

Nah sebelum melakukan olahraga kalistenik ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kalau kamu mempunyai riwayat suatu penyakit. Yuk cobain olahraga yang seru ini sekarang.

Perjalanan Bill Gates Meraih Kesuksesan

Activities Lifestyle 26 January 2016

Perjalanan Bill Gates Meraih Kesuksesan

Read More
4 MANFAAT MAIN FUTSAL, NO.2 BISA MENGUATKAN HIDUP KAMU!

Activities Hydro Coco's Articles 20 November 2018

4 MANFAAT MAIN FUTSAL, NO.2 BISA MENGUATKAN HIDUP KAMU!

Read More